Last Update: April 23rd, 2021 at 10:01 am

4 Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju

Noda dari getah pohon pisang sepertinya akan menempel pada segala hal termasuk kulit dan pakaian Anda. Teknik atau cara menghilangkan getah pisang pada baju akan serupa ketika ingin menghilangkan noda dari perekat atau adhesive. Menghilangkan noda getah akan memakan waktu yang lama jika tidak dilakukan dengan benar, belum lagi risiko merusak pakaian Anda. Tapi tenang, kali ini Tshirtbar akan memberikan sedikit tips dan cara untuk bisa membersihkan noda yang mengganggu ini. Cara-cara tersebut ada di bawah ini.

Inilah Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju

Noda bandel ini akan sangat sulit untuk dihilangkan jika sudah melekat pada kain pakaian Anda dan mulai mengering. Walaupun getah pohon pisang ini akan berguna jika dioleskan pada luka kulit, luka bakar yang terinfeksi, infeksi kulit, luka pada mulut dan gusi (pencabutan gigi), namun jika menempel di baju, tentu akan bisa merusaknya. Untuk bisa menghilangkannya dari baju Anda, ada beberapa cara yang kami anjurkan. Cara-cara tersebut adalah:

1. Dengan Membekukan Getah Tersebut

Anggap saja seperti sedang menghilangkan permen karet dari pakaian Anda. Mulailah dengan mendinginkan pakaian di dalam freezer kulkas, atau isi kantong plastik dengan es dan letakkan di mana getah tersebut berada. Tunggu antara 10 hingga 20 menit agar getahnya menjadi padat. Saat dibekukan, getah menjadi rapuh dan lebih mudah dipisahkan dari kain. 

Setelah getahnya padat dan membeku, gunakan tangan atau alat seperti sendok untuk mengikis getah tersebut. Berhati-hatilah saat mengelupas getah dari pakaian karena bisa saja Anda merusak atau merobek kain dari pakaian, terutama jika berbahan halus.

2. Menggunakan Pembersih atau Pelarut

Pelarut berguna untuk menghilangkan residu getah karena dapat melepaskan atau mengekstraknya dari serat pakaian tanpa menghasilkan hal yang berbahaya. Ada banyak pelarut yang tersedia, tetapi Anda harus mempertimbangkan apakah bahan tersebut akan merusak pakaian atau menyebabkan luntur pada pakaian. 

Pada jahitan bagian dalam, olesi sedikit pelarut dengan handuk putih atau bola kapas agar bisa mengetahui pelarut Anda bisa menyebabkan luntur atau tidak. Jika tidak ada noda, maka pelarut aman digunakan. Salah satu pelarut yang aman adalah alkohol. Anda bisa mengoleskannya pada getah dan menggosoknya secara perlahan.

3. Selai Kacang, Nail Polish, dan Minyak Goreng

Selai kacang, nail polish, dan minyak goreng bisa menjadi alternatif Anda dalam kegiatan membersihkan noda getah ini. Meskipun selai kacang dan minyak goreng merupakan bahan yang efisien untuk menghilangkan getah dari pakaian, bahan-bahan tersebut meninggalkan noda minyak.

Nail polish juga mampu memecah getah, tetapi kandungan berbasis asetonnya diketahui dapat merusak pakaian dan bahkan membuat lubang pada bahan halus, seperti denim, nilon, dan bahan sintetis lainnya.

4. Gunakan Penghilang Noda

Deterjen pakaian dan penghilang noda adalah bahan lain yang dapat Anda gunakan dalam usaha untuk menghilangkan getah pohon pisang pada pakaian. Bahan ini memungkinkan untuk mengurangi noda getah sebelum masuk ke dalam mesin cuci. Anda cukup merendam handuk atau kain dengan deterjen lalu mengoleskannya secara merata pada noda getah. 

Gosok area yang terkena dengan sikat gigi atau spons berbulu lembut, dan biarkan pakaian menyerap pembersih selama 20 hingga 30 menit. Beberapa penghilang noda efektif dalam menghancurkan getah dan resin dari pakaian dalam jangka waktu tertentu.

Itulah beberapa cara menghilangkan getah pohon pisang di baju. Jika pakaian Anda sampai rusak dalam proses menghilangkan getah ini, maka ada baiknya untuk mulai membuat baju baru. Di Tshirtbar, Anda akan bisa membuat baju sesuai keinginan dengan teknik sablon yang modern. Menghasilkan hasil sablon berkualitas. Tunggu apalagi, kunjungi website Tshirtbar sekarang!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *