Last Update: December 16th, 2019 at 5:21 pm

Cara Menghilangkan Cat di Baju sampai Bersih

Cara menghilangkan cat di baju tentunya wajib Anda ketahui, mengingat masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Apalagi menghilangkan sisa cat di baju tidaklah mudah, tentunya terdapatnya cat yang menempel pada pakaian kesayangan Anda dan tidak dapat dipakai lagi tentunya membuat Anda kesal.

Oleh sebab itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membersihkan noda cat di baju dengan bersih bilas dengan air hangat, cara ini maka Anda tidak perlu pusing lagi jika baju Anda terkena noda cat. Apalagi cara ini sangat mudah dilakukan sehingga tidak akan membuang tenaga dan waktu Anda. Berikut beberapa cara menghilangkan noda cat di baju yang dapat Anda lakukan:

1. Air

Membersihkan dengan air merupakan cara menghilangkan cat di baju yang bisa Anda coba terutama jika cat tersebut masih dalam keadaan basah, sehingga sangat mudah untuk hilang. Caranya adalah dengan berikan air yang mengalir pada bagian yang terkena cat lalu sikat bagian tersebut agar seluruh cat terangkat. Sikatlah satu arah agar tidak merusak pakaian serta Anda bisa menggunakan detergen agar semuanya terangkat. Namun cara ini kurang efektif untuk cat yang telah mengering dimana tidak dapat terangkat dengan baik.

2. Pisau atau Sendok

Jika noda cat berbahan dasar air dari pakaian untuk mengeringkan maka Anda tidak perlu khawatir untuk untuk menghilangkan noda cat dari pakaian, sebab Anda bisa mengikisnya menggunakan sendok maupun pisau. Usahakan menggunakan sendok atau pisau yang tumpul sehingga tidak merusak baju, sebab bisa jadi ketika proses pengikisan baju akan sobek. Atau Anda bisa juga menggunakan sendok dalam mengikis karena lebih aman sebab tidak mudah merusak baju, apabila noda telah terkikis maka Anda bisa menggunakan cairan thinner secukupnya lalu tepuk di bagian yang terkena noda.99

Namun jangan menggunakan cairan thinner berlebihan karena dapat merusak serat baju, kemudian rendamlah bagian yang terkena noda saja pada air dan detergen agar mengangkat semua sisa jenis cat minyak dengan baik. Setelah bersih baru Anda dapat cuci pakaian seperti biasanya.

3. Alkohol

Alkohol juga tidak kalah efektif dalam menghilangkan cat berbasis air, dimana sangat mudah menghilangkan cat dengan alkohol. Apalagi saat ini sangat mudah menemukan alkohol bahkan dalam berbagai jenis seperti thinner, larutan isoprofil hingga alkohol murni. Tentunya semua jenis alkohol tersebut dapat digunakan kecuali yang berwarna karena dapat membuat baju memiliki bercak berwarna.

Cara menghilangkannya juga mudah dimana Anda hanya perlu memberikan alkohol dengan kain lap di bagian yang terkena cat dan gosok bagian tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan masker karena bau alkohol yang menyengat dapat mengganggu pernapasan. Setelah menggunakan alkohol di baju maka jangan lupa untuk mencucinya dengan detergen agar bekas alkohol terangkat dengan sempurna. Dengan mempraktekkan cara menghilangkan cat di baju ini maka sangat mudah bagi anda untuk membersihkannya.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *