Cara Menghilangkan Cat Pada Baju Sampai Bersih

Cara menghilangkan cat di baju tentunya wajib Anda ketahui, mengingat masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Apalagi menghilangkan cat di baju tidaklah mudah, tentunya terdapatnya cat di baju kesayangan Anda dan tidak dapat dipakai lagi tentunya membuat Anda kesal.

Oleh sebab itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menghilangkan noda cat di baju dengan bersih, dengan cara ini maka Anda tidak perlu pusing lagi jika baju Anda terkena cat. Apalagi cara ini sangat mudah dilakukan sehingga tidak akan membuang tenaga dan waktu Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilankan noda cat pada Baju:

1. Air

Membersihkan dengan air merupakan cara menghilangkan cat di baju yang bisa Anda coba terutama jika cat tersebut masih dalam keadaan basah, sehingga sangat mudah untuk hilang. Caranya adalah dengan berikan air yang mengalir pada bagian yang terkena cat lalu sikat bagian tersebut agar seluruh cat terangkat. Sikatlah satu arah agar tidak merusak pakaian serta Anda bisa menggunakan detergen agar semuanya terangkat. Namun cara ini kurang efektif untuk cat yang sudah kering dimana tidak dapat terangkat dengan baik.

 

2. Pisau atau sendok

Jika noda cat sudah kering maka Anda tidak perlu khawatir untuk menghilangkannya, sebab Anda bisa mengikisnya menggunakan sendok maupun pisau. Usahakan menggunakan sendok atau pisau yang tumpul sehingga tidak merusak baju, sebab bisa jadi ketika proses pengikisan baju akan sobek. Atau Anda bisa juga menggunakan sendok dalam mengikis karena lebih aman sebab tidak mudah merusak baju, apabila noda telah terkikis maka Anda bisa menggunakan cairan thinner secukupnya lalu tepuk di bagian yang terkena noda.

Namun jangan menggunakan cairan thinner berlebihan karena dapat merusak serat baju, kemudian rendamlah bagian yang terkena noda saja pada air dan detergen agar mengangkat semua sisa cat dengan baik. Setelah bersih baru Anda dapat mencuci seperti seluruh baju seperti biasanya.

 

3. Alkohol

Alkohol juga tidak kalah efektif dalam menghilangkan cat, dimana sangat mudah menghilangkan cat dengan alcohol. Apalagi saat ini sangat mudah menemukan alcohol bahkan dalam berbagai jenis seperti thinner, larutan isoprofil hingga alcohol murni. Tentunya semua jenis alcohol tersebut dapat digunakan kecuali yang berwarna karena dapat membuat baju memiliki bercak berwarna.

Cara menghilangkannya juga mudah dimana Anda hanya perlu memberikan alcohol di bagian yang terkena cat dan gosok bagian tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan masker karena bau alcohol yang menyengat dapat mengganggu pernapasan. Setelah menggunakan alcohol di baju maka jangan lupa untuk mencucinya dengan detergen agar bekas alcohol terangkat dengan sempurna. Dengan mempraktekkan cara menghilangkan cat di baju ini maka sangat mudah bagi anda ketika membersihkannya.

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *