Last Update: November 23rd, 2022 at 1:43 pm

Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering dengan Mudah

Jika Anda sedang melakukan pengecatan rumah atau perabot rumah lainnya, biasanya baju atau celana Anda akan terkena cat. Noda cat yang menempel jika tidak segera dibersihkan akan mengering. Ketika noda cat sudah mengering, beberapa orang sangat kesulitan untuk menghilangkannya. Berikut cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering secara efektif.

Secara keseluruhan, terdapat dua jenis cat dalam cara menghilangkan cat di baju dengan mudah. Yaitu, Anda perlu mengetahui jenis cat yang Anda hadapi. Sebagian besar cat berbasis air atau berbasis minyak, tergantung pada komposisinya. Cat berbasis air termasuk cat akrilik dan cat lateks. Akrilik biasanya digunakan untuk karya seni dan kerajinan, sedangkan cat lateks digunakan untuk melukis dinding dan langit-langit. Cat berbasis minyak biasanya lebih mengkilap dari cat berbasis air dan sering digunakan untuk mengecat kabinet, pintu logam dan kayu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

Jika Anda tidak yakin jenis cat yang Anda hadapi, periksa label pada kemasan cat tersebut. Jika ini cat berbasis air, Anda beruntung karena cat jenis ini sedikit lebih mudah dihilangkan daripada berbahan dasar minyak. Namun tidak perlu khawatir, menghilangkan cipratan cat berbasis minyak dari pakaian juga bisa dilakukan. Berikut cara menghilangkan cat di baju yang berbasis air dan minyak dari pakaian Anda.

Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Berbahan Dasar Air

cara menghilangkan cat di baju yang berbahan dasar air

Antara proyek kerajinan pribadi atau tugas sekolah, cat berbasis air seperti akrilik dan lateks adalah yang paling sering digunakan. Meskipun cat berbahan dasar air cenderung digunakan untuk mengecat kertas, namun pakaian juga tak luput dari percikan cat tersebut. Kabar baiknya, cat berbasis air ini relatif mudah dihilangkan, dan tentunya Anda tak perlu khawatir lagi karena pakaian kesayangannya tidak akan dibuang. Untuk mengetahui cara menghilangkan cat di baju yang berbasis air, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Langkah pertsama yang bisa Anda lakukan adalah mengangkat noda cat di baju yang telah kering menggunakan sendok, pisau atau sikat gigi. Gosok noda cat di baju tersebut secara perlahan hingga sedang sampai warna cat memudar.

Langkah 2

Setelah itu, bilaslah bagian baju yang terkena noda cat di baju tersebut dengan air hangat atau air dingin mengalir. Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan air hangat dalam mesin cuci. Anda juga dapat menghapusnya menggunakan lap bersih atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk menyerap sebanyak mungkin cat yang tersisa.

Langkah 3

Cara menghilangkan cat di baju berikutnya adalah dengan mencampurkan deterjen dan air hangat dengan perbandingan 1:1, dan kemudian kucek atau gosok menggunakan kain handuk. Bilas dan ulangi langkah ini sampai cat benar-benar hilang. Lakukan pada spot noda yang kecil dan tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak satupun dari noda yang tertinggal.

Langkah 4

Kemudian, oleskan penghilang noda jika perlu dan cuci pakaian dengan cara yang direkomendasikan oleh label pada kemasan penghilang noda.

Langkah 5

Jika cara-cara tadi masih menyisakan noda cat walaupun telah dicuci, Anda bisa mencoba bersihkan dengan lembut menggunakan penghapus cat kuku non-aseton, hairspray atau alkohol. Gosok secara perlahan, lalu cuci ulang.

Langkah 6

Cara menghilangkan cat di baju selanjutnya yaitu jika noda terlihat membekas, Anda bisa mempertimbangkannya untuk membawa pakaian tersebut ke dry cleaning untuk bisa dibersihkan secara lebih efektif.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Cat di Baju sampai Bersih

Cara Menghilangkan Cat di Baju Berbahan Minyak

cara menghilangkan cat di baju berbasis minyak

Meskipun banyak jenis cat dinding saat ini kebanyakan telah menggunakan lateks, cat berbasis minyak masih menjadi pilihan populer untuk furnitur seperti kayu, pintu, dan permukaan lainnya yang tujuannya dapat memberikan sentuhan hasil akhir yang mengkilap bahkan awet. Jenis cat satu ini mungkin agak sulit untuk dihilangkan dan membutuhkan bahan pembersih yang lebih agresif. Tetapi ketika masih basah, cat berbasis minyak ini juga tak sulit untuk dihilangkan. Untuk mengetahui cara menghilangkan cat di baju berbasis minyak, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Cara menghilangkan cat di baju yang berbasis minyak, adalah dengan membalikkan pakaian tersebut lalu gosok noda dari belakang menggunakan lap atau kain handuk yang telah diolesi terpentin atau pengencer cat yang direkomendasikan pada label cat. Gosok secara terus menerus sampai noda hilang. Sama seperti yang sebelumnya, lakukan terlebih dulu pada bagian noda kecil yang tersembunyi. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pengencer cat tidak merusak atau mengubah warna kain.

Langkah 2

Setelah membersihkan noda cat menggunakan terpentin, kemudian Anda bisa membilasnya dengan air dari keran yang mengalir. Anda juga dapat melakukan ini menggunakan mesin cuci agar hasilnya lebih maksimal

Langkah 3

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan deterjen pencuci piring pada noda lalu rendam pakaian selama semalam dalam air panas yang telah ditambahi sabun. Periksa simbol cuci pada label perawatan pakaian untuk mengetahui berapa suhu air yang disarankan.

Langkah 4

Pada hari berikutnya, Anda dapat bilas pakaian yang telah direndam tersebut sampai bersih dan cuci seperti biasa.

Langkah 5

Jika noda masih bersisa walaupun telah dicuci, cobalah melakukan kembali menggunakan penghilang noda dan cuci. Jangan mencoba menjemur atau mengeringkan pakaian sampai noda benar-benar hilang.

Langkah 6

Terakhir, apabila Anda sudah mencoba segala cara untuk bersihkan noda cat tersebut namun tidak berhasil secara maksimal, ubahlah masalah ini menjadi sebuah kreasi yang mungkin dapat mempercantik penampilan baju! Banyak inspirasi desain yang dapat Anda temukan melalui media sosial seperti YouTube dan TikTok.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

Setelah mengetahui cara menghilangkan noda cat, kini Anda tak perlu risau lagi untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan cat. Tips di atas tentunya telah menyelamatkan pakaian Anda. Bagaimana, mudah bukan cara menghilangkan cat di baju? Yuk, cek Tshirtbar untuk menemukan cara dan tips seputar perawatan pakaian lainnya!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *