Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering dengan Mudah

Mengecat ruangan sebagai bentuk renovasi rumah akan bisa merubah ataupun membawa suasana baru yang bisa dinikmati oleh keluarga. Masalahnya adalah, tidak peduli seberapa hati-hati cara mengecat kita, cat sepertinya selalu berakhir tidak hanya di dinding, tetapi juga di baju. 

Jika Anda pernah mengalami masalah ini, jangan langsung membuang baju tersebut. Ikuti beberapa cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering berikut ini. Dengan begitu, baju Anda akan bisa kembali tampil menarik dan bisa digunakan sehari-hari.

Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering 

Anda perlu mengetahui jenis cat yang Anda hadapi. Kebanyakan cat berbahan dasar air atau minyak, tergantung komposisinya. Cat berbahan dasar air termasuk cat akrilik dan cat lateks. Akrilik biasanya digunakan untuk karya seni dan kerajinan tangan, sedangkan cat lateks digunakan untuk mengecat dinding dan langit-langit. Cat berbahan dasar minyak biasanya lebih berkilau daripada cat berbahan dasar air.

Jika Anda tidak yakin dengan jenis cat yang sedang menempel di baju Anda, periksa label atau kemasan kaleng cat. Jika noda tersebut berasal dari cat berbahan dasar air, Anda beruntung karena jenis cat ini sedikit lebih mudah dihilangkan daripada cat berbahan dasar minyak. Namun jangan khawatir, menghilangkan cat berbahan dasar minyak dari baju juga bisa dilakukan.

Banner sablon kaos terbaik

Cara menghilangkan cat berbahan dasar air dari pakaian

Cat berbahan dasar air relatif mudah dihilangkan. Sekarang Anda akan bisa bernapas lega karena noda cat akan bisa dibersihkan dengan mudah. Untuk menghilangkan cat berbahan dasar air dari baju, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kikis cat kering berlebih sebanyak yang Anda bisa dengan sendok, pisau tumpul, atau sikat.
  2. Bilas bagian belakang noda dengan air hangat yang mengalir atau Anda dapat mengeringkannya dengan lap bersih/tisu untuk menyerap sebanyak mungkin sisa cat.
  3. Basahi noda dengan campuran setengah deterjen, setengah air hangat dan aplikasikan larutan tersebut dengan lap atau tisu. Bilas dan ulangi hingga cat hilang atau tidak lagi muncul. 
  4. Oleskan penghilang noda jika perlu dan cuci baju sesuai siklus yang direkomendasikan oleh label perawatannya.
  5. Jika ada sisa cat yang tertinggal setelah dicuci, coba bersihkan dengan lembut menggunakan penghapus cat kuku non-aseton, semprotan rambut, atau alkohol, lalu cuci kembali.

Cara menghilangkan cat berbahan dasar minyak dari pakaian

Cat berbahan dasar minyak masih menjadi pilihan populer untuk kayu, pintu, furniture, dinding dan permukaan lain yang membutuhkan hasil akhir yang mengkilap atau tahan lama. Jenis cat ini agak sulit dihilangkan dan membutuhkan bahan pembersih yang lebih agresif. Untuk menghilangkan cat berbahan dasar minyak dari baju, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Balik pakaian ke bagian dalam, berikan tumpukan tebal kain atau kardus. Bersihkan noda dari belakang dengan pengencer cat yang direkomendasikan pada label kaleng cat sampai tidak ada lagi cat yang terlihat. 
  2. Bilas menggunakan air bersih
  3. Oleskan deterjen pencuci piring ke noda dan rendam pakaian dalam air sabun panas semalaman. Periksa simbol pencucian pada tag perawatan baju untuk suhu air yang disarankan.
  4. Bilas pakaian hingga bersih dan kemudian cuci seperti biasa.
  5. Jika noda masih terlihat, obati dengan penghilang noda dan cuci kembali. Jangan keringkan pakaian sampai noda benar-benar hilang.

Seperti itulah cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering. Jika Anda membutuhkan baju untuk menggantikan baju yang sudah tidak bisa dibersihkan dari noda ini, maka Anda bisa membuatnya di Tshirtbar, desain sesuai selera dan rasakan teknik sablon yang modern. Menghasilkan hasil sablon berkualitas. Tunggu apalagi, kunjungi website Tshirtbar sekarang juga!

 

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *