Last Update: July 7th, 2021 at 11:30 pm

Cara Menghilangkan Bulu di Jaket Hoodie

Hoodie adalah jenis jaket yang memiliki topi kupluk yang dipakai untuk melindungi kepala yang biasanya terbuat dari bahan fleece katun atau fleece polyester. Bahan fleece sendiri adalah bahan yang lembut dan memiliki dua sisi kain dengan handfeel berbeda. Di satu sisi, memiliki bulu yang banyak, yang biasanya dipakai menjadi bagian dalam jaket karena lembut dan hangat yang terkadang meninggalkan jejak bulu pada lapisan luarnya. Karena bahan ini pun sangat mudah mengikat serabut kain dan bulu dari luar dan seringkali menempel pada kain. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bulu di jaket hoodie?

Sebelum mengatasi bulu pada jaket hoodie, perlu dipelajari juga cara mencegah agar bulu tidak muncul. Yaitu dengan mencuci hoodie cukup dengan mencelupkan ke dalam ember dan deterjen dan menghindari penggunaan mesin cuci dan mesin pengering karena akan berpotensi merusak serat kain yang ada. Permukaan jaket hoodie yang berbulu adalah salah satu contoh kerusakan kain. 

Menggunakan lint roller

menghilangkan bulu di jaket hoodie lint roller

Lint roller adalah yang bentuknya menyerupai gulungan lengket yang dipasang diujung tongkat kecil. Tujuannya adalah agar bisa digesekan ke permukaan kain agar bulu-bulu yang ada dipermukaan terangkat dan menempel pada lint roller. Selain bulu-bulu kain, lint roller juga membersihkan kain dari debu dan objek kecil yang menempel pada kain. Umumnya lint roller memiliki daya kapasitas rekat yang harus diganti bila sudah terlalu bulu yang menempel.

Menggunakan electric lint remover

menghilangkan bulu di jaket hoodie dengan electric lint remover

Berbeda dengan lint roller biasa yang menggunakan daya rekat agar bisa menarik bulu-bulu tersebut. Lint remover menggunakan pisau pisau kecil untuk memotong dan menghisap bulu bulu tersebut ke dalam tempat penampungnya. Cara kerjanya mirip sekali dengan alat cukur jenggot.

Cukur jenggot halus

menghilangkan bulu di jaket hoodie dengan pencukur bulu atau jenggot

Biarpun alat ini memang didesain untuk membuat bulu pada jaket, namun ternyata cukur jenggot cukup efektif juga untuk dipakai apabila kedua alat di atas tidak bisa kita temukan. Pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang masih baru dan halus agar tidak merusak kain jaket.

Menghilangkan bulu di jaket hoodie dengan lakban

menghilangkan bulu dengan lakban

 

Sepintar jika kita perhatikan lint roller mirip dengan bagian lengketnya lakban. Sehingga dengan lakban pun kita bisa ambil sedikit untuk dijadikan media penarik bulu bulu halus pada jaket.

Spons cuci piring

cara menghilangkan bulu di jaket hoodie dengan spons cuci piring

Menggunakan spons cuci piring ternyata bisa juga dipakai untuk mengambil bulu-bulu halus dari jaket. Caranya? Ialah dengan membasahi spons lalu membuang sisa airnya. Lalu menggunakan bagian kasar dari spons tersebut untuk menggeser bulu-bulu halus dan membuangnya jatuh dari permukaan kain.

 

Bagaimana mudah bukan? Dengan berbagai perawatan di atas kamu bisa mengetahui cara menghilangkan bulu di jaket hoodie  berbahan fleece. Di Tshirtbar kamu bisa custom jaket hoodie yang bisa kamu sesuai desain yang kamu mau. Kamu bisa memilih antara hoodie berbahan fleece polyester dan fleece cotton, semua dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk pemesanan hubungi tim sales kami di sini.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *