5 Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam dengan Mudah

Baju hitam sepertinya sudah menjadi favorit banyak orang. Warna netral satu ini memang nyaman untuk digunakan dalam kegiatan apapun. Tapi, baju hitam sering kali mudah terkena debu. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bulu di baju hitam tersebut agar tampak kembali bersih?

Mungkin banyak yang mengira bahwa pakaian hitam memiliki perawatan yang mudah. Tapi, ternyata warna hitam sama sensitifnya seperti putih. Jika warna putih sensitif terhadap noda, sementara pakaian hitam sensitif dengan bulu dan debu.

Apa Saja Penyebab Adanya Bulu Halus di Baju Hitam?

Langkah pertama yang perlu kamu tahu, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya. Dengan begitu kamu bisa menghindari kondisi pakaian berbulu. Karena pakaian hitam yang berbulu terjadi karena salah perawatan seperti berikut ini.

1. Kualitas Serat Kain

Kurangnya kualitas serat kain pada pakaian hitam dapat menjadi penyebab munculnya bulu. Serat yang tidak berkualitas cenderung lebih mudah terlepas, maka akan muncul tekstur seperti bulu yang warnanya lebih terang pada pakaian hitam.

2. Kesalahan Menjemur

Penyebab lain dari pakaian hitam yang berbulu juga dapat berasal dari kesalahan menjemur. Banyak yang mengira bahwa menjemur di bawah terik panas matahari adalah hal bagus karena lebih cepat kering. Tapi, ternyata menjemur pakaian lebih baik di ruang terbuka dan memanfaatkan angin agar kering.

3. Menempel dengan Pakaian Lain

Bulu pada pakaian hitam dapat juga muncul karena adanya gesekan dengan baju lain. Misalnya saja seperti jenis rajut apabila bercampur dengan pakaian hitam maka akan membuat bulu-bulu rajut menempel. Ini membuat pakaian tampak berbulu dan berdebu.

4. Cara Mencuci Tidak Benar

Setiap jenis kain dan warna pakaian memiliki cara mencuci yang berbeda. Terutama untuk pakaian berwarna hitam dan putih. Mencuci keduanya harus terpisah dari warna lain. Tujuannya untuk menghindari luntur sekaligus mencegah serat dari pakaian lain menempel.

5. Berada di Lokasi Berdebu

Munculnya bulu pada pakaian hitam juga dapat terjadi karena debu. Mungkin saja orang yang mengenakan pakaian tersebut sebelumnya berada di lokasi yang kotor. Terlebih jika debu menempel ke pakaian berwarna hitam yang sulit untuk menghilangkannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Pakaian yang Menyusut dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam?

bagaimana cara menghilangkan bulu di baju hitam

Jika pakaian hitam sudah tampak kusam karena banyak hinggap bulu dan debu, maka jangan buang dulu. Karena masih bisa membersihkannya dengan teknologi saat ini. Kamu bisa mencoba cara menghilangkan bulu pada baju hitam seperti berikut ini.

1. Menggunakan Rol Penggulung Bulu

Cara pertama untuk mengangkat bulu-bulu di pakaian hitam adalah dengan menggunakan rol penggulung. Caranya menggunakannya mudah dan praktis. Buka lapisan rol sehingga bagian yang melekatnya muncul. Kemudian usap-usap di atas pakaian hingga bulunya berpindah ke bagian perekat rol.

2. Menggunakan Perekat Lakban

Jika tidak mempunyai rol penggulung bulu khusus, maka bisa memanfaatkan lakban. Caranya adalah dengan menyiapkan lakban dan tempelkan bagian yang melekat pada pakaian. Kemudian tarik lakban, bulu-bulu tersebut akan terangkat dan menempel pada bagian perekat.

3. Gunakan Sikat Lembut

Kamu juga bisa membeli sikat lembut khusus untuk mengatasi bulu-bulu pada pakaian hitam. Bentuknya seperti sikap pencuci pakaian, hanya saja bulu sikatnya lebih halus. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu cukup usap-usap kain dengan sikat hingga bulunya hilang.

4. Menggunakan Pisau Cukur

Alternatif berikutnya jika tidak mempunyai alat di atas adalah dengan menggunakan pisau cukur. Gunakan pisau cukur yang bersih dan perlahan usapkan pada kain. Namun harus hati-hati agar pisau cukur tidak merobek pakaian.

5. Membeli Penghilang Serat Kain Elektronik

Jika memiliki budget lebih maka tidak ada salahnya membeli alat penghilang serat kain elektronik. Alat ini bisa membersihkan pakaian dari debu sekaligus mengangkat bulu. Banyak yang menggunakan alat ini karena membuat serat kain kembali bagus.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

Bagaimana Tips Merawat Baju Warna Hitam?

Setiap jenis baju memiliki cara perawatan yang berbeda tergantung warna dan bahannya. Untuk baju hitam sebenarnya cara merawatnya sangat mudah. Apalagi warna hitam cenderung tampak bersih, jadi hanya perlu menghindari keberadaan bulu-bulu yang mengganggu. Berikut ini cara merawat pakaian hitam agar tidak berbulu.

1. Pisahkan Saat Mencuci

Sebaiknya saat pisahkan jenis pakaian berdasarkan warna dan bahan saat mencuci. Selain untuk mengurangi potensi luntur, cara ini juga untuk menjaga serat kain yang notabenenya berbeda. 

2. Balik Pakaian Saat Mencuci

Ketika mencuci pakaian jangan lupa untuk membaliknya. Jadi, bagian luar tersembunyi di dalam untuk mengurangi pergesekan dengan kain lain. Dengan bagian luar pakaian bisa tampak lebih bersih.

3. Hindari Menjemur di Terik Matahari

Jangan menjemur pakaian hitam di bawah terik matahari. Sebaiknya jemur di tempat yang bersih dan terbuka. Karena terik matahari bisa membuat pakaian hitam menjadi luntur.

4. Gunakan Deterjen Berkualitas

Gunakan jenis deterjen yang berkualitas dan lembut untuk pakaian. Hindari menggunakan biang atau sabun racikan untuk mencuci pakaian. Karena deterjen dari biang dan racikan berpotensi membuat serat menjadi rusak.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju yang Sudah Kering

5. Setrika Pada Suhu Sedang

Saat menyetrika pakaian hitam sebaiknya jangan pada suhu yang sangat panas. Tapi gunakan suhu panas yang normal sehingga warna hitam tetap cerah dan tidak membuat serat berbulu.

Nah, itu tadi penyebab dan cara menghilangkan bulu di baju hitam agar tetap bersih. Jadi, tidak perlu khawatir lagi penampilan terlihat kusam karena bulu yang menempel. 

Asalkan cermat merawat pakaian maka penampilan akan terlihat selalu bersih dan rapi. Tentunya dibantu dengan pemilihan baju hitam berkualitas yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211