Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju

Selain warna yang pudar, ada masalah lain pada baju yang sering muncul yaitu timbulnya bintik hitam. Sebenarnya bintik hitam pada baju ini adalah jamur. Munculnya jamur itu bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari baju yang disimpan di dalam tempat lembab hingga karena baju yang basah dan tidak segera dikeringkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan bintik hitam di baju?

Mengatasi bintik hitam akibat jamur ini juga cukup sulit karena saat dicuci dengen deterjen biasanya masih tidak bisa hilang. Bahkan setelah direndam cukup lama dan sudah dikucek berkali-kali tapi bintik hitam tersebut masih ada dan nodanya susah dihilangkan. Namun, jangan khawatir karena sebenarnya bintik hitam akibat jamur tersebut bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami yang pastinya mudah didapatkan. Berikut ini penjelasannya

Sitrun atau Citric Acid

Bintik hitam yang disebabkan oleh jamur memang cukup membandel dan perlu perjuangan ekstra untuk mengatasinya. Salah satu cara menghilangkan bintik hitam di baju yaitu dengan menggunakan sitrun atau citric acid. Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko atau swalayan terdekat. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mencarinya. Menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan air panas dan sitrun saja. Setelah itu masukkan air panas pada sebuah wadah dan campurkan dengan sitrun. Masukkan pakaian yang terdapat noda bintik hitam dan rendam hingga air menjadi sedikit dingin. Setelah itu, cuci pakaian dengan deterjen dan kucek hingga noda bersih. Merendam pakaian dengan sitrun bisa membuat noda hitam lebih mudah hilang saat dikucek. 

Baking Soda

Baking soda yang sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di baju akibat jamur pada pakaian. Baking soda juga sangat mudah ditemukan karena setiap toko bahan makanan atau swalayan tentunya menjual bahan yang satu ini. Memanfaatkan baking soda untuk mengatasi noda hitam akibat jamur pada pakaian sangatlah mudah. Pertama persiapkan air dalam suatu wadah kemudian masukkan baking soda secukupnya. Rendam pakaian yang terdapat noda hitam pada campuran tersebut selama beberapa saat. Selain itu Anda juga bisa langsung mengoleskan campuran baking soda pada pakaian dan langsung menguceknya. 

Garam dan Lemon

Garam masih sering dikira hanya berfungsi untuk menambahkan rasa asin saja pada makanan. Padahal garam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam pada pakaian. Agar bisa bekerja dengan baik, garam bisa dipadukan dengan lemon. Buah yang satu ini tidak hanya baik untuk tubuh saja karena juga bisa sangat membantu untuk menghilangkan noda hitam yang ada di pakaian. Jika ingin mencobanya, pertama Anda harus memeras lemon dan mengeluarkan sarinya terlebih dahulu. Kemudian masukkan air perasan lemon dan garam dalam wadah yang sudah berisi air hangat. Setelah itu, rendam pakaian selama beberapa jam dan kucek pakaian saat air sudah agak dingin. Noda hitam pada pakaian pastinya akan mudah dihilangkan setelah direndam dengan campuran garam dan lemon. 

Baca juga: 4 Cara Simpel Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Pemutih

Pemutih pakaian tentunya sangat mudah ditemukan di swalayan terdekat. Bahan yang satu ini memang sangat ampuh dan bisa diandalkan untuk memutihkan baju yang kusam atau menjadi kuning. Tidak hanya itu saja, rupanya pemutih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam di pakaian yang diakibatkan oleh jamur. Rendam pakaian Anda yang memiliki noda putih dengan campuran air dan pemutih selama beberapa saat. Setelah itu, jangan lupa cuci bersih dengan deterjen seperti biasanya. Pastinya noda hitam akibat jamur bisa dihilangkan dengan mudah saat Anda menggunakan pemutih. 

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *