Last Update: July 8th, 2021 at 12:10 am

Cara Menghilangkan Bekas Stiker dengan Mudah

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan bekas stiker dengan mudah. Seperti yang kita tau, ada sangat banyak jenis stiker yang ada di sekitar kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas stiker yang tertinggal di beberapa objek contohnya seperti tempat minum, meja, kursi, peralatan kantor seperti pulpen dan lainnya. 

Mengapa stiker sering berada di objek-objek tersebut? Jawabannya karena itu adalah hal yang biasa digunakan untuk menghiasi objek atau untuk memberi pengingat akan suatu informasi atau untuk tanda pengenal dari mana produk tersebut berasal. Namun banyak yang tidak ingin terus membiarkan stiker-stiker itu tetap menempel di objek tersebut dan memutuskan untuk melepasnya.

Sayangnya saat dilepas terkadang stiker-stiker tersebut meninggalkan bekas yang cukup mengganggu dan juga cukup sulit saat dihilangkan, karena stiker adalah suatu objek yang memiliki lapisan perekat yang biasa disebut dengan adhesive. Adanya lapisan perekat adhesive inilah yang membuat lapisan tersebut melekat ke suatu objek hingga waktu yang cukup lama.

Bahkan perekat adhesive ini lebih kuat dari pada kertas stikernya sendiri, karena itulah mengapa stiker biasanya meninggalkan bekas lengket dan lapisan kertas pun masih menempel di perekat adhesive ini. Namun tidak semua jenis stiker seperti itu, contohnya stiker yang menggunakan bahan vinyl lebih jarang meninggalkan bekas pada permukaan objek namun hanya meninggalkan di lapisan luar dari stiker itu sendiri.

Jenis stiker yang tidak meninggalkan bekas

1. Stiker Vinyl

Stiker yang satu ini merupakan stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetis (buatan manusia) sehingga stiker ini memiliki tingkat kelenturan dan ketahanan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kertas.

2. Stiker Oracal

Stiker Oracal merupakan stiker vinyl yang diproduksi dan berasal dari Eropa sehingga memiliki daya tahan yang sangat baik, kuat menempel, memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai macam kebutuhan.

3. Stiker Vinyl Transparan

Stiker yang satu ini merupakan jenis stiker vinyl yang bagian dasarnya tidak memiliki warna / tembus pandang / transparan. 

4. Stiker Ritrama

Stiker Ritrama berasal dan diproduksi oleh perusahaan asal Italia, dan dikenal memiliki ketahanan yang sangat baik serta tentunya tidak terlalu meninggalkan bekas saat dilepas.

Walaupun tidak meninggalkan bekas, biasanya tetap ada sisa sisa adhesive yang membuat objek menjadi lengket jika tidak dibersihkan.

Cara menghilangkan bekas stiker

Dengan begitu ada beberapa alat yang dapat membantu kamu untuk cepat menghilangkan bekas robekan stiker atau lapisan perekat adhesive ini yaitu selotip, air sabun, minyak kayu putih dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam langkah yang harus kamu lakukan juga beragam jika kamu memiliki beberapa dari alat di atas. Tidak semuanya kamu butuhkan untuk menghilangkan bekas stiker tersebut loh, namun yang kamu harus lakukan salah satunya yaitu

Tempelkan selotip

cara menghilangkan bekas stiker dengan selotip

Menempelkan selotip ke bekas lapisan adhesive yang masih melekat kepada objek karena lem dari selotip tersebut dapat juga menarik dan mengangkat adhesive tersebut.

Menggunakan air sabun

cara menghilangkan bekas stiker dengan air sabun

 

Tuang air sabun lalu gosok beberapa kali hingga adhesive yang masih menempel, lepas dari objek karena licin yang disebabkan oleh sabun, jika sudah lalu lap dengan kain kering.

Menggunakan minyak kayu putih, alkohol atau adhesive remover

Tuang minyak kayu putih / alkohol / adhesive remover ke permukaan yang meninggalkan bekas stiker, lalu diamkan sejenak dan kemudian lap area tersebut dengan kain kering.

Oleskan minyak zaitun

cara menghilangkan bekas stiker dengan minyak zaitun

 

Oleskan area yang terkena bekas stiker dengan minyak zaitun menggunakan kain lap, tahan beberapa menit lalu kamu dapat mengelupas bekasnya dengan tangan. Dan yang terakhir jangan lupa untuk membersihkannya dengan air bersih.

Sudah cukup jelas bukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara menghilangkan bekas stiker dengan mudah? Selamat mencoba!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *