Last Update: May 28th, 2021 at 9:47 am

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca

Stiker selain kita sering tempel di mobil, sering juga kita tempel di kaca. Tujuannya untuk keperluan signage, promosi, pemasaran dan papan nama. Apalagi di kafe atau restoran di mana stiker sering ditempeli untuk dekorasi dan signage. Tidak jarang juga stiker kita tempeli di kaca rumah semisal untuk keperluan perumahan atau kesenangan pribadi seperti menempelkan stiker koleksi di kaca jendela kamar kita sendiri.

Setiap stiker memiliki kualitas masing-masing tergantung dari merk dan jenis vinyl stiker yang diaplikasikan. Ada yang awet dan tahan lama, ada juga yang tidak terlalu awet, terdapat pula stiker yang tidak meninggalkan banyak bekas, namun ada juga stiker yang meninggalkan banyak bekas jika dilepas. Apalagi jika dilepas tanpa teknik yang benar. Lem adesif stiker bisa lepas dari sisi gambar stiker dan menempel untuk waktu yang sangat lama.

Bekas stiker kaca akan sangat mengganggu pemandangan dan membuat kaca jadi tidak enak dilihat. Apalagi kalau stiker memakan porsi yang besar dari badan kaca. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di kaca?

1. Air sabun

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca dengan sabun

Cara yang cukup mudah untuk menghilangkan bekas stiker di kaca dan paling bisa dilakukan di tahap awal yaitu mencampurkan sabun deterjen dengan air lalu dipakai untuk membasuhi stiker dan mengusapnya agar terlepas dari kaca secara perlahan. Lalu kita lanjutkan dengan mencungkil stiker secara perlahan-lahan.

2. Minyak kayu putih

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca dengan minyak kayu putih

Jika stiker lebih sulit untuk dilepas dari dugaan, maka menggunakan minyak kayu putih terbilang cukup efektif untuk melemahkan lem adesif dari stiker. Caranya adalah dengan mengusap minyak kayu putih ke areal lem stiker dan menggosoknya secara perlahan-lahan. Minyak kayu putih juga tidak meninggalkan bau tidak sedap karena aromanya cenderung bisa diterima.

3. Alkohol

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca dengan alkoholTidak jarang juga jika lem stiker pada kaca sulit dihilangkan akibat lem yang sudah terlalu lama menempel pada permukaan kaca. Di mana membutuhkan solusi yang lebih keras untuk menghilangkan bekas lem tersebut. Menggunakan alkohol baik itu alkohol murni atau dari minuman keras seperti vodka sama efektifnya untuk melemahkan lem stiker pada kaca. Cara ini tergolong efektif karena juga mampu membersihkan noda-noda yang sudah lama membekas pada kaca.

4. WD40

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca dengan WD40Salah satu cara yang paling efektif membersihkan bermacam jenis noda yang membandel termasuk noda bekas lem pada kaca adalah menggunakan cairan WD40 yang bisa ditemukan di toko perkakas terdekat. WD40 terkenal bisa membersihkan noda membandel pada berbagai macam objek, termasuk noda karat  pada besi yang sangat membandel

Jika kita sudah menggunakan produk cairan yang tepat untuk melemahkan lem stiker tersebut, bagaimana cara mencungkil bekas lem stiker yang tepat agar tidak ikut merusak kaca sehingga meninggalkan bekas baret.

Gosok dengan kain microfibre secara perlahan, dorong dengan kuku dan ujung jari agar lem terkelupas. Kain microfibre memiliki serat yang lebih kecil sehingga bisa lebih efektif mengangkat noda lebih halus. Namun apabila kita memerlukan objek yang lebih untuk membersihkan lem, maka disarankan agar menggunakan kartu ATM/kartu debit untuk mendorong bagian yang sulit digosok dengan kain.

Jika kamu sudah berhasil membersihkan lem stiker dari kaca, maka jangan sungkan untuk memasang stiker yang baru dengan memesan custom stiker dengan desain sesuai keinginan kamu tanpa minimum order hanya di tshirtbar. Mulai dari stiker print and cut yang bisa menghasilkan gambar full colour tanpa batasan warna, hingga stiker cutting dengan untuk desain satu warna dan tulisan.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *