Last Update: July 8th, 2021 at 1:20 pm

Cara Menghilangkan Bekas Deodoran di Baju

Agar badan bau sepanjang hari, banyak dari kita yang menggunakan deodoran agar kita bisa beraktifitas dan tetap segar sepanjang hari. Dengan menggunakan deodoran, kita bisa mencegar jamur dan bakteri muncul dari tubuh sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Deodoran pada umumnya bisa dalam bentuk roll on atau semprot yang banyak jual di banyak toko ritel dan minimarket. Penggunaannya diaplikasikan langsung ke kulit tubuh. Umumnya dioleskan atau disemprot ke ketiak kita. Namun, setelah pengolesan dan penyemprotan dan memakai pakaian kembali, seringkali akan banyak bekas cairan deodoran yang akan menempel di pakaian, sehingga kita perlu mengetahui cara menghilangkan bekas deodoran di baju dengan cepat dan ampuh.

Ini akan menyebabkan noda yang membandel apalagi bila menempel pada pakaian berwarna putih polos. Bahkan beberapa jenis deodoran juga akan membuat noda pada pakaian hitam sebab cairan deodoran banyak yang memiliki warna putih.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Caranya tidak terlalu sulit, bahkan kita bisa menggunakan bahan dan alat-alat yang mudah ditemukan. Sebab pada dasarnya cairan deodoran sangat sensitif terhadap zat yang asam. Sehingga dengan menggunakan bahan-bahan yang asam, kita dapat menghilangkan noda deodoran pada baju.

1. Lemon

cara menghilangkan bekas deodoran di baju dengan lemon

 

Buah lemon mengandung senyawa asam alami yang bisa membantu menghilangkan noda dengan cara mencampur perasan lemon dan air dengan rasio perbandingan 1:1 lalu dioleskan dibagian noda.
Setelah dioleskan, lalu dijemur di bawah sinar matahari dan didiamkan selama satu jam.  Lalu, baju dibilas dan dicuci seperti biasa sampai bersih.

2. Cuka

cara menghilangkan bekas deodoran di baju dengan cuka

 

Selain lemon, cuka bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan noda deodoran. Bahan ini mudah ditemukan di dapur-dapur rumah tangga. Caranya hampir serupa dengan lemon, yaitu dengan mencampur air dengan cuka lalu dioleskan ke bagian baju yang ternodai. Lalu dihilangkan dengan ditunggu selama satu jam sebelum dicuci dan bilas seperti biasa.

3. Baking Soda

cara menghilangkan bekas deodoran di baju baking soda

Bubuk soda mengandung senyawa yang mampu menetralisir asam dan mengeluarkan CO2 sehingga membantu mengurangi noda deodoran pada baju. Caranya sedikit berbeda yaitu dengan mencampur bubuk soda dengan air lalu diaduk dengan rasio 1:3. Hasil campuran tersebut dipakai untuk dioleskan ke noda baju dan didiamkan selama beberapa jam. Setelah itu baju dicuci dan bilas seperti biasa.

4. Garam

cara menghilangkan bekas deodoran di baju dengan garamDengan cara yang sama, jika kita tidak memiliki bubuk soda tersedia, kita juga bisa menggunakan garam. Cara nya sama yaitu juga dengan mencampurkan garam dengan air, lalu dioleskan kebagian baju yang ternodai oleh deodoran. Bisa juga dicampurkan berbarengan dengan lemon atau cuka. Setelah dioleskan, baju juga didiamkan selama beberapa jam sebelum dicuci dan dibilas sampai bersih.

 

5. Alkohol

cara menghilangkan bekas deodoran di baju dengan alkoholBahan yang satu ini sudah seringkali dipakai menjadi agen pembersih bermacam-macam, sebab memang alkohol mempunyai sifat alami yang mampu membersihkan bermacam kotoran, termasuk bekas noda deodoran. Caranya ialah dengan meneteskan akohol ke noda pada baju sambil dikucek lalu dicuci bilas dengan deterjen seperti biasa.

 

Setelah mengetahui cara menghilangkan bekas deodoran di baju, jangan khawatir untuk mengenakan baju warna putih atau hitam berbahan katun atau polyester. Kamu bisa memesan baju berbahan katun lembut dan memiliki sifat anti bakteri di Tshirtbar dengan mengunjungi website di www.tshirtbar.id 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *