5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju yang Sudah Kering

Cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah kering bisa jadi melelahkan. Namun, berkat tips yang akan kami hadirkan, bau apek bisa hilang dalam waktu singkat. 

Pastinya pakaian yang sudah lama disimpan sering mengalami hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah bau apek, dan kamu perlu tahu hal berikut.

Apa Saja Penyebab Munculnya Bau Apek Pada Baju yang Sudah Kering?

penyebab bau apek pada baju yang sudah kering

Banyak faktor dari timbulnya bau apek pada pakaian. Ini adalah alasan jelasnya:

  • Tidak memperhatikan instruksi perawatan yang ada pada baju.
  • Terlalu lama menumpuk di tempat tertutup seperti lemari atau tas laundry.
  • Cara menyimpan yang salah, sebab pakaian tidak boleh disimpan di ruangan lembab.
  • Bisa jadi ada sisa deterjen yang menempel pada pakaian ketika baju sedang dicuci.
  • Pengeringan pakaian yang tidak sempurna juga akan berdampak pada kesehatan kulit dan bau apek.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan jelaskan cara mengatasinya.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Awet

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju yang Sudah Kering?

bagaimana cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah kering

Jangan khawatir bila pakaian di lemari bau apek. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan meski sudah kering dalam jangka waktu lama:

1. Memakai Pewangi Pakaian

Jika ingin memberikan aroma segar dan melembutkan serat kain pada pakaian, kamu dapat mencoba menggunakan pewangi pakaian yang memiliki aroma yang tahan lama. Tidak hanya untuk menghilangkan bau tak sedap akibat direndam terlalu lama, tetapi juga memberikan aroma segar pada pakaian.

Caranya: siapkan ember yang diisi air, lalu tambahkan cairan pewangi pakaian ke dalamnya. Setelah itu, rendam cucian yang berbau apek di dalam larutan pewangi selama kurang lebih 15 menit. Kemudian peras cucian menggunakan tangan dan jemur di bawah sinar matahari yang terik, atau bisa juga dikeringkan dengan mesin cuci.

2. Tambahkan Air lemon

Kamu dapat coba cara lain untuk menghilangkan bau apek pada pakaian, yaitu dengan menambahkan perasan air lemon dan air bersih ketika mencuci. 

Setelah proses mencuci selesai, keringkan pakaian dengan jemuran. Dengan demikian, bau apek pada pakaian akan hilang dengan sendirinya.

3. Tambahkan Cuka Dapur

Tidak diragukan lagi bila cuka adalah pembersih yang efektif untuk berbagai perabot dan pakaian. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghilangkan bau apek. 

Caranya adalah dengan menambahkan secangkir cuka ke dalam mesin cuci yang sudah diisi dengan air dan pakaian kotor. Setelah itu, biarkan selama 2 jam sebelum mencuci pakaian seperti biasa.

4. Menggunakan Baking Soda

Ketika musim hujan tiba, proses pengeringan jemuran bisa jadi sulit. Tentunya bisa memakan waktu berhari-hari untuk kering, dan pada akhirnya dapat menyebabkan bau apek yang sulit dihilangkan bahkan setelah pakaian kering. 

Namun, kamu bisa memanfaatkan baking soda sebagai solusi untuk menghilangkan bau apek pada pakaian yang sulit dikeringkan. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda di atas pakaian dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan penyedot debu dan diamkan pakaian tadi terkena angin hingga kering.

5. Bisa Coba dengan Bubuk Kopi

Bubuk kopi memiliki kemampuan yang efektif dalam menghilangkan aroma tak sedap dari berbagai hal, sehingga sering digunakan sebagai pengharum. 

Letakkan baju ke dalam lemari seperti biasa. Masukkan bubuk kopi ke dalam kantong kertas, dan simpan kantong tersebut di dalam lemari pakaian berdekatan dengan pakaian yang memiliki bau. Diamkan semalaman agar bau apek bisa terserap.

Baca Juga: Cara Kreatif Menghilangkan Noda Cat yang Sudah Kering di Baju

Bagaimana Tips Mencuci dan Menjemur Baju Agar Tidak Bau Apek?

tips mencuci dan menjemur baju agar tidak bau apek

Kamu juga perlu memperhatikan poin ini ketika mencuci pakaian. Setiap jenis kain punya cara perawatan yang berbeda.

1. Baca Laundry Tag 

Membaca petunjuk laundry adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci pakaian. Tiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda. Pastikan kamu mengikuti petunjuk perawatan dengan benar. 

Biasanya, laundry tag akan menampilkan simbol mencuci pakaian, seperti penggunaan mesin cuci maupun dry cleaning.

2. Perhatikan Mesin Cuci

Bau apek pada pakaian bisa muncul karena mesin cuci, terutama pada mesin cuci dengan bukaan pintu depan. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan mesin cuci minimal satu kali dalam sebulan guna mencegah terbentuknya jamur pada mesin cuci. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyalakan mesin cuci kosong dengan air panas dan mencampurkannya dengan dua cangkir pemutih. Setelah selesai, bersihkan bagian dalam mesin cuci, termasuk pintu dan segel karetnya.

3. Jemur di Tempat Terbuka

Untuk mengeringkan pakaian, sebaiknya dilakukan ketika matahari sedang bersinar terik atau ketika cuaca tidak sedang hujan untuk memastikan pakaian kering dengan baik. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa jarak antar pakaian harus diteliti. Hindari menumpuk pakaian terlalu rapat, karena hal ini bisa menghambat proses pengeringan dan menyebabkan pakaian menjadi tidak kering secara sempurna serta mudah berbau apek.

4. Memilih Deterjen 

Sangat penting untuk memilih deterjen yang sesuai dengan jenis kain yang akan dicuci agar terhindar dari bau apek pada pakaian. 

Terlalu banyak deterjen yang digunakan juga dapat menyebabkan residu pada pakaian dan menyebabkan bau apek.

Baca Juga: Cara Mencuci Jersey Original Tanpa Merusak Sablon

5. Hindari Basah Terlalu Lama

Jangan sampai pakaian terendam dalam air terlalu lama setelah dicuci. Bilas dan peras pakaian segera setelah mencuci. Kemudian, jemur pakaian dengan sinar matahari atau menggunakan mesin pengering.

Lewat segudang tips di atas, kamu bisa tahu cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah kering. Semoga penjelasan tadi bisa berguna untuk kemudian hari. Jika butuh pakaian yang anti bau apek, segera dapatkan di Tshirtbar!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214