Last Update: January 15th, 2020 at 1:49 pm

Cara Menggunakan Wantex Untuk Baju

Pakaian yang terlihat kusam dengan warna yang mulai pudar pastinya bisa mempengaruhi penampilan. Pudarnya warna pakaian bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya saja karena umur pakaian yang sudah lama hingga terlalu sering terpapar sinar matahari. Namun, apa yang harus dilakukan jika pakaian kesayangan warnanya mulai pudar dan terlihat tidak menarik lagi?

Baca Juga : Inilah Cara Menghilangkan Tinta Di Baju Dengan Pasta Gigi

Mengembalikan warna pakaian agar terlihat seperti baru lagi sebenarnya bisa anda coba lakukan sendiri di rumah. Misalnya saja dengan proses wantex yang prosesnya mudah dan harganya juga cukup murah. Jika penasaran dengan caranya, anda bisa mencoba mengikuti cara menggunakan wantex berikut ini.

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Wantek Baju

Proses wantek baju sendiri di rumah pastinya bisa dilakukan oleh setiap orang karena caranya yang cukup praktis. Namun, sebelum mulai dengan proses wantek ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu seperti berikut ini:

1. Wantex

Untuk melakukan proses wantex baju tentu saja hal pertama dan yang paling penting untuk disiapkan adalah wantex. Jangan lupa carilah warna wantex yang semirip mungkin dengan warna baju anda agar hasilnya bisa jadi lebih baik.

2. Kompor

Kompor akan digunakan untuk merebus baju yang diwantek, jadi jangan sampai lupa untuk mempersiapkan kompor anda jika ingin melakukan proses yang satu ini.

3. Panci

Persiapkan panci yang sudah tidak anda gunakan lagi untuk memasak. Nantinya panci ini akan digunakan untuk merebus baju bersama wantex. Jadi sebaiknya jangan gunakan panci ini lagi untuk keperluan memasak.

4.  Pengaduk

Anda juga harus menyiapkan alat pengaduk yang nantinya berfungsi untuk mengaduk baju yang sedang direbus dengan wantex.

5. Sarung Tangan

Agar tangan anda tidak terkena pewarna dari wantex, maka jangan lupa untuk mempersiapkan sarung tangan ya!

Langkah-langkah untuk wantek Baju

Proses wantek baju memakan waktu yang cukup cepat karena tidak sampai satu jam. Berikut ini cara menggunakan wantex baju yang bisa anda ikuti:

1. Sortir Pakaian

Sebelum wantek pakaian yang warnanya pudar, tentu anda harus terlebih dahulu menyortir pakaian mana saja yang akan diwantek. Pilih pakaian dengan warna yang sama agar nanti anda bisa wanteknya sekaligus. Selain itu, perhatikan juga bahan pakaiannya. Jangan campurkan pakaian dengan bahan yang tipis dengan pakaian yang tebal karena hasilnya nanti tidak maksimal.

Sebaiknya pilih pakaian dengan bahan yang cukup tebal karena proses wantex bisa membuat pakaian yang tipis jadi lebih mudah sobek. Selain itu, jangan wantek pakaian dengan jumlah yang terlalu banyak. wantek baju dengan jumlah terlalu banyak bisa membuat hasil warna wantexnya tidak merata.

2. Siapkan Air dan Wantex

Persiapkan panci yang akan anda gunakan untuk merebus pakaian dan wantex. Ukuran panci dan jumlah air tergantung dengan banyaknya pakaian. Lebih baik gunakan panci dengan ukuran yang lebih besar  agar nanti bisa dengan mudah membolak-balikkan pakaian yang sedang direbus.

Masukkan air ke dalam panci hingga seluruh pakaian bisa terendam. Setelah itu, masukkan 1-2 bungkus wantex ke dalam panci yang sudah berisi air dan pakaian tersebut. Biasanya untuk 1-2 bungkus wantex memerlukan sekitar 3 liter air. Kemudian jangan lupa untuk menyalakan api dari kompor. Sebaiknya gunakan api yang tidak terlalu besar agar air bisa mendidih dengan lebih rata sehingga wantex bisa meresap dengan baik pada pakaian.

3. Rebus Pakaian Selama 15-30 Menit

Saat merebus pakaian dengan wantek, jangan lupa untuk terus mengaduk dan membolak-balikannya dengan alat pengaduk agar wantex bisa meresap sempurna dan merata pada tiap bagian pakaian.  Saat sudah direbus selama 15-30 menit, anda bisa mematikan kompor dan membiarkan airnya hingga dingin. Dalam proses ini, tetap jangan lupa untuk terus mengaduk pakaian agar warnanya nanti bisa lebih merata.

4. Bilas Pakaian

Setelah air rebusan cukup dingin, anda bisa mulai proses selanjutnya yaitu dengan membilas pakaian. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar warna dari wantex tidak menempel di tangan anda. Bilas pakaian dengan air bersih dan biasanya anda harus melakukan proses ini sebanyak 5-6 kali agar warna dari wantex benar-benar telah hilang.

Setelah membilas pakaian, anda bisa langsung menjemurnya. Sebaiknya jemur pakaian tidak langsung di bawah terik matahari agar warnanya tidak mudah pudar. Jemur pakaian di tempat yang teduh agar warna hasil wantexnya bisa tetap awet lebih lama.

Itulah langkah-langkah mudah yang bisa anda coba untuk wantek pakaian di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *