7 Cara Menggunakan Hand Sanitizer dengan Tepat

Cara menggunakan hand sanitizer jangan dilakukan dengan asal. Meskipun sudah bukan di masa yang menantang seperti pandemi, bukan berarti kita bisa acuh dengan kebersihan. Selain tetap patuh dengan pemakaian masker, memakai hand sanitizer juga jadi hal wajib ketika kamu berada di luar rumah.

Penggunaan hand sanitizer sebenarnya mudah, namun masih ada banyak yang keliru. Ada beberapa prosedur yang mesti ditaati demi menjaga kebersihan serta kesehatan terhadap diri sendiri,

Hand sanitizer sudah jadi alernatif selain sabun cuci tangan. Agar tetap terhindar dari bakteri jahat, berikut kami paparkan tips secara detail saat memakai hand sanitizer. Ikuti langkah di bawah ini dengan cermat.

Bagaimana Cara Menggunakan Hand Sanitizer dengan Benar dan Tepat?

cara menggunakan hand sanitizer dengan benar dan tepat

Berikut adalah panduan untuk menggunakan hand sanitizer dengan benar dan tepat. Terdapat dua kategori hand sanitizer yang ada di pasaran:

1. Hand Sanitizer Gel

  • Oleskan secukupnya gel atau cairan hand sanitizer ke permukaan tangan. Pastikan takarannya cukup untuk menutupi seluruh permukaan tangan, termasuk jari, telapak tangan, dan bagian pergelangan tangan.
  • Kemudian usap hand sanitizer di seluruh permukaan tangan secara rata hingga kering.
  • Hindari membilas atau mencuci tangan kembali. Biarkan tangan tetap kering.

2. Hand Sanitizer Spray

  • Semprotkan hand sanitizer spray sedikit ke tangan. Pastikan sudah membasahi seluruh permukaan tangan, termasuk jari-jari, ibu jari, telapak tangan, dan bagian pergelangan tangan.
  • Kemudian ratakan hand sanitizer spray di seluruh permukaan tangan lalu mengusapnya hingga kering.
  • Jangan membilas atau mencuci tangan saat sudah memakai hand sanitizer spray.
  • Hindari menyemprotkan hand sanitizer langsung ke muka, mata, atau mulut.

Penggunaan hand sanitizer memang sangat berguna dalam keadaan yang mendesak. Untuk anak di bawah umur juga sebaiknya dilakukan dengan pengawasan orang tua.

Baca Juga: Ide Merchandise Unik Untuk Acara Anda

Apa Saja Manfaat Menggunakan Hand Sanitizer?

manfaat menggunakan hand sanitizer

Pembersih tangan alternatif seperti hand sanitizer hadir dalam berbagai bentuk. Adapun manfaat hand sanitizer bila dipakai secara teratur:

1. Cukup Efektif Membersihkan Tangan

Hand sanitizer sebagai alternatif bagi sabun diyakini sudah memenuhi standar kesehatan untuk membunuh kuman dan bakteri. Meskipun tidak lebih unggul dari sabun, namun hand sanitizer punya kandungan alkohol yang bisa menjaga tangan tetap bersih.

2. Pembersih Kacamata

Selain untuk membersihkan tangan, nyatanya debu pada kacamata bisa hilang dengan pemakaian hand sanitizer. Caranya, kamu cukup menyemprotkan hand sanitizer pada bagian kaca. Kemudian lap dengan tisu.

Bukan cuma untuk kacamata, hand sanitizer bisa dipakai untuk membersihkan benda lainnya seperti layar handphone atau kaca jam tangan.

3. Lebih Fleksibel

Tidak seperti saat menggunakan sabun dan air untuk mencuci tangan, di mana kita harus mencari ruang wastafel atau kamar mandi untuk melakukannya, Kamu bisa membawa hand sanitizer saat bepergian. Benda ini juga tersedia dalam kemasan kecil untuk disimpan di tas, mobil, atau saku celana. 

Karena itu, kamu dapat menggunakannya di mana pun kamu berada. Baik saat naik transportasi umum maupun di ruang publik untuk menghilangkan kuman agar semakin tidak kotor.

4. Bisa Dipakai Untuk Berbagai Jenis Kulit

Jangan khawatir bila kamu punya kulit sensitif. Sebab hand sanitizer terbilang nyaman untuk semua jenis kulit. Namun pastikan kembali apakah kandungan pada bahan hand sanitizer tidak menimbulkan gatal atau alergi.

Saat ini sudah banyak produsen yang menjual ragam hand sanitizer dengan kualitas terbaik. Misalkan dalam bentuk pocket atau gel biasa.

5. Mengurangi Risiko Penyakit

Dengan menghilangkan kuman dari tangan kamu sepanjang hari, kamu sudah berkontribusi untuk melindungi diri dari infeksi kuman jahat yang terbawa saat Anda menjalani rutinitas harian. Bakteri dan kuman yang menempel pada tangan bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan, seperti gatal atau bahkan alergi. Itulah mengapa bahwa sangat penting untuk membawa hand sanitizer kemana-mana.

6. Sebagai Merchandise

Saat ini, bentuk merchandise sudah lebih variatif. Salah satunya adalah hand sanitizer yang bisa kamu coba. Bentuknya yang compact juga tidak memakan space banyak, dan bisa kamu bagikan untuk siapa saja. Kamu bisa custom hand sanitizer dengan cara menempelkan desain atau identitas perusahaan.

Hand sanitizer sebagai merchandise atau souvenir juga bisa menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan. Karena dari situ juga bisa jadi bahan promosi.

Baca Juga: Apa Itu Merchandise? Dan Apa Fungsinya?

Kapan Hand Sanitizer Disarankan Digunakan dan Tidak Digunakan?

Mengetahui waktu yang tepat menggunakan setiap metode penting dalam melawan bakteri jahat pada. Saat yang tepat untuk memakai hand sanitizer adalah:

  1. Sebelum dan sesudah mengunjungi teman atau orang tersayang di rumah sakit atau layanan pusat kesehatannya.
  2. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol, dan cuci dengan sabun dan air sesegera mungkin.
  3. Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas yang menyebabkan tangan Anda terkontaminasi, seperti setelah beraktivitas di luar rumah, setelah menyentuh binatang, atau setelah memegang uang.
  4. Setelah menyentuh barang-barang yang sering disentuh orang lain, seperti pintu, tangga, atau peralatan umum.

Hand sanitizer tidak disarankan bila sedang berada di situasi seperti:

  1. Tangan terasa berminyak atau greasy akibat kegiatan di luar ruangan. Contohnya berkebun atau masak.
  2. Bila tempat yang kamu kunjungi masih menyediakan tempat cuci tangan yang layak.
  3. Hindari menggunakan hand sanitizer saat kulit terkena luka, karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi yang lebih parah.
  4. Bila sedang memakai kosmetik atau skincare. Tunggu sampai kering, lalu pakai hand sanitizer supaya tidak meleber.

Ingat bahwa hand sanitizer hanya dapat membunuh bakteri dan virus tertentu, sehingga tetap penting untuk sering mencuci tangan dengan air dan sabun.

Baca Juga: Pilihan Merchandise Unik untuk Hadiah Acara Kantor

Kini Tshirtbar menyediakan hand sanitizer yang bisa kamu custom sebagai merchandise dengan berbagai varian sesuai kebutuhan.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211