Last Update: September 30th, 2022 at 3:57 pm

5 Cara Menggambar Desain Baju untuk Pemula

Cara menggambar desain baju untuk pemula saat ini tidak sesulit dulu kok! Pernah ngerasa tidak sreg karena desain baju yang ditawarkan oleh brand? Kalau iya, ini sudah saatnya kalian berani merancang pakaian sendiri. Memang tidak semua orang memiliki bakat untuk urusan gambar, tapi apa salahnya untuk mencoba?

Jika kalian masih merasa belum yakin, di sini kami akan memberikan segudang tips khususnya bagi kalian yang akan memulai. Simak sampai habis

Bagaimana Cara Menentukan Desain Baju Sebelum Mulai Menggambar?

Bagaimana Cara Menentukan Desain Baju Sebelum Mulai Menggambar

Perlu diketahui bahwa dalam merancang sesuatu pastinya ada banyak tahapan-tahapan yang harus di lalui. Berikut caranya:

1. Mengembangkan keterampilan desain baju

Keterampilan dasar yang harus Anda miliki saat ingin mendesain suatu pakaian yang berkualitas baik adalah mengembangkan bakat menggambar. Dalam menggambar sketsa pakaian Anda diharuskan untuk bisa menjadi seorang ilustrator dengan imajinasi yang luas. Oleh karena itu, desain pakaian yang akan dihasilkan nantinya memiliki ciri khas dan karakternya tersendiri.

Untuk bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mengenai desain pakaian, Anda dapat belajar melalui kursus, video pembalajaran online, maupun membaca buku seperti buku berjudul “picture this pictures of work“. Buku tersebut memiliki kelebihan dimana nantinya sang pembaca akan belajar untuk berpikir layaknya seorang designer.

Selain belajar mengenai teori-teorinya, agar keterampilan desain Anda semakin meningkat, sangat disarankan untuk mempraktikkannya secara rutin. Dengan melaksanakan latihan menggambar secara rutin selama kurang lebih 30 menit setiap harinya, skil Anda pun akan semakin terasah.

2. Tentukan tipe desainnya

Pertama, apa kalian menyukai gambar minimalis yang hanya mengandalkan satu warna? Atau lebih menggemari desain yang colorful? Untuk para pemula bisa mencoba gambar berupa tulisan. Alasannya karena seni tulis atau typography lebih mengandalkan copywriting. Selain itu juga lebih sedikit effort. Ingat bahwa tidak semua font diperbolehkan untuk digunakan secara sembarangan. Kalian perlu pahami dulu tentang hak cipta dari font yang akan dipakai.

Kalau kalian ingin menambahkan sedikit corak, coba bayangkan bagaimana desain yang kamu rancang memang layak dipamerkan dan memiliki value tinggi. Misalnya kalian akan menambahkan elemen logo, tentu tidak jadi masalah.

3. Coba analisis

Selanjutnya perlu diketahui bahwa sekarang sudah banyak orang yang memamerkan hasil karyanya di internet. Kalian bisa temukan ribuan bahkan jutaan inspirasi untuk memulai gambar. Dari situ juga kalian dapat memutuskan konsep apa yang ingin dihadirkan. Supaya tidak ketinggalan zaman, silakan stalking tren apa yang sedang berlangsung lewat portal berita dan media sosial.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Baju Seragam Keluarga

4. Fokus dan jangan takut salah

Dalam dunia desain sebenarnya tidak ada istilah bagus ataupun jelek. Semua ini balik lagi ke preferensi masing-masing. Terus berlatih dan jangan pantang menyerah. Sebab, semakin banyak frekuensi berlatih maka keterampilan pun kian bertambah. Kalian juga bisa konsultasikan kepada teman yang lebih ahli, entah hanya sekadar brainstorming atau meminta penilaian hasil desain kalian.

5. Memilih objek nyata sebagai model

Ketika Anda hendak memulai menggambar sebuah gambar sketsa pakaian, alangkah lebih baik apabila Anda memilih objek ataupun model yang nyata. Dengan memilih objek yang nyata, kedepannya Anda akan lebih menguasai proporsi dari tubuh manusia secara umum. Namun, jika memang Anda telah cukup ahli dan lancar dalam menggambar sketsa pakaian maka Anda dipersilahkan untuk memilih sendiri objek atau model sesuai imajinasi masing-masing.

6. Menentukan pose desain baju

Terakhir, pose model yang nantinya akan digambar pada desain baju Anda juga perlu diperhatikan agar detail dari sketsa pakaian tersebut dapat terlihat dengan jelas. Anda bisa menggambar model yang berpose duduk, berdiri maupun yang sedang berjalan sesuai dengan gambar sketsa baju yang Anda buat.

Sketsa yang biasanya paling sering digunakan oleh para perancang busana adalah sketsa runway yaitu menggambarkan model yang sedang berdiri maupun berjalan layaknya sedang memperagakan busana. Pose satu ini cenderung lebih mudah diterapkan dan dapat membuat ilustrasi desain Anda memiliki tampilan secara penuh.

 Baca Juga: 3 Cara Menentukan Celana yang Cocok untuk Hoodie

Apa Saja Alat dan Media yang Bisa Digunakan untuk Menggambar Desain Baju untuk Pemula?

Keterampilan dalam menggambar perlu banyak waktu untuk berlatih, apalagi kalau harus menggambar lewat secarik kertas. Banyak alat dan media digital yang bisa kalian coba gunakan terutama bagi yang baru mau mencoba.

1. Laptop

Alat canggih satu ini memang difungsikan untuk berbagai kebutuhan kerja. Baik administrasi, editing video hingga menggambar desain baju. Bagi para pemula kalian bisa optimalisasikan laptop untuk mulai garap lewat perangkat lunak yang tersedia. Ada banyak software desain yang bisa Anda coba diantaranya seperti Adobe Illustrator dan CorelDraw.

2. Handphone

Betapa canggihnya teknologi di tahun 2022, dan oleh karenanya timbul momen dimana  kita bisa melakukan apa saja lewat perangkat satu ini. Sudah banyak juga aplikasi gambar khusus handphone yang dapat diunduh secara cuma-cuma atau berbayar. Kalau semisalnya kalian tidak sengaja menemukan desain keren di jalan, jangan lupa dokumentasikan untuk kebutuhan referensi di masa depan.

3. Tablet atau iPad

Kehadiran gadget tersebut salah satunya supaya memberikan kemudahan dalam urusan gambar. Untuk lebih memudahkan lagi, kalian cukup gunakan aksesoris tambahan yaitu pen tablet seperti Wacom.

Untuk urusan perangkat lunak, beberapa aplikasi seperti T-shirt design – Yayprint, Adobe Ilustrator dan Canva bisa kalian coba gunakan dan mudah dipelajari. Namun untul Adobe Ilustrator kalian perlu subscribe secara bulanan atau tahunan. Dan menurut kami, Canva lebih mudah dikuasai dan juga banyak menyediakan template-template untuk fashion.

Baca Juga: Cara Memilih Jaket Supaya Tidak Salah Pilih!

Bagaimana Cara Menggambar Desain Baju untuk Pemula?

Ada beberapa poin yang perlu kalian pahami. Bisa dipraktikkan sampai kalian sudah bisa berkreasi sendiri. Untuk itu, langsung saja!

1. Pahami ketentuan dalam desain grafis

Sebelum memulai desain baju, alangkah lebih baiknya kalian paham dari desain grafis itu sendiri. Di sini kalian perlu tahu bagaimana memilih elemen dan warna yang tepat, menentukan font apa yang boleh digunakan. Sebab, tidak semua elemen desain yang tersebar di internet bisa kalian gunakan sembarang. Biasanya ada lisensi tertentu yang harus kalian ikuti. Upaya ini di lakukan supaya kalian tidak terkena pelanggaran hak cipta.

2. Tentukan gaya desain

Di sini kalian harus tahu color pallette apa yang akan kalian gunakan. Dan, seperti apa tipe desain yang ingin dipamerkan? Coba tentukan lebih dulu agar tidak salah langkah pada saat menggarap. Kalian bisa cari referensi desain di berbagai platform penyedia desain yang tersebar di internet. Jangan sampai jiplak ya.

3. Manfaatkan aplikasi desain

Selanjutnya adalah memilih software untuk kebutuhan olah gambar. Kemajuan teknologi sejatinya sudah meningkat secara cepat, termasuk juga urusan perdesainan baju. Kalian coba saja untuk menggunakan aplikasi seperti Canva. Aplikasi tersebut lebih mudah dipelajari dan cocok dipakai untuk desainer pemula. Agar menambah fitur untuk kalian olah, bisa tambahkan akses premium.

4. Tentukan area yang akan digunakan

Apakah kalian akan menambahkan desain di bagian tengah? Atau mungkin hanya gambar kecil di area pinggir? Dari situ kalian bisa tahu apakah desain kalian akan di cetak seperti apa. Jadi, kalian sudah ada bayangan untuk di tinjau terlebih dahulu hasilnya.

Baca Juga: Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

5. Rajin evaluasi

Terakhir, ini jadi poin penting. Setiap kita mengasah profesi tertentu pasti sering mengalami trial dan error. Coba kalian sering-sering minta saran dan kritik kepada teman mengenai hasil kreasi desain kalian. Hal ini juga membuat kalian semakin lihai dan lebih bisa menggali skill yang mungkin kalian tidak pernah tahu sebelumnya.

@tshirtbarid

Yuk dapetin kaos kece + sablon yang unik dari T-ShirtBar!! Hasil print yang berkualitas dan tahan lama. Gak ada lagi kaos dengan desain yang retak-retak di lemarimu! #fypシ #xyzbca #lokalbrand #beranda #foryou

♬ Originalton – CharcoalHearts

Bagaimana, sudah jelas kan dengan berbagai cara menggambar desain baju untuk pemula? Yuk Buat kreasi desain mu dari sekarang! Bisa langsung cek DI SINI 

cara menggambar desain baju untuk pemula

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.