5 Cara Mengembalikan Warna Jaket yang Pudar dan Tips Merawatnya

Cara mengembalikan warna jaket yang pudar belum banyak orang tahu. Jaket adalah baju luaran yang paling sering digunakan untuk melindungi suhu tubuh. Pakaian ini sangat bisa diandalkan ketika berada di cuaca dingin atau melalukan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik.

Jaket yang warnanya sudah tidak secantik dulu pasti buat kecewa. Apalagi, jika jaket tersebut adalah barang kesayangan. Maka dari itu, simak artikel ini untuk tahu cara mengembalikan warna jaket supaya bisa balik lagi seperti sedia kala.

Apa Saja Penyebab Warna Jaket Pudar?

Ada beberapa faktor penting yang mengakibatkan warna jaket bisa pudar, antara lain sebagai berikut:

1. Umur Jaket

Seiring berjalannya waktu, kondisi jaket akan mengalami kerusakan dan perubahan warna secara alami. Hal ini akibat dari penggunaan yang intens dan faktor usia. Selama digunakan, jaket seringkali mengalami gesekan, bahkan dari cara penyimpanan yang kurang tepat.  

Namun, hal ini masih dianggap sebagai kondisi normal. Faktor tersebut masih bisa diatasi dengan menerapkan cara perawatan jaket yang tepat.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung bisa jadi penyebab dari pudarnya warna jaket. Sebab, sinar UV dari matahari dapat memicu proses oksidasi yang merusak serat dan pigmen yang terkandung pada bahan tekstil, sehingga jaket bisa semakin kehilangan warna aslinya. Maka dari itu, jemur jaket di tempat yang lebih teduh.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Pudar

Bagaimana Cara Mengembalikan Warna Jaket yang Pudar?

bagaimana cara mengembalikan warna jaket yang pudar

Selalu jadi hal yang menyebalkan jika tahu barang kesayangan kurang terlihat indah. Jangan dulu berkecil hati, kamu juga bisa ikuti langkah berikut supaya jaket tidak pudar:

1. Gunakan Cairan Alkohol

Manfaatkan alkohol untuk mengembalikan warna jaket yang pudar. Caranya, bersihkan jaket terlebih dengan kain lembut dan sabun ringan. Setelah itu, tuang alkohol pada kain bersih dan usapkan secara perlahan. Lakukan proses ini secara merata dan hindari gosokan terlalu keras. 

Lalu, biarkan jaket kering selama beberapa jam sebelum digunakan. Jika warna jaket masih belum terang, kamu bisa coba cara ini beberapa kali hingga warna kembali terang. 

2. Gunakan Cairan Lemon

Ternyata cairan lemon punya kandungan yang bisa membuat jaketmu lebih berwarna. Pastikan bahan pada jaket juga rentan terhadap zat asam di lemon.

Celupkan kain atau spons ke dalam campuran air dan lemon, lalu usapkan secara perlahan pada bagian jaket yang pudar. Kemudian biarkan jaket kering selama beberapa jam dan hindari sinar matahari langsung. Saat jaket akan dipakai kembali, bilas jaket dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

3. Gunakan Garam

Garam yang ada di dapur juga bisa kamu manfaatkan. Namun, penggunaan garam kurang efektif bila tingkat kepudaran warna jaket sudah sangat tinggi. Tapi, apa salahnya untuk coba?

Langkah awal dalam menggunakan teknik ini, kamu hanya perlu tambahkan garam dapur ke dalam air rendaman jaket dengan perbandingan 1:3 liter air dingin. Kemudian rendam selama minimal 30 menit. Setelah itu, cuci jaket seperti biasa dengan menggunakan deterjen yang lembut. Terakhir, jemur pakaian di tempat yang teduh.

4. Gunakan Baking Soda atau Soda Kue

Cara ini bisa kamu gunakan, namun hanya ketika sedang diperlukan. Caranya dengan buat larutan 4 sendok baking soda dan air hangat. Lalu celupkan jaket ke dalam larutan tersebut dan rendam selama 30 menit.

Selanjutnya, bilas jaket dengan air dingin dan jangan mencuci dengan deterjen. Terakhir, gantung di tempat jemuran teduh hingga jaket sudah benar-benar kering.

5. Gunakan Pewarna Tekstil

Jika cara alami masih belum berhasil, coba gunakan pewarna tekstil. Cara ini dinilai ampuh karena bahan tersebut bisa mengembalikan warna jaket secara akurat. Untuk hasil terbaik, pilih pewarna pakaian yang punya kualitas tinggi.

Rendam jaket ke dalam campuran air panas dan pewarna. Aduk cairan sampai warna merata dan diamkan jaket selama 30-60 menit. Setelah itu, bilas jaket dengan air dingin hingga bening. Terakhir, jemur di tempat yang teduh sampai benar-benar kering. Jaket pun sudah siap digunakan lagi.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

Bagaimana Tips Merawat Warna Jaket Agar Tidak Mudah Pudar?

tips merawat warna jaket agar tidak mudah pudar

Ikuti langkah di bawah ini untuk menjaga jaket dari kondisi warna pudar sehingga masih bisa dipakai dalam waktu lama:

1. Balik Jaket Sebelum Dicuci

Membalik jaket sebelum dicuci adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga kualitas warna jaket. Gesekan antar pakaian dalam proses pencucian bisa menyebabkan bagian luar jaket tergesek dan akhirnya warnanya pudar atau bahkan bisa rusak. Dengan cara ini, bagian dalam jaket akan terproteksi, serta bagian luar akan terhindar dari risiko gesekan.

2. Tidak Merendam Jaket Terlalu Lama

Disarankan untuk tidak merendam jaket terlalu lama saat dicuci karena dapat menyebabkan warna menjadi pudar. Selain itu, rendaman yang terlalu lama juga berisiko merusak serat pada jaket dan membuatnya mudah rusak. Sebaiknya patuhi instruksi pencucian pada label jaket dan hindari merendam lebih dari waktu yang dianjurkan.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

3. Pakai Deterjen Lembut

Untuk menjaga warna jaket tetap cerah dan mencegah kerusakan pada serat, gunakanlah deterjen yang lembut ketika mencuci jaket. Deterjen yang terlalu kuat dapat merusak serat dan menyebabkan warna pada jaket pudar atau bahkan hilang sepenuhnya. Pilihlah deterjen yang dirancang khusus untuk pakaian berwarna.

4. Simpan dengan Benar

Disarankan untuk hindari menumpuk jaket bersama dengan pakaian lainnya untuk mencegah terjadinya gesekan. Lebih baik lagi jika jaket digantung pada gantungan baju atau disimpan di dalam lemari yang bersih dan kering.

Itu tadi cara mengembalikan warna jaket yang pudar yang bisa kamu coba. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah memilih jaket dengan kualitas baik dan awet. Dapatkan berbagai produk jaket dengan beragam warna di Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222