3 Cara Mengembalikan Warna Jaket parasut yang Pudar dan Tips Merawatnya

Cara mengembalikan warna jaket parasut yang pudar mungkin terasa sulit. Jaket parasut memang tampak keren. Namun, ketika warnanya sudah luntur, akan timbul rasa cemas akan penampilan jaket yang membosankan dan kurang menarik.

Jaket parasut yang sudah pudar tidak hanya terlihat buruk, tetapi juga bisa terasa kasar dan tipis. Berikut ini adalah tips untuk mengembalikan warna jaket parasut yang pudar dan cara menjaga jaket supaya bisa awet dalam jangka panjang.

Apa Saja Hal yang Menyebabkan Warna Jaket Pudar?

Punya jaket yang warnanya sudah sedikit hilang memang terasa menyebalkan. Deretan 3 alasan ini bisa jadi faktor utama mengapa warna jaket bisa hilang dengan cepat:

1. Kualitas Bahan Kurang Baik

Bahan yang kurang berkualitas dan pewarna tekstil yang buruk dapat membuat warna pada jaket tidak menempel dengan baik, sehingga mudah luntur. Selain itu, bahan yang tidak tahan terhadap sinar UV juga dapat mempercepat proses pemudaran warna pada jaket. Oleh karena itu, penting untuk memilih jaket dengan bahan dan pewarnaan yang punya kualitas baik.

2. Penggunaan Detergen Berlebihan

Pemakaian detergen terlalu banyak juga bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan warna jaket semakin pudar. Jika terlalu banyak deterjen, maka akan terjadi penumpukan deterjen, dan berpotensi merusak kain. Maka dari itu, sebaiknya gunakan deterjen sesuai instruksi pada laundry tag. Selain itu, pastikan juga untuk bilas jaket parasut dengan air bersih untuk menghilangkan sisa deterjen yang mungkin masih menempel pada kain jaket.

3. Tidak Memisahkan Warna Gelap dan Terang 

Beberapa warna memang punya potensi luntur yang cukup tinggi. Contohnya adalah warna hitam dan warna gelap lainnya. Jika jaket dicampur dengan pakaian lain yang punya warna kontras, maka bisa terjadi transfer warna selama proses pencucian yang menyebabkan warna jaket menjadi luntur.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Windbreaker dengan Baik dan Benar

Bagaimana Cara Mengembalikan Warna Jaket Parasut yang Pudar?

bagaimana cara mengembalikan warna jaket parasut yang pudar

Coba cek jaket parasut di lemari apakah warnanya masih sama seperti saat pertama dibeli. Jika sudah mengalami pudar, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan Pewarna Tekstil Sintetis

Ini adalah salah satu cara yang paling kami rekomendasikan. Jenis pewarna ini memang sudah dirancang khusus untuk digunakan pada bahan sintetis seperti poliester, termasuk kain parasut. Pewarna tekstil sintetis tersedia dalam pilihan warna dan bisa dibeli di toko bahan kain dan toko perlengkapan rumah tangga.

Metode ini dinilai sangat praktis dan hemat biaya. Untuk menghindari kerusakan pada bahan kain, pastikan sudah membaca petunjuk pada kemasan dan melakukan tes warna terlebih dahulu sebelum pewarna digunakan.

2. Coba Metode Tie Dye

Teknik tie dye bisa jadi opsi lain jika ingin membuat warna jaket lebih cerah, sekaligus tampil dengan gaya baru. Teknik ini membutuh pewarna tekstil serta alat seperti tali atau karet gelang. Tujuannya untuk menghasilkan pola yang unik dan menarik.

Pastikan jaket sudah bersih, lalu twist jaket dan ikat dengan tali. Setelah itu, biarkan pewarna meresap dan keringkan jaket di tempat yang teduh secara alami.

3. Manfaatkan Larutan Garam

Bahan rumahan seperti garam ternyata berguna juga untuk produk tekstil. Caranya pun terbilang sederhana, cukup rendam jaket dalam larutan air dan garam selama 1 – 2 jam. 

Setelah itu, keluarkan jaket dan bilas dengan air bersih. Jemur jaket di tempat yang teduh dan hindari sinar matahari langsung. Perlu diingat bahwa setiap 1 liter air membutuhkan 2 sdm garam saja. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi OOTD Jaket Oversized Hijab dan Tips Memilihnya

Bagaimana Cara Merawat Warna Jaket Parasut Agar Tidak Cepat Pudar?

cara merawat warna jaket parasut agar tidak mudah pudar

Meskipun kain parasut dikenal kuat dan tahan lama, namun perawatan tetap diperlukan agar strukturnya tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat jaket parasut:

1. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Jaket parasut terbuat dari serat sintetis yang mudah rusak jika sering terkena gesekan. Penggunaan mesin cuci dan pengering pakaian dapat menyebabkan kerutan dan kerusakan pada zipper dan aksesoris lainnya. 

2. Gunakan Air Dingin

Selain dicuci dengan tangan, lebih baik pakai air dingin dan deterjen cair untuk mencegah cepat lunturnya warna. Penggunaan sikat terlalu keras juga perlu dihindari agar warna jaket tetap awet dan fitur anti airnya bisa tetap berfungsi.

3. Jemur Di Tempat Teduh

Jangan menjemur kain parasut pada saat matahari sedang terik, karena dapat bisa merusak serat kain. Sebaiknya, kain parasut dijemur di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang cukup.

4. Cara Penyimpanan Jaket

Untuk menyimpan jaket parasut, sebaiknya letakkan di tempat yang kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Selain itu, disarankan untuk tidak menumpuk jaket dengan benda berat di atasnya, agar tidak merusak bentuk jaket dan kualitas bahan kainnya.

Baca Juga: Cara Memilih Jaket Supaya Tidak Salah Pilih!

5. Jangan Disetrika

Lebih baik jika tidak menyetrika kain parasut, sebab suhu panas dapat merusak bahan serat sintetis pada jaket parasut. Jika terdapat kerutan pada jaket, biarkan jaket digantung selama beberapa waktu agar kerutan bisa hilang dengan sendirinya. 

Namun, jika terpaksa harus menyetrika jaket parasut, pastikan untuk menggunakan suhu yang rendah dan tutupi permukaan jaket dengan kain tebal dan lembut.

6. Bersihkan Noda Segera

Noda pada jaket parasut harus segera dibersihkan dengan menggunakan lap yang lembut dan sedikit air hangat. Jika tidak, maka noda pun bisa tetap menempel bahkan sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Demikian tadi tips lengkap tentang cara mengembalikan warna jaket parasut yang pudar. Selain cara di atas, perlu juga jaket parasut yang tahan banting terhadap segala medan. Dapatkan pilihan jaket parasut terbaik hanya di Tshirtbar!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222