Last Update: July 7th, 2021 at 9:25 pm

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Luntur

Siapa yang mempunyai baju dengan warna yang sudah mulai luntur atau memudar? Pasti warna baju yang sudah luntur membuat penampilan jadi kurang bagus, karena akan terlihat lebih kusam dan kurang indah saat dipandang. Apakah kamu sedang mencari cara mengembalikan warna baju yang luntur?

Sebenarnya baju yang luntur memiliki beberapa alasan tergantung dari bahan bajunya juga, salah satunya yang memakai bahan kaos oblong termasuk bahan yang paling mudah pudar warnanya, atau juga bisa dikarenakan tidak terlalu memperhatikan bagaimana proses perawatan yang benar mulai dari pencuciannya hingga ke penyimpanannya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari baju yang luntur. Berikut adalah beberapa penyebab utama warna baju bisa luntur:

  • Mencampur seluruh baju dengan warna yang berbeda
  • Kesalahan teknik mencuci dari bahan tertentu
  • Menjemur secara manual langsung dibawah terik matahari

Mencegah baju pudar atau luntur

Faktor-faktor tersebut adalah penyebab utama yang membuat warna dari baju cepat memudar atau luntur, sehingga membuat baju terlihat lebih lusuh. Sebelum masuk ke bagaimana cara mengembalikan warna baju yang luntur atau pudar, yang pertama kita bahas adalah bagaimana mencegah warna baju menjadi pudar atau luntur.

1. Mengikuti instruksi di label baju

mencegah luntur dengan Mengikuti instruksi di label baju

Pada umumnya label pada baju selalu memberikan instruksi bagaimana perawatan baju tersebut dengan baik dan benar. Label tersebut biasa terletak di kerah dalam leher  baju atau bagian samping pinggang. Jika mengikuti instruksi perawatan dan penyimpanan baju sesuai Instruksi di label baju itu akan mengurangi resiko baju akan menjadi pudar atau luntur.

2. Menggunakan deterjen khusus baju berwarna

Menggunakan deterjen khusus baju berwarna

Ada beberapa deterjen yang berfokus untuk mencerahkan warna putih. Namun deterjen tersebut kurang pas untuk digunakan kepada baju yang memiliki beragam warna, untuk itu, sudah sebaiknya menggunakan deterjen khusus baju yang berwarna supaya dapat lebih menjaga warna dari baju itu sendiri.

3. Memisahkan baju sesuai warna

Memisahkan Baju Sesuai Warna

 

Terkadang warna baju yang beragam jika dicampur juga menjadi penyebab warna baju mudah luntur, maka dari itu memisahkan baju sesuai warna juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah warna baju luntur.

4. Menggunakan baking soda saat mencuci baju

Menggunakan Baking Soda saat Mencuci Baju

Ternyata baking soda juga sudah terbukti mampu mengikat warna pakaian lebih baik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan air dan deterjen saja.

5. Membalik pakaian saat di jemur

Membalik Pakaian Saat di Jemur

Sinar matahari yang terik memang menjadi cara cepat untuk mengeringkan baju yang telah dicuci, namun pancaran ultraviolet yang dihasilkan dari sinar matahari itu juga menjadi salah satu penyebab warna dari baju menjadi pudar atau luntur jika terlalu lama, dengan itu bisa dilakukan dengan cara membalik pakaian saat dijemur untuk menghindari warna baju yang pudar.

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Luntur

Penjelasan di atas bisa menjadi beberapa cara untuk mencegah terjadi luntur atau pudarnya warna baju. Namun jika memang baju sudah terlanjur luntur, kamu bisa melakukan beberapa tips ini untuk mengembalikan warna baju yang sudah luntur yaitu dengan beberapa tips di bawah:

1. Menggunakan Zat Pewarna 

cara mengembalikan warna baju yang luntur dengan zat pewarna

Untuk setiap baju yang kita pakai biasanya memiliki label yang memiliki instruksi, bisa dilihat ke instruksi tersebut untuk menjadi petunjuk untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Jika ada ikon yang menunjukan bahwa bahan dari baju tersebut dapat menyerap pewarna. Maka kamu dapat menggunakan zat pewarna untuk mengembalikan warna baju tersebut. Disarankan untuk menggunakan warna yang semirip mungkin dengan warna asli baju yang digunakan.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan yaitu:

  • Lindungi area kulit yang akan digunakan dari zat pewarna.
  • Isi wadah dengan air hangat sekitar 50-60 °C 
  • Larutkan zat pewarna kedalam wadah 
  • Masukan pakaian dan rendam dalam larutan pewarna sekitar 30-60 menit tanpa berhenti diaduk agar zat pewarna meresap ke dalam kain.
  • Angkat pakaian dari larutan pewarna kemudian bilas dengan air dingin
  • Cuci dengan mesin cuci satu kali lagi  tanpa pakaian lain karena mencuci manual dengan tangan pasti masih akan ada zat yang luntur saat dicuci
  • Terakhir keringkan baju untuk melihatnya

2. Menggunakan Kopi

Cara mengembalikan warna baju yang luntur dengan kopi

Jika warna baju yang luntur adalah baju yang berwarna hitam, kamu juga bisa menggunakan kopi pada saat membilas bajunya. Dan yang perlu diingat, kopi hanya dapat mengeluarkan warna untuk baju yang berwarna hitam saja, jangan digunakan untuk baju yang berwarna lain. Berikut penjelasan cara menggunakan kopi untuk itu hanya cukup menyiapkan sekitar 2 cangkir kopi dengan ukuran yang cukup besar dan pastikan sudah tidak ada lagi ampas pada kopi lalu tuangkan pada cucian kaos yang akan dibilas, setelah itu rendam sekitar 30 menit dan bilas hingga bersih.

Dengan penjelasan di atas, kini kamu sekarang tau kan bagaimana cara mencegah dan juga mengembalikan warna baju yang luntur atau pudar. Selamat mencoba!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *