Last Update: June 4th, 2024 at 2:46 pm

5 Cara Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Pudar

Cara mengembalikan warna baju hitam yang pudar mungkin masih belum banyak orang ketahui. Hitam adalah salah satu warna paling basic dan effortless untuk dikenakan setiap saat. Warna ini sangat cocok untuk outfit apa saja, mulai dari kasual hingga formal.

Kamu pasti tidak ingin kecewa kan karena warna hitam pudar begitu saja? Di artikel ini kami akan beritahu bagaimana cara mencuci, merawat dan mengembalikan baju agar hitam seperti sedia kala. Bahkan kamu bisa coba sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara dan Inspirasi OOTD Kemeja Hitam Agar Tampak Stylish

Apa Saja Penyebab Warna Baju Hitam Cepat Pudar?

Ada dua penyebab paling utama kenapa baju hitam tidak awet warnanya. Ini dia alasannya:

1. Sinar UV

Sinar UV dari matahari bisa mengurangi pigmentasi warna dari suatu bahan. Maka dari itu, disarankan agar pakaian hitam tidak disarankan untuk dipakai berjemur. Jika sedang dikeringkan, sebaiknya baju dibalik terlebih dahulu.

2. Terlalu Sering Dicuci

Kamu juga perlu mempelajari cara mengenakan pakaian hitam beberapa saat sebelum mencuci, dan tidak mencucinya setiap kali dipakai. Mencuci secara berlebihan menyebabkan penyusutan dan warna memudar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mix and Match Warna Hitam untuk Berbagai Acara

Bagaimana Cara Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Pudar?

bagaimana cara mengembalikan warna baju hitam yang pudar

Tidak menyenangkan bila tahu baju hitam kesayangan sudah tidak cantik lagi tampilannya seperti pertama beli. Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara agar baju hitam bisa kembali gelap lagi seperti sedia kala:

1. Gunakan Pewarna Kain Hitam

Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menggunakan pewarna hitam seperti Wantex. Namun, untuk hasil yang optimal, disarankan untuk memakai pewarna hitam yang dibuat secara profesional. Penting juga untuk ketahui merek pewarna sebelum membelinya.

Gunakan juga pewarna yang sesuai untuk pakaian dengan bahan tertentu. Perlu untuk diingat bahwa pewarna tidak cocok untuk kain 100% polyester dan spandex, sehingga sebaiknya hindari penggunaan pewarna pada jenis kain tersebut.

2. Pakai Kopi Hitam

Kopi hitam adalah cara yang mudah, alami, dan efektif untuk menggelapkan pakaian hitam yang sudah pudar. Khasiat pada kopi hitam sudah teruji dan menunjukkan hasil yang baik dan tahan lama.

Langkah pertama adalah seduh dua cangkir kopi hitam. Perhatikan bahwa semakin gelap airnya, maka semakin besar dampaknya pada hasil pigmentasi warna. Setelah itu kemudian pisahkan antara air dan ampas. Kemudian tuangkan dua cangkir kopi tadi ke dalam air cucian baju hitam. Selanjutnya, keringkan baju dengan cara digantung di tempat teduh.

3. Pakai Garam dan Cuka

Teknik ini dapat dicoba untuk menggelapkan kembali warna yang sudah pudar pada pakaian, tetapi penting untuk diketahui bahwa beberapa jenis bahan mungkin tidak cocok dengan penggunaan garam dan cuka. Selain itu, metode ini bisa jadi tidak akan berhasil mengembalikan warna pada pakaian yang punya tingkat kepudaran tinggi.

Caranya adalah kamu perlu siapkan air dingin dalam jumlah yang cukup untuk merendam pakaian. Lalu, tambahkan garam dapur ke air rendaman tadi dengan perbandingan 1 cangkir garam per 3 liter dan 3 sendok makan cuka. Rendam pakaian minimal 30 menit hingga beberapa jam, tergantung seberapa parah pemudaran warna pada pakaian. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa dengan deterjen yang lembut dan air dingin di mesin cuci. Terakhir, pakaian pun sudah bisa dijemur di tempat teduh.

4. Gunakan Shampo

Untuk mengembalikan warna hitam di baju kesayanganmu yang sudah pudar, kali ini kamu hanya perlu menyiapkan ember yang bersih dan diisi dengan air dingin. Sebagai pengganti deterjen, kamu dapat menggunakan shampo urang-aring hitam. Shampo urang-aring hitam memiliki kandungan kimia lebih rendah sehingga aman untuk mengembalikan warna hitam yang pudar.

Rendamlah pakaian tersebut ke dalam larutan air shampo selama maksimal 30 menit. Setelah itu, perlahan-lahan kamu bisa menguceknya dengan lembut. Selanjutnya, kamu dapat menjemur pakaian tersebut.

5. Mencucinya denga Pakaian Warna Hitam yang Masih Baru

Cara terakhir untuk menghilangkan warna pakaian hitam yang pudar adalah dengan mencucinya bersamaan baju hitam lainnya yang masih bagus atau baru.

Baca Juga: 5 Inspirasi OOTD Hoodie Hitam Hijab dan Tips Memilihnya

Bagaimana Cara Merawat Baju Warna Hitam Agar Tidak Cepat Pudar?

cara merawat baju warna hitam

Jika pakaian hitam kamu masih gelap, kamu perlu ikuti tips ini supaya warna tetap awet:

1. Cuci Seperlunya

Sebaiknya cuci atasan hitam setelah pemakaian kedua atau ketiga, namun ini jika tidak berkeringat. Agar warna baju hitam tetap awet dan tidak cepat pudar, hindari mencuci setelah setiap pemakaian karena hal ini dapat memperpendek umur panjangnya. Namun, jika baju masih cukup bersih, cukup keringkan dengan angin sajat. 

2. Hindari Mencuci Terlalu Lama

Selain itu, sebaiknya baju hitam juga jangan terlalu lama direndam. Selain itu juga gosok baju secara perlahan. Gesekan saat mencuci dapat membuat warna hitam memudar. Jika ada noda, bersihkan langsung pada titik noda tersebut dan segera cuci dan bilas dengan cepat.

3. Tidak Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Pakaian hitam memang cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) diketahui dapat merusak serat kain dan memudarkan warna hitamnya. Disarankan untuk menjemur pakaian hitam di tempat yang teduh atau di bawah atap agar terlindungi dari sinar matahari langsung. Serta jangan dipakai saat cuaca terik.

4. Cuci dengan Air Dingin

Air dingin mengencangkan dinding serat, sehingga pigmen warna tetap terjaga. Dengan cara ini, kilau pakaian hitam dapat tetap terjaga. Meskipun air dingin mungkin tidak secepat dan semudah air hangat untuk menghilangkan kotoran, namun air dingin bisa mencegah penyusutan pada pakaian hitam.

5. Gunakan Pelembut Kain 

Menambahkan pelembut kain atau softener pakaian dapat mencegah baju gelap memudar dengan cepat. Langkah ini juga buat pakaian layaknya baru beli, dengan aroma segar dan sentuhan lembut.

Baca Juga: Baju Hitam Apakah Terasa Lebih Panas Di Siang Hari?

6. Pisahkan Baju Hitam dengan Warna Lain

Untuk mencegah luntur warna yang tidak diinginkan, disarankan untuk memisahkan pakaian hitam dari pakaian warna lain saat mencuci. Selain itu, memisahkan cucian dari jenis dan berat kain juga dapat mencegah serat yang tidak diinginkan menempel pada kain hitam dan menyebabkan penampilan pudar dan usang.

Demikian tadi cara mengembalikan warna baju hitam untuk kamu coba di kemudian hari. Langkah terakhir yang perlu diperhatikan adalah memilih baju yang awet dan tahan lama. Dapatkan produk fashion dan merchandise warna hitam di Tshirtbar.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224