5 Cara Mengembalikan Pakaian yang Menyusut dengan Mudah

Baju yang biasanya muat tiba-tiba saja menjadi sempit? Sebelum menyalahkan berat badan naik, bisa saja penyebab lainnya adalah pakaian menyusut. Hal ini cukup sering terjadi, tapi jangan khawatir karena ada cara mengembalikan pakaian yang menyusut dengan mudah.

Pakaian yang mengalami penyusutan sebenarnya bukan hal aneh. Beberapa jenis serat pakaian memang ada yang sensitif. Jika salah cara mencuci dapat membuat pakaian ikut menyusut. Cara paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan biasakan membaca label baju.

Umumnya pada label pakaian sudah tercantum anjuran mencuci sesuai jenis seratnya. Bagi yang sering menemukan pakaian menyusut, yuk lihat apa saja penyebab dan cara mengembalikan pakaian yang menyusut.

Apa Saja Penyebab Pakaian Menyusut?

Penyebab pakaian menyusut lebih sering terjadi karena kesalahan pada saat perawatan. Misalnya mencuci baju yang tidak cocok untuk mesin cuci atau kesalahan pada saat menjemur pakaian. Untuk lebih detailnya bisa lihat uraian di bawah ini. 

1. Merendam Pakaian Terlalu Lama

Penyebab pertama yang membuat pakaian sering menyusut adalah merendam terlalu lama di dalam deterjen. Merendam pakaian terlalu lama dapat membuat serat kain menjadi rusak. Serat yang rusak dapat menjadi rapuh, menyusut, atau merenggang. 

2. Mencuci dengan Mesin Cuci

Untuk beberapa jenis bahan, ternyata mencuci dengan mesin cuci tidak dianjurkan. Misalnya saja seperti bahan wol atau rajut yang sangat rentan. Bahan wol dan rajut sangat rapuh dan harus dicuci secara perlahan. Jika mencuci dengan mesin cuci maka benang bisa saling tertarik dan membuat pakaian menyusut.

3. Proses Setrika Pada Suhu Panas Standar

Penyebab berikutnya adalah menyetrika pada suhu yang terlalu panas. Setrika pada suhu panas memang jauh lebih cepat dan rapi. Tapi, ada beberapa bahan yang teksturnya dapat berubah jika terkena panas yang tinggi. Misalnya saja seperti pakaian dari bahan katun.

4. Cara Menjemur yang Keliru

Tahukah kamu bahwa menjemur pakaian yang baik adalah di ruang terbuka. Namun, sebaiknya tidak terkena matahari langsung yang terik. Lebih baik di ruang terbuka dan membiarkan pakaian kering karena angin. Panas terik matahari dapat membuat bahan pakaian mengalami penyusutan.

5. Menggunakan Deterjen Kualitas Rendah

Pemilihan deterjen ternyata juga dapat membuat pakaian menyusut. Deterjen memiliki kandungan kimia yang keras. Jika kualitas deterjen tidak baik maka bahan kimia pada deterjen tersebut dapat membuat serat menjadi rusak dan menyusut.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju Sablon Agar Tidak Luntur dan Rusak

Bagaimana Cara Mengembalikan Pakaian yang Menyusut?

Jangan sedih melihat pakaian yang terlanjur menyusut. Kamu masih bisa mencoba cara untuk mengembalikan pakaian yang menyusut untuk memperbaikinya ke keadaan semula. Hanya menggunakan bahan sederhana yang mudah ditemui seperti berikut ini.

1. Cuci dengan Air Hangat

Jika pakaian yang menyusut terbuat dari bahan jeans maka bisa mencoba merendamnya dengan air hangat. Air hangat dapat membuat serat jeans yang menyusut kembali meregang. Namun, jangan merendamnya terlalu lama, cukup satu atau dua jam saja.

2. Menggunakan Jarum Pentul

Untuk pakaian seperti kaos atau bahan ringan lainnya bisa mencoba dengan jarum pentul. Caranya regangkan pakaian kemudian tahan regangan tersebut dengan jarum pentul. Lalu, setrika pakaian saat kondisi meregang.

3. Menggunakan Shampoo Bayi

Cara berikutnya adalah dengan shampoo bayi. Cara ini efektif untuk jenis pakaian rajut yang bahannya tipis. Caranya adalah dengan merendam pakaian rajut dalam air yang telah diberi shampoo bayi.

4. Menggunakan Conditioner

Pakaian untuk bahan katun bisa menggunakan conditioner untuk mengatasi penyusutan. Walaupun relatif mahal namun cara ini sangat efektif untuk pakaian katun. Caranya adalah dengan merendam pakaian pada air conditioner selama 15 menit dan kemudian bilas.

5. Menggunakan Cuka

Bahan pakaian dari wol atau kasmir ternyata juga bisa mengalami penyusutan. Untuk jenis ini bisa menggunakan bahan boraks atau cuka agar kondisi pakaian kembali ke keadaan semula. Caranya adalah dengan merendam pakaian di dalam air yang telah diberi 1 atau 2 sendok cuka.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Awet

Bagaimana Tips Mencegah Pakaian Menyusut?

Tentu tidak ada yang mau pakaian mengalami penyusutan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi. Sayang sekali jika pakaian menyusut, apalagi jika harganya cukup mahal. Sebaiknya ketahui hal berikut ini untuk mencegahnya.

1. Baca Label Baju

Biasanya pada label baju terdapat aturan perawatan pakaian. Oleh karena itu, jangan lupa membaca peringatan tersebut. Informasi tersebut sangat penting untuk membuat pakaian tetap awet dan tahan lama.

2. Pilah Baju Untuk Mesin Cuci

Ternyata tidak semua baju dapat menggunakan mesin cuci. Pasalnya mesin cuci membersihkan pakaian dengan kecepatan ekstra. Sementara beberapa bahan seperti wol harus dicuci dengan lembut.

3. Jemur di Tempat Berangin

Sediakan tempat jemuran yang tidak terlalu terik, namun masih berada di ruang terbuka. Sinar terik matahari tidak hanya membuat baju menyusut, tapi juga membuat warna pakaian menjadi rusak.

4. Setrika dengan Perlahan

Cara mencegah pakaian menyusut selanjutnya adalah dengan berhati-hati saat menyetrika. Jangan gunakan suhu yang terlalu panas. Selain itu, saat menyetrikanya jangan terlalu kasar, namun perlahan-lahan.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

5. Pilih Deterjen Berkualitas

Pemilihan deterjen juga sangat penting. Bahkan tidak hanya untuk menghindari penyusutan. Tapi, salah memilih deterjen juga dapat membuat warna pakaian rusak. Sebaiknya cari jenis deterjen yang ringan dan menggunakan sikat khusus.

Nah, itulah penyebab dan cara mengembalikan pakaian yang menyusut. Untuk selanjutnya mulailah berhati-hati dalam merawat pakaian. Perhatikan jenis bahan dan cari tahu cara perawatan yang cocok untuk bahan tersebut. Cara ini akan membuat pakaian bisa awet dalam waktu lama. Pilih pakaian dengan hasil memuaskan, percayakan saja pada Tshirtbar sekarang juga!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214