Last Update: July 8th, 2021 at 1:16 pm

Cara Mencuci Jersey Original Tanpa Merusak Sablon

Bagi penggemar sepak bola, mengoleksi jersey adalah bagian dari hobi. Banyak juga yang gemar mengoleksi jersey original. Harganya pun terbilang sangat mahal karena bisa jutaan dan cukup langka untuk didapat. Sehingga jersey original sering hanya dibeli untuk koleksi dan jarang dipakai, karena takut jika dipakai akan kotor. Ada juga yang gemar memakai jersey original untuk sehari-hari, karena tentu kita ingin tampil trendy dengan jersey koleksi kita.

Setelah dipakai, tentu banyak yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara mencuci jersey original? Apakah proses pencucian sama dengan mencuci baju biasa? Berikut adalah cara untuk mencuci jersey original:

cara mencuci jersey original

1. Bersihkan noda jika ada

 

Sebelum mulai memasukan jersey ke cucian, mulai lah dengan memeriksa terhadap noda-noda yang terdapat pada jersey. Jika kita menemukan noda, seperti bekas minyak, tinta dan sebagainya, segeralah bersihkan terlebih dahulu, mulai dengan mengoleskan deterjen ke noda tersebut. Jika sulit hilang, gunakan cuka, atau bubuk soda atau cairan pembersih lainnya yang aman. Disarankan untuk mencoba cairan tersebut dibagian yang tidak terlihat agar memastikan bahwa cairan tersebut tidak merusak jersey.

2. Cuci jersey dengan sesama jersey lainnya

Jangan asal mencampur jersey dengan baju-baju lainnya. Terutama jangan mencampur jersey dengan baju berwarna putih, karena akan memungkinkan warna akan luntur ke baju tersebut. Cucilah jersey dengan jersey-jersey lainnya. Hindari penggunaan pemutih pada jersey, karena akan berpotensi merusak printing pada jersey.

3. Cuci jersey dalam keadaan bolak balik, tarik sisi dalam menjadi luar

Sebelum memasukan jersey ke dalam cucian, baliklah bagian dalam ke jersey ke luar. Sehingga permukaan kain jersey yang di luar menjadi bagian dalam dan tidak terekspos langsung dengan cucian. Selain itu, lepas bagian kancing agar kancing tidak kendur dan rusak ketika baju dikucek atau berputar didalam mesin cuci.

4. Gunakan deterjen berkualitas dan setting mesin cuci pada “gentle”

Jangan sembarangan memilih deterjen, hindari deterjen yang memiliki pemutih dan pastikan untuk menggunakan deterjen berkualitas. Ingat ini adalah jersey original, maka kita perlu memberikan perawatan ekstra padanya. Pada mesin cuci, pastikan setting putaran pada “gentle” atau lembut, sehingga putaran tidak terlalu cepat atau kasar.

5. Hindari mencuci dengan air panas, gunakan air hangat

Perhatikan setting temperatur air pada mesin cuci atau pada cucian di ember, hindari air panas karena dapat berpotensi merusak serat kain dan printing jersey. Gunakan air yang hangat atau air biasa.

6. Jangan cuci terlalu lama

Jersey tidak perlu dicuci terlalu lama, cukup lakukan pencucian secukupnya. Pada mesin cuci, jangan lupa untuk mengatur lama pencucian agar tidak keterusan. Jersey original umumnya adalah produk jersey yang cukup rentan.

7. Jangan dimasukan ke mesin pengering

Hindari mengeringkan jersey dengan mesin pengering, sebaiknya jersey dijemur dan dibiarkan kering secara alami di udara bebas. Menggunakan mesin pengering akan berpotensi untuk merusak bahan jersey sebab putaran mesin pengering cenderung kasar dan suhunya bisa terlalu panas agar baju kering dengan cepat.

Jika kamu ingin memesan jersey untuk kebutuhan pribadi, komunitas, ataupun organisasi seperti jersey futsal, jersey esport, jersey basket, ataupun jersey badminton di tshirbar.id merupakan solusi terbaik untukmu. Jersey produksi tshirtbar.id dicetak dengan printing sublimasi yang mampu fullprinting ke seluruh permukaan kain dan menggunakan bahan berkualitas dengan jersey yang cepat kering dan anti bakteri. Di tshirbar.id kamu bisa melalukan custom jersey sesuai dengan desain yang kamu inginkan tanpa minimum order. Tunggu apalagi segera hubungi tim sales kami di sini dan dapatkan penawaran menarik!

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *