Cara Mencuci Jaket Windbreaker dengan Baik dan Benar

Cara mencuci jaket windbreaker tidak bisa dilakukan sembarang. Jaket penangkal angin satu ini bisa dipakai setiap hari. Maka, perlu kamu ketahui tahapan mencuci luaran satu ini dengan tepat.

Dengan merawat jaket windbreaker secara baik, jaket akan tetap awet dan berfungsi sesuai kebutuhan. Lewat artikel ini, kami akan gali informasi bagaimana tahapan mencucinya.

Apa Itu Jaket Windbreaker?

Jaket windbreaker merupakan salah satu jenis jaket yang terbuat dari bahan serat sintetis. Model ini kerap dipakai untuk kegiatan luar ruangan seperti mendaki gunung, berkemah, dan jogging. Selain itu, jaket ini juga bisa digunakan sebagai layer tambahan di bawah jaket yang lebih tebal. Supaya bisa lebih menangkal angin kencang dan cuaca dingin.

Ciri utama dari jaket windbreaker antara lain bahan yang ringan, tipis, dan mudah dilipat sehingga tidak memakan banyak space di kantong. Biasanya juga terdapat kantong depan yang dapat digunakan untuk menyimpan benda kecil. Modelnya kurang lebih sama saja dengan hoodie, yang membedakan hanya bahan kain saja.

Ada banyak pilihan warna dan desain yang stylish dan modis, sehingga cocok digunakan untuk outfit harian. Lewat kemampuannya untuk melindungi dari angin dan hujan ringan, jaket windbreaker bisa jadi solusi tepat bagi siapa saja yang mencari jaket berbahan ringan dan fungsional ketika dipakai di outdoor.

Apa Saja Fungsi Jaket Windbreaker?

fungsi jaket windbreaker

Fungsi utama dari jaket adalah menambah rasa kehangatan pada tubuh. Namun, jaket windbreaker punya keistimewaan lain dari model jaket secara umum. Berikut rinciannya:

1. Menangkal Angin dan Air

Jaket windbreaker didesain untuk beri perlindungan ekstra dari hembusan angin dan hujan ringan. Kain pada jaket windbreaker punya sifat water repellent, sehingga air tidak mudah masuk ke dalam jaket.

2. Memperlancar Sirkulasi Udara

Kain pada jaket windbreaker memiliki rongga udara yang lebar. Tujuannya supaya memperlancar sirkulasi udara, sehingga pemakai merasa nyaman dan tidak terlalu berkeringat saat beraktivitas.

3. Melindungi Suhu Tubuh

Dengan memakai jaket windbreaker, suhu tubuh bisa tetap stabil terutama ketika cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Bahan yang tipis juga tidak akan membuat penggunanya terasa gerah.

4. Digunakan untuk Olahraga

Nilai tambah bagi kamu yang memakai jaket windbreaker saat berolahraga. Sebab, jaket ini mampu meningkatkan performa ketika bergerak sehingga aktivitas olahraga tetap berjalan lancar tanpa terganggu oleh kondisi cuaca.

5. Sebagai Fashion Statement

Bukan hanya sebagai pelindung tubuh, jaket windbreaker juga bisa menambah kesan pada outfit. Jaket ini punya banyak pilihan warna dan desain yang modis sehingga cocok digunakan sebagai fashion item di berbagai kesempatan. Bahkan kamu juga sudah bisa custom sendiri.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Waterproof agar Tidak Rusak

Bagaimana Cara Mencuci Jaket Windbreaker?

bagaimana cara mencuci jaket windbreaker

Ikuti tahapan mencuci jaket windbreaker melalui cara berikut:

1. Amati Laundry Tag

Para produsen jaket pasti sudah menyertakan laundry tag di dalam atau luar pakaian, Pastikan sudah bisa tahu simbol dan cara mencuci yang sesuai dengan bahan tertentu.

2. Gunakan Air Dingin

Lebih baik cuci jaket windbreaker secara manual dengan menggunakan air dingin dan deterjen cair. Hindari penggunaan sikat dan menggosok terlalu keras supaya tidak cepat luntur.

3. Cara Menjemur

Setelah dicuci, jaket jangan diperas terlalu kencang. Biarkan jaket digantung supaya aliran air bisa turun hingga jaket sudah mulai kering.

4. Bersihkan Noda

Jika kamu akan mencuci dengan memakai mesin cuci, gosok kotoran yang menempel terlebih dahulu. Kamu juga bisa pakai sikat berbulu halus dan menggunakan deterjen cair di tiap titik noda bandel.

Baca Juga: Cara Mencuci Hoodie dan Perawatannya

Bagaimana Tips Mencuci Jaket Windbreaker Agar Tidak Cepat Rusak?

Mencuci jaket windbreaker memerlukan sedikit kehati-hatian karena bahan yang digunakan pada jaket ini biasanya tipis dan sensitif. Namun, dengan mengikuti instruksi yang tepat, jaket windbreaker dapat tetap terjaga kualitasnya dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

1. Lebih Baik Cuci dengan Tangan

Bahan pada jaket windbreaker akan mudah mengkerut jika tidak dicuci dengan tepat. Pemakaian dry cleaning juga sebaiknya hindari, dan jangan mengeringkan pakaian secara langsung dibawah sinar matahari.

2. Hindari Pelembut atau Pewangi Pakaian

Hal ini disebabkan karena akan merusak fitur water repellent pada jaket. Jadi, gunakan deterjen saja.

3. Setrika Pada Suhu Rendah

Setelah jaket sudah kering, pastikan jaket disetrika dengan suhu setrika rendah. Jangan menggosok setrika langsung ke bahan jaket, karena bisa merusak kain.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

Bagaimana Cara Merawat Jaket Windbreaker?

Perawatan pakaian dengan tepat bisa buat fashion item tetap awet dalam jangka panjang. Berikut adalah tipsnya:

1. Simpan Jaket dengan Benar dan Tetap

Menyimpan jaket windbreaker harus di tempat yang kering dan teduh. Hindari penggunaan lemari yang lembab. Tips lain, jangan menumpuk jaket dengan benda berat di atasnya. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada bentuk jaket dan bahan kain.

2. Bersihkan Noda dengan Cepat

Bila jaket tidak sengaja terkena noda, segera bersihkan dengan lap yang lembut dan sedikit air hangat. Hindari penggunaan bleaching dan sikat keras yang bisa merusak bahan jaket.

3. Hindari Kontak dengan Benda Tajam atau Kasar

Jaket windbreaker punya bahan yang tipis sehingga rentan robek atau tergores oleh benda tajam seperti pisau.

4. Jangan Dilipat

Lipatan pada jaket akan mudah terlihat. Jadi, cobalah untuk merapikan lewat teknik gulung atau pakai foldable jacket sebagai alternatif.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Kulit Sendiri yang Benar

Demikian tadi informasi lengkap tentang cara mencuci jaket windbreaker yang akurat. Di luar itu, memilih jaket windbreaker dengan bahan terbaik juga punya andil dalam ketahanan pada pakaian. Pastikan untuk cek Tshirtbar yang menyediakan berbagai model jaket, pakaian serta merchandise item lainnya sekarang juga.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225