Last Update: May 20th, 2021 at 12:12 pm

Cara Mencuci Jaket Parasut yang Mudah

Jaket parasut adalah jaket yang terbuat dari benang super tipis dengan serat yang sering disebut microfibre sebab seratnya lebih rapat dan kecil dari pada besar tetesan air, bahkan lebih tipis daripada sehelai rambut. Sebelum mencuci jaket parasut kesayangan kamu, perlu dipahami bahwa jaket parasut memilik fitur sebagai berikut: jaket ini cepat kering karena tidak punya karakter untuk meretensi air. Air biasanya langsung jatuh ke bawah, sehingga jaket ini sangat mudah kering. Berbeda dengan jaket berbahan polyester atau katun biasa yang membutuhkan waktu lama untuk kering.

Jaket berbahan parasut juga memiliki karateristik waterproof atau kedap air, namun ada juga yang hanya bersifat water repellent atau tahan air. Maka kita perlu berhati-hati mencuci agar karakteristik ini tidak hilang sesudah dicuci.

Kita juga harus berhati-hati dengan temperatur, sehingga berhati-hati jika ingin menyetrika. Sebab dikhawatirkan bisa merusak serat kain jaket. Lalu bagaimana cara mencuci jaket parasut yang mudah? Yuk cari tau caranya dibawah ini

 

  1. Sebelum memulai untuk mencuci jaket parasut, tutup resleting rapat-rapat, kendurkan tali karet dan tali lainnya. Bersihkan debu-debu atau kotoran yang menempel pada jaket. Jika menemukan noda yang menempel, oleskan deterjen ke bagian noda dan gosok perlahan sampai bersih. Pisahkan jaket parasut dan campurkan ke cucian dengan warna serupa. 
  2. Rendam jaket parasut ke dalam larutan air yang sudah dicampur dengan deterjen. Hindari penggunaan pemutih pada cucian jaket parasut karena berpotensi menurunkan kualitas warna jaket parasut. Jika tidak menggunakan mesin cuci, jaket bisa dikucek perlahan di dalam rendaman dan didiamkan selama 20 menit. Sebelum diangkat. 
  3. Namun jika menggunakan mesin cuci, masukan ke dalam mesin cuci dan atur setting mesin cuci untuk mencuci dengan lembut atau gentle. Atur temperatur mesin cuci agar tidak dicuci dengan temperatur panas karena berpotensi merusak serat kain parasut. Gunakan setting hangat. 
  4. Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih atau mencampurkan pemutih ke cucian karena akan merusak kualitas warna jaket parasut. 
  5. Setelah jaket selesai dicuci dan dibilas, angkat jaket dan goyangkan agar airnya mengalir turun semua. Karena jaket parasut tidak bersifat menyimpan air, maka air akan lebih cepat keluar dari kain. 
  6. Gantung jaket di jemuran dan biarkan sampai kering. Jaket parasut tidak membutuhkan waktu lama untuk kering sempurna berbeda dengan bahan kain lainnya. Jika hendak memasukan jaket ke mesin pengering, maka berhati-hatilah dengan setting mesin. Pastikan perputaran pada setting yang lemah dan temperatur yang hangat. Namun jauh lebih disarankan agar untuk membiarkan jaket mengering secara alami. Pastikan setting waktunya tidak terlalu karena jaket parasut cepat kering ditakutkan akan melalui pengerin berlebihan dan berpotensi merusak jaket. 
  7. Jaket parasut tidak mudah lecek, lakukan setrika pada bagian dalam dengan temperatur yang hangat. Hindari menyetrika dibagian sablon agar sablon tetap awet. Sablon pada jaket parasut tidak memiliki adesif sekuat jika diaplikasikan ke kaos. 

Tshirtbar.id menjual jaket parasut dengan berbagai jenis bahan mulai dari parasut WP, despo dan taslan yang semuanya bisa diprint dengan printing sublimasi atau polyflex. Cocok dipakai untuk berolah raga atau sehari-hari. Kamu bisa memesan jaket parasut dengan desain yang kamu inginkan dan tanpa minimal order. Yuk tunggu apalagi segera hubungi tim sales kami di sini.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *