Cara Mencuci Jaket Kulit Sendiri yang Benar

Bahan kulit adalah cukup populer dipakai untuk bahan dasar jaket. Karena jaket kulit terlihat sangat eksklusif, menahan cuaca dingin dengan baik dan tahan lama. Bahan kulit biasanya sangat sulit untuk didapat terutama kulit dengan kualitas bagus, karena bahan kulit biasanya didapat dari hewan yang proses pengambilan kulitnya tidak mudah dan memakan waktu. Satu jaket kulit yang bagus bisa berkisar harga jutaan bahkan belasan juta. Oleh karena itu kita perlu menyediakan waktu lebih untuk merawat jaket kulit agar tahan lama.

Sebelum mencuci jaket kulit, perlu diketahui bahwa mencuci bahan ini tidak sama dengan mencuci jaket biasa. Contohnya ialah jaket ini tidak bisa dicuci dengan mesin cuci atau dikucek kasar. Karena mesin cuci dapat berpotensi untuk merusak permukaan bahan jaket kulit.

Baca juga: Cara Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet

Lalu juga hindari menyetrika jaket kulit. Panas berlebih secara langsung pada jaket dapat membuat bahan cepat rusak dan pecah-pecah. Jika sudah rusak makan akan sulit diperbaiki atau akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk diperbaiki.

Secara umum, mencuci jaket kulit tidak jauh berbeda dengan membersihkan produk berbahan dasar kulit lainnya, seperti tas, sepatu dan lain-lain. Jika memungkinkan, gunakan jasa pembersih produk kulit untuk membersihkan barang-barang kita yang terbuat dari bahan kulit.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

Untuk mencuci jaket kulit, ada dua cara yang kita bisa lakukan:

  1. Pertama adalah dengan menyiapkan mangkuk yang diisi dengan air dan deterjen cair. Lalu gunakan lap untuk dicelupkan dan diusap ke jaket, terutama ke bagian yang terkena banyak kotoran. Basuhkan ke seluruh bagian jaket sampai bersih. Setelah itu, gunakan lap basah bersih untuk membilas semua residu sabun dari permukaan jaket sampai bersih.
    Setelah sabun sudah dilap bersih dari permukaan bahan jaket, gunakan lap kering untuk membersihkan daerah yang basah sampai kering. Untuk pengeringan gantung jaket dan biarkan kering secara alami, hindari penggunaan mesin pengering atau dryer untuk mengeringkan jaket.
  2. Kedua adalah menggunakan semprotan khusus pembersih jaket atau biasa disebut dengan leather cleaner. Cairan ini bisa dibeli di toko online atau pembersih tas, di dalamnya terkandung campuran pembersih kulit dan pelembut kulit. Untuk menggunakannya, semprotkan ke lap atau permukaan jaket dan bersihkan jaket dengan lap ke seluruh permukaan jaket. Setelah rata, gunakan lap bersih untuk membersihkan sisa cairan pembersih sampai bersih. Setelah dibersihkan, bahan jaket akan terlihat lebih mengkilap dan bersih. Jangan gunakan air tambahan untuk membersihkan jaket sebab metode ini memang dilakukan dengan keadaan kering. Jika jaket agak kotor, maka ulangi pembersihan sampai bersih.

cara mencuci jaket kulit

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Waterproof agar Tidak Rusak

Jaket kulit sendiri terdiri dari dua bahan utama, yaitu kulit alami dan kulit sintetis, secara umum kulit sintetis lebih mudah dirawat dan harganya pun lebih murah. Kulit sintetis biarpun tidak lebih eksklusif dari bahan kulit alami, bisa dicustom dengan beberapa jenis printing seperti DTF atau polyflex. Bahan kulit sintetis bisa menahan panas langsung yang diperlukan untuk merekatkan printing ke bahan.

Di Tshirtbar kamu bisa membawa bahan kulit kamu untuk di print dengan DTF atau polyflex, atau kamu juga bisa print dengan sublimasi jika berwarna dasar putih. Asalkan bahan kulit yang kamu bawa adalah kulit sintetis. Untuk informasi lebih lanjut hubungi sales kami di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Sumber:

https://www.wikihow.life/Clean-a-Leather-Jacket 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *