Last Update: July 8th, 2021 at 1:15 pm

Cara Mencuci Hoodie dan Perawatannya

Menggunakan hoodie sudah menjadi pakaian sehari-hari baik itu hanya untuk bergaya, ataupun menjaga kehangatan tubuh dari cuaca yang dingin. Diberi nama hoodie sebab jaket ini memiliki topi kupluk di belakangnya untuk menutupi kepala, yang berguna untuk melindungi kepala dan leher dari hembusan angin ataupun air hujan. Hoodie biasanya terbuat dari bahan fleece, baik itu fleece yang terdiri dari 100 persen katun, CVC atau 100 persen polyester, dan modelnya biasanya berbentuk pullover dan memiliki kantong di perut atau memiliki resleting di tengah atau zipper.

Walaupun terlihat seperti jaket biasa pada umumnya, sebenernya perlu diketahui bahwa merawat dan mencuci hoodie tidaklah mudah, terutama jika hoodie tersebut terbuat dari bahan fleece 100% katun karena bahan ini cukup rentan dan membutuhkan cara yang khusus untuk merawatnya. Jika tidak, maka bahannya akan cepat rusak dan jadi tidak nyaman untuk dipakai kembali. Contohnya, bahan fleece katun bisa menjadi belel atau teksturnya jadi kasar jika kita masukan ke mesin pengering dengan temperatur tinggi. Bahkan ukurannya bisa menciut dan akan tidak muat untuk dipakai.


Lalu bagaimana cara mencuci hoodie dan merawatnya dengan baik? Di bawah ini terdapat 5 langkah yang bisa kamu coba untuk mencuci hoodie kesayangan kamu.

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu, pisahkan dan campurkan hoodie ke dalam cucian yang memiliki warna serupa. Sebagai contoh jika hoodie berwarna hitam maka disarankan dicuci berbarengan dengan pakaian lain yang berwarna hitam. 
  2. Jika hoodie memiliki noda di area tertentu, maka sebelum dicuci, usapkan deterjen ke bagian noda tersebut, atau gunakan bubuk soda atau cuka lalu diamkan selama 20 menit hingga satu jam sebelum kita masukan ke dalam cucian lainnya. 
  3. Jika memungkinkan, hindari penggunaan mesin cuci dan deterjen kiloan. Gunakan deterjen yang berkualitas dan cuci dengan cara direndam dan dikucek seperlunya sampai bersih. Jika mengharuskan kita memasukan hoodie ke dalam mesin cuci maka setela pengaturannya agar tidak mencuci terlalu kasar dan gunakan air bertemperatur dingin. Apabila menggunakan air bertemperatur tinggi maka kemungkinan serat kain untuk rusak akan tinggi. 
  4. Saat memasukan ke dalam cucian, agar melindungi permukaan kain bagian luar baliklah bagian dalam hoodie ke arah luar sehingga yang terekspos dengan baju lainnya adalah sisi dalam hoodie tersebut. Ini akan membuat permukaan kain hoodie lebih awet, tidak mudah kaku dan berbulu serta melindungi sablon hoodie tersebut. 
  5. Setelah pencucian selesai dan baju sudah dibilas sampai bersih. Saatnya pengeringan, untuk pengeringan akan sangat disarankan untuk menghindari mesin pengering, terutama jika settingnya bertemperatur tinggi. Karena akan merusak serat kain dan membuat hoodie semakin cepat menciut, dan jika sudah menciut akan sulit untuk dikembalikan seperti semula. Sebaiknya pengeringan dilakukan dengan cara dijemur diudara bebas. Namun guna menjaga warna hoodie agar tidak rusak akibat sinar UV, disarankan untuk menghindari sorotan sinar matahari langsung. 

Setelah kering, angkat hoodie dari jemuran dan kita bisa menyetrikanya sebelum kita simpan di dalam lemari. Untuk proses setrika, hindari melakukan setrika dibagian sablon karena dapat merusak sablon tersebut, lebih baik untuk menyetrika bagian dalam hoodie tersebut.

Simpan hoodie di dalam lemari dan rapi. Siapkan kapur barus dan letakan beberapa di dalam lemari agar menyerap udara lembap dan menghambat pertumbuhan jamur pada permukaan hoodie.

Tshirtbar.id menyediakan hoodie berkualitas yang terbuat dari bahan katun dan polyester, yang kamu bisa pesan dengan desain yang kamu inginkan. Kamu bisa custom hoodie berkualitas tinggi dengan print polyflex yang awet dan berkualitas di tshirtbar.id, dengan desain kamu dan tanpa minimum order. Tunggu apalagi, segera hubungi kami di sini dan dapatkan penawarannya!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *