Last Update: September 12th, 2022 at 3:21 pm

Begini Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Awet

Mencuci baju yang berwarna putih memang harus lebih hati-hati. Baju berwarna putih sangat mudah menjadi kusam dan berwarna kekuningan. Selain itu, baju putih saat terkena noda akan sangat mencolok dan pasti akan terlihat. Biasanya noda pada baju putih cukup sulit dihilangkan dan saat berhasil hilang masih terdapat sisa noda yang bisa membuat baju terlihat tidak akan menarik lagi. Lalu bagaimana cara mencuci baju putih agar tetap awet?

Sebenarnya baju putih bisa tetap awet jika dirawat dengan benar. Namun, perhatikan juga aktivitas Anda karena jika cukup ceroboh pastinya baju putih akan mudah terkena noda dan menjadi kotor. Jika ingin baju putih Anda tetap awet, coba dahulu melakukan tips cara mencuci baju putih agar tetap awet berikut ini.

1. Sortir Pakaian Sesuai Warnanya Sebelum Dicuci

Salah satu kesalahan fatal yang cukup sering dilakukan yaitu mencuci baju putih dengan baju yang berwarna. Sebelum mulai mencuci sebaiknya sortir terlebih dahulu pakaian sesuai dengan warnanya. Mencuci baju putih dengan baju berwarna bisa meningkatkan risiko luntur. Jadi untuk menghindari baju putih Anda terkena lunturan dari baju lain, sebaiknya pisahkan saat mencucinya. Meskipun harus mengeluarkan pekerjaan ekstra, tapi cara ini harus dilakukan jika Anda ingin baju putih tetap awet dan terlihat seperti baru.

Baca Juga: Cara Mencuci Jersey Original Tanpa Merusak Sablon

2. Pilih Deterjen yang Tepat

Saat mencuci baju tentunya deterjen adalah bahan yang sangat penting. Jika Anda salah pilih deterjen tentunya bisa membuat pakaian menjadi cepat rusak. Jadi sebaiknya gunakan deterjen khusus yang memiliki kandungan optical brightness jika ingin membuat baju putih tetap awet. Kandungan optical brightness bisa membuat kain akan selalu tampak putih dan memudarkan warna kekuningan.

3. Jangan Mencuci Baju Putih dalam Jumlah yang Banyak

Apakah Anda sering mencuci baju langsung dalam jumlah yang sangat banyak? Ternyata hal tersebut bisa membuat baju menjadi cepat rusak dan warnanya juga bisa menjadi mudah pudar. Sebaiknya cucilah baju putih Anda sedikit-demi sedikit karena kotoran bisa terangkat dengan sempurna. Meskipun mencuci dengan mesin cuci sangat praktis dan mudah, tapi sebaiknya tetap kucek baju putih Anda agar tidak ada kotoran yang masih menempel.

4. Kucek Baju pada Bagian Tertentu

Sebelum memasukkan baju putih Anda ke dalam mesin cuci, sangat disarankan untuk mengucek bagian tertentu yang biasanya sering tekena kotoran atau menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Bagian-bagian tersebut seperti kerah baju, bagian ketiak, lipatan tangan, kantong pakaian, dan sebagainya. Debu serta kotoran pada area tersebut kemungkinan akan lebih sulit dibersihkan apabila pencucian baju putih hanya dilakukan menggunakan mesin cuci.

5. Gunakan Air Hangat Saat Membilas

Mencuci dengan air hangat rupanya bisa membantu membuat baju putih tetap awet. Air dengan suhu yang hangat bisa melepaskan minyak tubuh dan bahkan kotoran membandel yang menempel pada baju. Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, cobalah untuk merendamnya dalam air hangat selama beberapa saat. Kemudian kucek sebentar dan pastinya noda bisa diangkat lebih mudah. Menggunakan air hangat sangat direkomendasikan jika Anda ingin merawat baju putih tetap awet seperti baru.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih 

6. Gunakan Bahan Pemutih Pakaian

Selain membilas menggunakan air hangat, Anda juga bisa menambahkan bahan pemutih pakaian setelah dibilas menggunakan air dingin. Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan cairan pemutih adalah, jangan merendam baju terlalu lama pada cairan pemutih. Setelah baju direndam selama kurang lebih 15 menit, bilas kembali menggunakan air.

7. Menambahkan Cairan Asam Cuka atau Lemon

Guna mendapatkan hasil cucian baju putih yang lebih maksimal, Anda juga dapat menambahkan cairan cuka atau perasan lemon saat membilas. Zat asam dari cuka atau lemon dapat menghilangkan noda yang menempel pada pakaian putih. Caranya pun cukup gampang, Anda hanya perlu mencampurkan satu cangkir kecil perasan lemon atau cuka putih ke air bilasan.

8. Jemur Baju di Bawah Sinar Matahari

Menjemur baju juga sangat perlu diperhatikan. Setelah mencuci pakaian, sebaiknya langsung jemur baju dan tidak menumpuknya jika masih dalam keadaan sedikit basah. Jika ingin baju putih lebih awet juga sebaiknya selalu jemur di bawah sinar matahari langsung dan tidak menjemurnya di tempat yang teduh. Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari rupanya bisa membantu untuk mencerahkan baju yang jemur. Namun, sebaiknya juga jangan terlalu lama saat menjemurnya, jika baju sudah kering sebaiknya segera langsung angkat baju.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Waterproof agar Tidak Rusak

9. Simpan dengan Benar

Meskipun cara mencuci Anda sudah benar, tapi jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar. Pasalnya jika Anda menyimpan baju dengan cara yang salah maka bisa membuat baju menjadi lebih mudah rusak dan bahkan timbul jamur. Untuk baju putih sebaiknya disimpan dengan cara digantung menggunakan gantungan pakaian yang terbuat dari plastik. Hindari menggunakan gantungan baju yang terbuat dari besi karena bisa menimbulkan noda karat yang menempel pada baju. Noda karat pada baju putih sangat mencolok dan mengatasinya cukup sulit. Jadi sebaiknya hindari hal tersebut dengan menggunakan gantungan baju dari bahan plastik atau kayu.

Itulah cara mencuci baju putih yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Menggunakan beberapa cara di atas pastinya bisa membuat baju putih milik Anda terlihat lebih awet dan warnanya tidak akan berubah menjadi kusam.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.