10 Cara Mencuci Baju Baru dengan Baik agar Awet

Belajar cara mencuci baju baru tidaklah sulit. Proses pencucian pakaian dengan benar sangat berpengaruh pada daya tahan pakaian tersebut. Karena sebenarnya, baju baru tidak direkomendasikan untuk dipakai begitu saja.

Langkah pertama adalah menentukan apakah setiap item pakaian benar-benar perlu dicuci. Meskipun sudah teratur untuk mencuci, tapi banyak jenis pakaian bisa dipakai lebih dari sekali sebelum perlu dicuci.

Untuk mengetahui cara mencuci pakaian baru, simak informasi berikut.

Bagaimana Cara Mencuci Baju Baru?

bagaimana cara mencuci baju baru

Pakaian baru selalu menghadirkan kesan menarik. Menampilkan nuansa segar, bersih, dan serasa ingin segera memakainya. 

Pakaian yang terpajang di rak toko mungkin telah disentuh oleh banyak orang, sehingga wajar untuk mencucinya sebelum digunakan. Meskipun terlihat bersih, pakaian tersebut dapat mengandung berbagai jenis kotoran, bakteri, dan polutan yang sebaiknya tetap diwaspadai. Ini dia tahapannya:

1. Cabut Label Harga

Sebelum mencuci pakaian baru, penting sekali untuk menghapus semua label harga yang ada pada pakaian tersebut. Label ini biasanya digantung atau menempel pada baju, yang bisa mengganggu penampilan jika tidak dibuka.

Setelah langkah ini selesai dan label harga sudah dihapus, kamu dapat mencuci pakaian sesuai dengan bahan baju yang digunakan.

2. Cek Juga Label Perawatan

Pastikan selalu periksa laundry tag pakaian untuk ikuti petunjuk yang tepat. Jika pakaianmu menampilkan simbol cuci tangan, yang menggambarkan tangan di dalam bak berisi air, ikuti panduan berikut ini untuk membersihkan pakaian dengan tangan. Namun, jika label perawatan menandakan “dry-clean only”, sebaiknya hindari mencuci pakaian tersebut di rumah. 

Selain cara mencuci, kamu juga perlu cek apakah baju boleh diperas atau tidak. Serta cek juga suhu air yang pas untuk mencuci.

3. Pisahkan Beberapa Pakaian

Sortir pakaian baru berdasarkan warna dan jenis kain untuk mencegah perubahan warna dan kerusakan yang tidak diinginkan saat proses pencucian.

4. Gunakan Deterjen yang Sesuai

Pilih deterjen yang cocok dengan jenis kain dan warna pakaian, dan hindari deterjen yang mengandung pemutih atau bahan keras yang berpotensi merusak pakaian.

5. Gunakan Air Dingin

Bila instruksi pencucian tidak menyebutkan suhu air tertentu, lebih baik gunakan air dingin atau ketimbang air panas. Suhu rendah lebih lembut pada serat pakaian dan membantu mencegah perubahan bentuk atau ukuran pakaian.

Baca Juga: Penyebab Kaos Putih Menguning dan Cara Mengatasinya

6. Hindari Menumpuk Baju Saat Mencuci

Jangan mengisi mesin cuci atau pengering terlalu penuh dengan pakaian baru. Mengisi mesin dengan beban yang terlalu banyak dapat menimbulkan beban berat pada mesin cuci dan pakaian. Sehingga proses pencucian tidak bisa bersih maksimal. Hal ini juga berlaku pada mesin pengering.

7. Pisahkan Tiap Bahan

Baju yang terbuat dari katun, denim atau sebagainya lebih baik dipisah saja. Hal ini akan meminimalisir risiko baju terkena luntur pewarna bahan.

8. Hindari Proses Pengeringan yang Berlebihan

Beberapa pakaian baru lebih cocok untuk dijemur daripada dikeringkan di mesin pengering, terutama yang terbuat dari kain yang lebih sensitif.

9. Setrika Jika Dibutuhkan

Jika perlu, setrika pakaian baru dengan menggunakan suhu yang sesuai untuk jenis kainnya.

10. Baju Sudah Siap Digunakan

Sekarang, kamu sudah bisa pakai baju baru. Jangan lupa untuk rapihkan terlebih dahulu dengan setrika. Gunakan berbagai gaya pada outfit secara keseluruhan.

Bagaimana Tips Merawat Baju Baru agar Tidak Cepat Rusak?

tips merawat baju baru

Sumber: Pinterest

Meskipun mencuci pakaian baru terlebih dahulu reot, manfaat yang didapat jauh lebih besar daripada effort yang dikeluarkan. 

Dengan ikuti tips ini, kamu bisa menjaga pakaian baru jadi lebih tahan lama:

1. Bersihkan Segera Spot Kotor

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Entah terkena kotoran makeup atau bahan makanan, segera hilangkan hanya di bagian noda saja. Hal ini dilakukan agar noda tidak lama menempel, sehingga masih bisa dibersihkan.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju Sablon Agar Tidak Luntur dan Rusak

2. Jangan Gunakan Bleaching

Cuka adalah alternatif yang lembut dan efektif untuk pemutih pada pakaian berwarna putih. Berbeda dengan pemutih yang bisa kasar dan merusak, cuka dapat mencerahkan pakaian dan secara efektif menghilangkan bau yang tidak sedap.

3. Cek Kualitas Pewarna Pakaian

Salah satu metode paling sederhana untuk menghindari masalah perpindahan warna saat mencuci adalah dengan melakukan uji luntur warna. Caranya, basahi kapas dan gosokkan pada bagian dalam pakaian. Jika kapas tetap putih, maka kamu bisa tahu bahwa warna pakaian tidak akan luntur selama proses pencucian.

4. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Tujuannya adalah untuk mempertahankan kecerahan warna dan menghindari pemudaran yang cepat. Dengan mengurangi frekuensi pencucian setiap kali digunakan, kamu dapat memperpanjang masa pakai pakaian. Namun, jika pakaian masih dalam kondisi cukup bersih, cukup jemurlah dengan angin untuk menjaga kualitasnya.

5. Balik Pakaian Ketika Dijemur

Saat mencuci, balikan pakaian terlebih dahulu. Saat menjemur juga perlu dibalik agar warna baju baru tidak mudah luntur. Hindari juga menjemur matahari secara langsung supaya serat kain tidak mudah rusak

6. Pisahkan Baju Berdasarkan Warna

Cara terbaik dalam mencuci pakaian untuk pertama kalinya adalah dengan memilahnya berdasarkan warna dan mencucinya secara terpisah. Selain itu, sebaiknya balikkan pakaian untuk melindungi pewarna agar tidak luntur rusak saat proses pencucian. Gunakan juga deterjen yang lembut dan cuci dengan air dingin.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Noda Maskara di Baju dengan Mudah

7. Jangan Terlalu Lama Disimpan

Menyimpan pakaian terlalu lama di lemari akan menimbulkan bau apek. Nantinya, malah makin repot karena harus dicuci kembali. Pakailah pakaian secukupnya dan jika baju sudah digunakan lebih dari dua kali, sebaiknya langsung dicuci.

Berikut tadi tips lengkap cara mencuci baju baru dan tips merawatnya. Jangan lupa selalu perhatikan caranya, dan menggunakan produk pakaian berkualitas. Tentunya bisa kamu dapatkan di Tshirtbar!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217