Last Update: September 12th, 2022 at 3:29 pm

Cara Memutihkan Baju Putih yang Terlihat Kusam

Berikut ini adalah tips cara memutihkan baju putih yang terlihat kusam, karena baju yang berwarna putih sangat disukai oleh banyak orang. Selain sangat mudah dipadukan dengan jenis pakaian yang lainnya, baju berwarna putih juga bisa digunakan di segala kesempatan. Jika ingin terlihat formal, bisa menggunakan kemeja berwarna putih. Sedangkan kaos yang berwarna putih bisa membuat penampilan terlihat lebih kasual dan simple.

Meskipun baju berwarna putih sangat disukai karena bisa digunakan di segala acara, tapi sayangnya baju berwarna putih juga sangat mudah kotor dan terlihat kusam. Saat salah mencuci baju yang berwarna putih bisa menjadi mudah berwarna kuning dan tampak kusam. Selain karena cara mencuci yang tidak tepat, baju warna putih juga bisa menjadi kusam jika terlalu sering dipakai atau bahkan karena terlalu lama disimpan di lemari pakaian.

Jika saat ini Anda memiliki baju putih yang terlihat kusam, tidak perlu khawatir lagi karena hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara mudah. Inilah beberapa cara memutihkan baju putih yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Lemon

Buah lemon biasanya dikonsumsi untuk menambah vitamin C pada tubuh. Padahal buah yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pemutih pakaian yang sudah kusam. Jika Anda memang ingin memutihkan baju dengan bahan yang alami dan menghindari bahan kimia, maka buah lemon wajib untuk dicoba. Cara menggunakannya juga mudah dan simple. Anda hanya perlu memeras lemon dan mengumpulkan airnya dalam suatu wadah. Kemudian persiapkan air hangat di dalam baskom dan campurkan dengan air perasan lemon. Masukkan baju putih dalam campuran air tersebut dan rendam selama beberapa jam. Setelah direndam, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih ya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

2. Baking Soda

Baking soda pastinya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Namun, baking soda biasanya digunakan untuk tambahan membuat makanan. Sebenarnya baking soda memiliki banyak fungsi dan salah satunya bisa dimanfaatkan untuk memutihkan baju secara alami. Tambahkan saja baking soda secukupnya pada wadah yang sudah berisi air. Kemudian masukkan baju putih dan rendam selama beberapa jam. Bahan yang satu ini tidak hanya bisa mengembalikan warna putih pada baju saja karena ternyata baking soda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada baju. Bahkan, baking soda juga mengandung antiseptic yang bisa membuat baju bebas dari bakteri jahat.

3. Cuka Putih

Cara memutihkan baju putih lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan cuka putih. Bahan yang satu ini pastinya sangat mudah dicari dan bahkan bisa ditemukan di dapur setiap rumah. Cuka memang cukup sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengolah makanan. Akan tetapi dibalik rasanya yang asam itu ternyata cuka juga bisa digunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah kusam. Campurkan 2 cangkir cuka putih dengan air dalam suatu wadah. Kemudian masukkan baju putih Anda dan rendam hingga beberapa jam. Baju putih yang kusam warnanya akan kembali putih dan bahkan aromanya akan lebih sedap karena cuka putih juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

4. Boraks

Boraks atau yang sering dikenal dengan pengawet makanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan baju yang sudah kusam. Tidak hanya mengembalikan warna putih baju saja karena juga bisa menghilangkan noda membandel yang ada di baju. Rendamlah baju putih Anda dengan campuran air dan boraks, pastinya noda akan hilang dan baju bisa kembali berwarna putih.

5. Garam

Bukan hanya sebagai bahan alami masakan saja, garam juga dinilai cukup efektif sebagai alternatif cara memutihkan baju dan menghilangkan noda secara alami. Hal itu dikarenakan kandungan senyawa garam yang dapat menyerap minyak serta mencegah noda pada baju putih semakin menyebar.

Cara memutihkan baju putih dengan menggunakan garam sangat simpel. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air dingin, lalu rendam baju putih kurang lebih selama satu jam. Setelah direndam, bilas pakaian tersebut dan cuci menggunakan deterjen seperti biasa.

6. Sabun Cuci Piring

Cara memutihkan baju putih yang terlihat kusam berikutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan warna kusam pada baju putih sangat efektif untuk dicoba. Selain itu, teknik ini tidak akan membuat warna pakaian luntur.

Untuk mencuci pakaian putih Anda menggunakan sabun cuci piring, hanya dengan mencampurkan air, sabun cuci piring, dan deterjen. Rendam pakaian selama 10-15 menit, lalu kucek perlahan dan dibilas seperti biasa. Sabun cuci piring memiliki kandungan bahan yang lebih aman dan ringan dalam merawat serat kain agar tidak cepat rusak.

7. Aspirin

Tahukah Anda, bahwa memakai aspirin juga bisa membantu mengembalikan warna baju putih kembali cerah dan bersih dari noda kusam. Caranya, siapkan beberapa butir aspirin banyaknya baju atau sebanyak 500 miligram, lalu campurkan ke dalam dua ember air panas. Jika perlu, hancurkan tablet aspirin terlebih dulu agar lebih cepat larut. Kemudian rendam pakaian putih yang kusam ke dalam larutan tersebut selama 24 jam atau semalaman. Terakhir, bilas dan cuci seperti biasa pada keesokan harinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

8. Pemutih Pakaian

Bahan berikutnya yang lain yang tentunya dapat Anda gunakan untuk memutihkan baju adalah cairan pemutih pakaian. Pemutih pakaian dapat menghilangkan noda kuning pada baju putih Anda dengan cepat dan instant. Untuk melakukannya, Anda hanya mencampurkan air dengan cairan pemutih pakaian sesuai aturan yang ada di kemasan, lalu rendam selama 20-30 menit. Bilas dengan air dan cuci menggunakan deterjen, serta jemur di bawah sinar matahari langsung.

Baju berwarna putih memang sangat rentan kusam dan terkena noda. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

One response to “Cara Memutihkan Baju Putih yang Terlihat Kusam”

Leave a Reply

Your email address will not be published.