Last Update: October 8th, 2020 at 11:31 pm

Cara Memutihkan Baju Putih yang Terlihat Kusam

Berikut ini adalah tips cara memutihkan baju putih yang terlihat kusam, karena baju yang berwarna putih sangat disukai oleh banyak orang. Selain sangat mudah dipadukan dengan jenis pakaian yang lainnya, baju berwarna putih juga bisa digunakan di segala kesempatan. Jika ingin terlihat formal, bisa menggunakan kemeja berwarna putih. Sedangkan kaos yang berwarna putih bisa membuat penampilan terlihat lebih kasual dan simple. 

Meskipun baju berwarna putih sangat disukai karena bisa digunakan di segala acara, tapi sayangnya baju berwarna putih juga sangat mudah kotor dan terlihat kusam. Saat salah mencuci baju yang berwarna putih bisa menjadi mudah berwarna kuning dan tampak kusam. Selain karena cara mencuci yang tidak tepat, baju warna putih juga bisa menjadi kusam jika terlalu sering dipakai atau bahkan karena terlalu lama disimpan di lemari pakaian. 

Jika saat ini Anda memiliki baju putih yang terlihat kusam, tidak perlu khawatir lagi karena hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara mudah. Inilah beberapa cara memutihkan baju putih yang bisa Anda lakukan di rumah.

Lemon

Buah lemon biasanya dikonsumsi untuk menambah vitamin C pada tubuh. Padahal buah yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memutihkan baju yang sudah kusam. Jika Anda memang ingin memutihkan baju dengan bahan yang alami dan menghindari bahan kimia, maka buah lemon wajib untuk dicoba. Cara menggunakannya juga mudah dan simple. Anda hanya perlu memeras lemon dan mengumpulkan airnya dalam suatu wadah. Kemudian persiapkan air hangat di dalam baskom dan campurkan dengan air perasan lemon. Masukkan baju putih dalam campuran air tersebut dan rendam selama beberapa jam. Setelah direndam, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih ya.

Baking Soda

Baking soda pastinya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Namun, baking soda biasanya digunakan untuk tambahan membuat makanan. Sebenarnya baking soda memiliki banyak fungsi dan salah satunya bisa dimanfaatkan untuk memutihkan baju secara alami. Tambahkan saja baking soda secukupnya pada wadah yang sudah berisi air. Kemudian masukkan baju dan rendam selama beberapa jam. Bahan yang satu ini tidak hanya bisa mengembalikan warna putih pada baju saja karena ternyata baking soda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada baju. Bahkan, baking soda juga mengandung antiseptic yang bisa membuat baju bebas dari bakteri jahat.

Cuka

Cara memutihkan baju putih lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan cuka. Bahan yang satu ini pastinya sangat mudah dicari dan bahkan bisa ditemukan di dapur setiap rumah. Cuka memang cukup sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengolah makanan. Akan tetapi dibalik rasanya yang asam itu ternyata cuka juga bisa digunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah kusam. Campurkan cuka dengan air dalam suatu wadah. Kemudian masukkan baju putih Anda dan rendam hingga beberapa jam. Baju yang kusam warnanya akan kembali putih dan bahkan aromanya akan lebih sedap karena cuka juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

Boraks

Boraks atau yang sering dikenal dengan pengawet makanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan baju yang sudah kusam. Tidak hanya mengembalikan warna putih baju saja karena juga bisa menghilangkan noda membandel yang ada di baju. Rendamlah baju putih Anda dengan campuran air dan boraks, pastinya noda akan hilang dan baju bisa kembali berwarna putih. 

Baju berwarna putih memang sangat rentan kusam dan terkena noda. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

One response to “Cara Memutihkan Baju Putih yang Terlihat Kusam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *