5 Cara Memperbaiki Serat Kain yang Rusak dengan Mudah

Jangan khawatir jika benang menggumpal atau sebagainya. Nyatanya ada cara memperbaiki serat kain yang rusak untuk membuatnya tampak indah kembali. Serat kain adalah bahan dasar untuk membuat helaian kain. Jenis serat kain ada dua, yaitu dari bahan alami dan bahan buatan. Contoh serat alami yang paling umum ditemui misalnya linen, sutra, wol, goni, dan lainnya.

Sementara untuk buatan biasanya dijumpai menjadi kain poliester, rayon, dan lainnya. Setiap jenis tentu memberikan fungsi berbeda ketika menjadi pakaian.

Masalahnya, terkadang serat kain pada pakaian mengalami kerusakan. Walaupun pada dasarnya hanya kerusakan kecil, namun ini sangat mengganggu nilai keindahan sebuah pakaian.

Oleh karena itu, agar serat pakaian terawat dengan baik sebaiknya ketahui cara memperbaiki serat kain serta tips untuk menjaganya tetap indah. Berikut ini uraiannya.

Bagaimana Cara Memperbaiki Serat Kain yang Rusak?

Umumnya kerusakan pada serat pakaian terjadi karena benang yang tertarik atau munculnya gumpalan setelah dicuci. Ini bisa terjadi karena kesalahan saat mencuci ataupun tersangkut saat menggunakannya. Namun tenang saja, kamu bisa mencoba cara berikut ini jika mengalami kejadian serupa.

1. Menggunakan Amplas

Ampelas memiliki tekstur kasar sehingga bisa digunakan untuk mengatasi serat yang menggumpal. Caranya adalah dengan menggosokkan bagian kain yang menggumpal secara pelan.

Lakukan gerakan menggosok dengan cara yang lembut agar tidak merusak bagian pakaian lain. Jangan lupa untuk mengecek gumpalan kain berulang kain hingga hilang.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Kain yang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Walaupun memakan waktu, namun cara ini cukup efektif. Terlebih jika tidak memiliki alat khusus untuk mengatasi gumpalan pada serat pakaian.

2. Menggunakan Gunting

Gunting adalah alat yang paling mudah untuk ditemui. Umumnya hampir semua orang memiliki gunting, sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya. Alat ini bisa digunakan untuk memperbaiki serat yang ketarik ataupun menggumpal.

Caranya dengan menggunting bagian yang tampak keluar dari pakaian. Namun, penggunaannya harus hati-hati agar tidak merusak bagian lainnya. Sebaiknya pilih gunting dengan ujung kecil, seperti yang digunakan oleh penjahit.

3. Menggunakan Pisau Cukur

Punya pisau cukur di rumah, ini bisa juga digunakan untuk memperbaiki serat kain. Caranya adalah dengan membentangkan bagian pakaian yang rusak.

Kemudian lakukan gerakan mencukur dengan alat tersebut pada bagian tersebut. Lakukan dengan hati-hati dan lembut agar tidak merusak bagian lainnya.

Pastikan juga bahwa mata pisau yang digunakan tajam. Jika mata pisau tumpul maka bisa berakibat kerusakan malah semakin parah nantinya. Selain itu pastikan bahwa kondisi alat kering dan bersih agar tidak meninggalkan noda di pakaian.

4. Menggunakan Bahan Velcro

Jika kamu memiliki bahan velcro di rumah, maka ini bisa dimanfaatkan. Umumnya bahan velcro dijumpai sebagai pengait. Permukaannya kasar dan ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gumpalan pada serat pakaian.

Caranya dangan dengan menempelkan bagian velcro pada gumpalan. Jika sudah menempel kemudian tarik. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga gumpalan serat menghilang.

5. Membeli Alat Khusus

Jika ingin memperbaiki serat kain dengan cara paling tepat, sebaiknya beli alat khusus. Saat ini ada banyak produk untuk memperbaiki serat. Misalnya saja alat cukur benang yang bisa menghilangkan benang-benang halus pada pakaian.

Kemudian juga ada alat lain seperti sisir sweater yang memang dikhususkan untuk serat seperti wol atau rajut. Lalu, juga ada batu sweeter khusus untuk menghilangkan gumpalan pada serat pakaian.

Baca Juga: 4 Ciri-ciri Serat Kapas, Kelebihan, Serta Kekurangannya

Bagaimana Tips Merawat Serat Kain agar Awet?

Jika ingin pakaian tetap indah, maka harus pandai merawat agar serat pakaian tidak rusak. Kerusakan umumnya dialami saat proses mencuci pakaian. Oleh karena itu, coba perhatikan hal berikut untuk merawat serai kain tetap awet.

1. Pilah Pakaian Berdasarkan Warna Serat Kain

Sebaiknya pisahkan antara serat kain berwarna putih dan berwarna cerah. Ini untuk menghindari resiko luntur. Terlebih ada beberapa jenis serat yang warnanya mudah luntur saat dicuci.

Jika disatukan dengan pakaian putih tentunya ini akan merusak. Serat kain seperti jenis poliester merupakan tipe yang rentan luntur. Selain itu serat berbahan rajut seperti wol juga sebaiknya dicuci secara terpisah dan tidak menggunakan mesin cuci.

2. Batasi Penggunaan Pemutih

Penggunaan pemutih juga tidak bisa dilakukan pada semua jenis serat, terutama serat alami. Pemutih akan merusak warna pada serat alami sehingga bisa membuat pakaian tampak kusam.

Contoh bahan dari serat alami misalnya sutra, wol, linen, kapas, goni, dan lainnya. Pada jenis tersebut sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan pemutih.

Sementara untuk jenis serat buatan dapat dicuci dengan menggunakan pemutih. Akan tetapi, tetap harus memperhatikan jumlah penggunaannya terutama pada pakaian berwarna cerah.

3. Pilih Deterjen Berkualitas

Pemilihan jenis deterjen juga penting untuk merawat serat kain tetap awet. Pilih deterjen berkualitas yang tidak merusak kain dan dapat menjaga kebersihan kain.

Selain itu penggunaan deterjen untuk mesin cuci dan cuci tangan juga berbeda. Sebaiknya pilih deterjen lembut dan tinggi higienis jika tipe serat kain mengharuskan dicuci dengan tangan.

4. Tambahkan Pelembut

Tips merawat serat kain tetap awet selanjutnya adalah menambahkan pelembut saat mencuci. Pelembut pakaian dapat membuat serat kain tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Selain itu, pelembut pakaian aman digunakan karena tidak merusak tekstur dan warna serat pakain.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Baju yang Perlu Kamu Tahu!

Pakaian menjadi lebih awet dengan mengetahui cara memperbaiki serat kain dan tips merawatnya. Selain itu, pemilihan jenis serat kain juga harus dilakukan secara selektif. Jika ingin pakaian berkualitas maka harus beli ke tempat jual baju yang berbahan dasar serat kain premium. Tentunya kualitas pun sudah tak perlu kamu ragu. Cek Tshirtbar untuk info detail menarik lainnya!

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *