Cara Memindahkan Saldo E-Money ke Rekening dengan Mudah

Kemajuan teknologi memiliki peranan penting dalam perkembangan perekonomian Negara. Salah satu aspek tersebut adalah cara bertransaksi. Sehingga banyak orang mencari tahu cara memindahkan saldo e-money ke rekening dengan mudah.

Kartu dengan segudang fungsi menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Banyak akses pembayaran bisa dilakukan dengan e-money tersebut. Mulai dari membayar tol, pembayaran transportasi modern hingga membayar biaya parkir.

Hal tersebut memudahkan metode pembayaran berbagai transaksi tanpa tunai. Kamu hanya memerlukan aplikasi uang elektronik dalam bentuk aplikasi. Selain itu uang tersebut bisa dengan mudah ditransfer ke berbagai platform keuangan lainnya.

Tak heran jika kelebihan tersebut dipilih oleh banyak orang sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tanpa harus pergi ke bank atau atm terdekat, kamu bisa pindahkan saldo ke rekening sendiri.

Apa Itu E-Money?

apa itu e money

Uang elektronik merupakan sistem penyimpanan uang yang bekerja sama dengan pihak perbankan sehingga bisa digunakan untuk transaksi. Sistem keuangan ini termasuk tinggi keamanannya karena sulit diretas.

Sejumlah saldo uang bisa kamu simpan dalam uang elektronik, kamu hanya perlu membawa bentuk fisik berupa kartu jika ingin melakukan transaksi.

Kartu tersebut memiliki sebuah chips yang fungsinya mirip dengan kartu ATM. Banyak bank besar di Indonesia sudah mengeluarkan bentuk e-money yaitu BRI-Brizzi, BCA-Flazz, Mandiri E-money dan BNI Tapcash.

Cara untuk mendapatkan kartu tersebut pun relatif mudah. Pertama, kamu bisa datang ke bank langganan yang biasa digunakan untuk pembuatan kartu uang elektronik tersebut. Selanjutnya pengisian saldo bisa dilakukan dengan mudah melalui bank tertentu.

Kedua, banyak store offline yang sudah bekerja sama terhadap pengeluaran bentuk transaksi tersebut. Salah satunya store Alfamart, Indomaret, Lawson dan banyak toko lainnya sudah bekerja sama dalam penerbitan e-money tersebut. Bahkan sudah ada jasa custom e-money dan bisa top up sekaligus.

Baca Juga: 5 Manfaat E Money, Alat Pembayaran Modern yang Praktis

@tshirtbarid

Yuk print kartumu! bisa custom yang kamu inginkan, pengerjaan cepat!!!!#print #uv #emoney #fyp #xyrbca #xyrcba #fyp #kartu #emoney #customized

♬ MONEY – 리사 (LISA)

Selanjutnya, e-commerce terkenal mengeluarkan kemudahan lain dalam penerbitan bentuk transaksi tersebut. Tokopedia, Lazada hingga Shopee sudah bisa diakses untuk pembelian tanpa harus keluar rumah karena kartu akan dikirim melalui jasa ekspedisi.

Selain itu, biasanya jasa transportasi yang sudah menggunakan mesin canggih untuk scan pembayaran ikut menerbitkan bentuk transaksi tersebut.

Apa Saja Fungsi E-Money?

fungsi e money

Maraknya pengguna uang elektronik membuat segala transaksi berubah menjadi tanpa tunai. Namun banyak fungsi dibawah ini menjadi keuntungan tersendiri dalam metode pembayaran. Apalagi waktu transaksi relatif lebih cepat dibanding dengan tunai.

1. Pembayaran pada Gerbang Tol

Sejak Oktober tahun 2017 sistem pembayaran tol mulai diberlakukan uang elektronik. Wakau masih menerima bentuk tunai, namun antrian panjang menjadi kendala karena waktu yang dibutuhkan proses tersebut lumayan lama.

Jika kamu menggunakan kartu elektronik, tinggal tempel chip tersebut pada mesin scan di gerbang tol hanya memerlukan waktu beberapa detik. Saldo dalam e-money akan terpotong secara otomatis, namun pastikan saldo tersebut memadai untuk transaksi.

2. Parkir Mall

Berbagai kecanggihan fasilitas diberikan oleh para penyedia layanan. Tidak terkecuali pada fasilitas biaya parkir berbagai mall. Hal ini digunakan untuk mengefisienkan waktu keluar pada gerbang parkir.

Hal diatas juga berfungsi agar antrian kendaraan yang keluar, apalagi kendaraan mobil yang memerlukan ruang di tempat tersebut.

3. Berbagai Store Offline yang Memiliki Mesin support

Metode cashless sudah digunakan toko dalam kurun waktu yang lama. Dimulai dari penggunaan kartu debit maupun kredit, lalu penggunaan dompet digital dengan scan QR hingga saat ini marak digunakannya e-money.

Dalam satu kartu bisa digunakan oleh banyak transaksi, sehingga kamu tidak perlu pusing untuk memilih kartu mana yang bisa digunakan di toko tertentu.

4. Media Transportasi Modern

Transportasi dengan akses digital sudah marak digunakan. Sehingga kamu hanya perlu scan sebelum turun. Metode ini sangat efektif untuk mengurangi kemacetan saat penumpang naik maupun turun.

Selain itu mendukung protokol pemerintah tentang pengurangan transaksi tunai guna menghindari penyebaran virus penyakit.

Baca Juga: E Money Custom : Inovasi Baru Kartu Pembayaran Elektronik

Bagaimana Cara Memindahkan Saldo E-Money ke Rekening

Saldo yang tersimpan dalam kartu digital bisa kamu gunakan namun dengan syarat tertentu. Dimana perlu digunakan dompet digital agar saldo tersebut bisa diteruskan dalam rekening pribadi kamu. Ikuti langkah dibawah ini dengan seksama.

  1. Memastikan jumlah saldo kartu tersebut bisa diambil dan mencapai batas minimal penggunaan. Selain itu perhatikan jumlah biaya transfer yang akan dikenakan.
  2. Pilih media transfer yaitu berupa e-wallet atau dompet digital sebagai perantara seperto Dana, Shopee, OVO dsb.
  3. E-Wallet tersebut perlu pengisian saldo melalui store terdekat (Indomaret, Alfamart) menggunakan kartu elektronik.
  4. Jika saldo e-wallet sudah bertambah kamu bisa melakukan transfer ke rekening pribadi.
  5. Lanjutkan proses dengan memilih transfer rekening baru atau sudah terdaftar sebelumnya.
  6. Sesuaikan nominal dengan keinginan.
  7. Pastikan rekening sudah benar dan nominal sesuai dengan saldo.
  8. Silahkan lanjutkan proses masukan pin, sehingga proses transfer tersebut selesai.
  9. Saldo E-wallet akan otomatis terpotong dengan biaya tambahan tertentu.

Saldo yang tersisa pada kartu e-money memang sayang jika tidak digunakan. Hal tersebut memerlukan media transfer dengan dompet digital untuk cara memindahkan saldo e-money ke rekening dengan mudah.

Berbagai kemudahan sudah diberikan oleh e-money untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa ribet. Selain itu penggunaan sisa saldo juga masih bisa digunakan dengan mudah. Tentunya saldo bisa dipindahkan saat dibutuhkan.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Buat E Money Custom

Tshirtbar menyediakan banyak pilihan e-money mulai dari Mandiri, BCA Flazz, BRIzzi dan BNI Tapcash dan kamu juga bisa custom e-money dengan desain sendiri, hubungi tim sales Tshirtbar sekarang juga!

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *