Last Update: July 8th, 2021 at 9:36 am

Cara Membuat Topper Kue Sendiri

Kue ulang tahun biasanya dibuat dengan bermacam dekorasi seperti bentuk yang menarik dan lucu. Semakin menarik maka yang menerima kue tersebut akan lebih bahagia atau terkejut melihatnya. Selain tulisan dan bentuk yang menarik, kue ulang tahun juga biasanya dihiasi dengan topper kue atau sebuah hiasan yang terbuat dari bermacam bahan seperti akrilik, kayu atau plastik yang dihiasi dengan stiker. Cake topper ini membuat tampilan kue semakin menarik, serta dapat memeriahkan dan menghidupkan suasana, serta berperan sebagai penunjang dari dekorasi kue tersebut.

Bagaimana cara membuat topper kue sendiri?

Sebelum mengetahui cara membuat topper kue sendiri, penting untuk kita mengetahui bahan apa yang akan di pakai. Biasanya dalam membuat topper kue terdapat banyak pilhan bahan yang bisa kamu pakai, yaitu bahan akrilik, kayu dan plastik.

Dengan bahan akrilik

Bahan akrilik biasanya memiliki ketebalan 2.5 mm sehingga tidak terlalu tebal atau tipis, cukup kokoh untuk berdiri dengan desain yang agak rumit. Kelebihan bahan ini adalah bisa memiliki warna yang menarik termasuk warna silver dan emas. Selain itu akrilik juga cukup kuat dan kokoh. Harganya pun relatif terjangkau. Proses pembuatannya ialah dengan memakai lembaran bahan akrilik yang dipotong sesuai bentuk desain menggunakan mesin laser.

Dengan bahan kayu

Bahan kayu plywood harus sedikit lebih tebal dari akrilik yaitu 3 mm karena cenderung lebih lemah daripada akrilik. Namun bahan kayu plywood memberikan kesan yang lebih klasik dan mewah, biarpun hanya memiliki satu warna saja yaitu warna kayu tersebut. Kayu plywood sendiri menjadi jenis kayu pilihan karena permukaannya yang halus dan tidak memiliki serabut. Prosesnya mirip seperti akrilik di mana lembaran kayu plywood dipotong sesuai dengan bentuk yang diingnikan menggunakan mesin potong laser.

Dengan bahan plastik

Bahan plastik yang biasanya ditempeli stiker juga sering menjadi pilihan topper kue. Bahan plastiknya biasa sudah memiliki bentuk yang cukup baku seperti contohnya bulat atau persegi panjang, lalu bagian polosnya bisa diberikan stiker yang kita inginkan, contoh seperti stiker nama, tanggal, karakter kartun favorit dan lain-lain.

Proses pemotongan

cara membuat topper kue sendiricara membuat topper kue sendiri cara membuat topper kue sendiri cara membuat topper kue sendiri

 

 

 

 

 

Proses pemotongannya dimulai dari menggunakan software grafis desain seperti Adobe Illustrator lalu memindahkannya ke software mesin potongnya. Nanti laser akan memotong lembaran media pilihan sesuai dengan desain yang ada. Lalu sisa-sisa media bahan yang tidak terpakai akan dibuang.

Bagaimana? Ternyata proses pembuatan cake topper ternyata tidak terlalu sulit bukan? Asalkan kita memiliki bahan dan alat yang memadai. Namun jika anda menemukan kesulitan untuk membuat topper kue sendiri yang unik atau tidak memiliki waktu serta alat yang memadai, di Tshirtbar anda bisa membuat custom cake topper di bahan kayu atau akrilik dengan harga yang terjangkau semua dengan desain sendiri.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *