Yuk Cari Tahu Cara Membuat Tas Mini

Tas mini, atau biasa juga disebut dengan pouch, saat ini cukup digemari sebagai salah satu fashion item populer. Fungsinya sendiri untuk menyimpan barang yang bentuknya kecil dan bentuknya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebenarnya, cara membuat tas mini cukup mudah untuk dipraktikkan sendiri dirumah. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dan langkah membuatnya? Simak ulasannya berikut.

 

Kenali dulu bahan yang tepat

Sebelum menginjak ke cara membuat tas mini yang unik, ada baiknya Anda mengetahui bahan yang baik digunakan untuk tas ini. Intinya, Anda bisa menggunakan bahan yang kuat, tidak mudah kusut, dan mudah untuk dibersihkan. Setidaknya, ada beberapa bahan terbaik untuk membuat tas mini atau pouch, di antaranya:

 

  • Kain blacu

Kain ini tidak memiliki warna dan termasuk kain yang ramah lingkungan. Keunggulan lainnya adalah sifat kain yang fleksibel dan mudah untuk dibersihkan. Kain blacu masih dibedakan lagi dalam beberapa jenis, mulai dari kain blacu PE, kain blacu twill, kain blacu katun paris, dan kain blacu katun tebal. 

 

  • Kain kanvas

Biasanya, kain kanvas digunakan untuk media lukis karena memiliki serat yang cukup tebal dan kuat. Namun, kini kain kanvas sering digunakan sebagai bahan membuat tas mini. Hal ini karena sifatnya yang tidak mudah kusut dan tahan dalam, cocok dipakai dalam segala kondisi. Beberapa jenis kain kanvas yang bisa dibuat menjadi tas mini adalah kanvas katun dan kanvas PE.

 

  • Kain denim

Kain ini digunakan karena karakternya yang kuat dan tidak mudah rusak. Dari segi penampilan, kain denim akan membuat tas mini menjadi keren dengan gaya vintage. Anda bisa memilih jenis dry denim dan prewashed denim untuk dijadikan  bahan utama dari cara membuat tas mini atau pouch yang unik.

 

Cara membuat tas mini dari kain perca

Setelah Anda mengetahui bahan yang tepat, kini saatnya memulai membuat pouch yang menarik. Cara membuat tas mini dari kain perca cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bahan yang diperlukan dan memulai langkahnya, seperti berikut ini.

  • Bahan yang diperlukan

  1. Kain perca polos atau dengan berbagai macam motif agar semakin menarik
  2. Untuk dalaman, Anda bisa menggunakan kain kanvas polos
  3. Gunting
  4. Jarum jahit dan benang jahit

 

  • Langkah pembuatan

  1. Buatlah pola pada kain untuk memudahkan dalam pemotongan pouch. Sesuaikan ukurannya sesuai dengan yang Anda inginkan, bisa dalam bentuk yang kecil atau cukup besar untuk menyimpan lebih banyak barang.
  2. Guntinglah kain perca yang sudah ditandai mengikuti pola yang dibuat.
  3. Jangan lupa sisakan setidaknya 1-2 cm kain.
  4. Gabungkanlah bahan-bahan tadi secara berurutan; kain perca motif, zipper, dan kain kanvas.
  5. Lipat kain tadi, di mana posisi kain kanvas ada pada bagian luar.
  6. Kemudian, satukan ujung tas mini menggunakan jarum jahit.
  7. Pastikan semua bagian terjahit dengan baik, lalu balik kain hingga tampilan motif berada di bagian luar.
  8. Tas mini siap digunakan.

 

Cara membuat tas mini dengan resleting

Pouch resleting ini memiliki ukuran tersendiri agar Anda mudah menggunakannya. Biasanya dibuat dalam ukuran 22×14 cm. Berikut cara membuat tas mini dengan resleting yang bisa Anda coba.

  • Bahan dan alat yang diperlukan

  1. Benang dan jarum jahit
  2. Penggaris dan gunting
  3. Mesin jahit
  4. Set cutter
  5. Setrika
  6. Kain perca motif bunga dan polkadot
  7. Resleting
  8. Pelapis atau iron on batting

 

  • Langkah pembuatan

  1. Potonglah kain yang sudah disiapkan sesuai dengan ukuran dan letakkan batting di kain bermotif bunga pada bagian belakangnya tepat di sisi tengah dan jaraknya sekitar 1 cm pada masing-masing sisi. Kemudian, gunakan iron on batting berperekat di sisinya.
  2. Buatlah penutup untuk ujung resleting. Di sini, Anda perlu menyiapkan potongan kain dengan ukuran 8×4 cm. Lipat menjadi dua menuju arah tengah. Lipat lagi kedua ujung sekitar 1 cm dan sematkan di ujung resleting. Anda bisa menyematkannya menggunakan jarum dan jahitlah sebagai penutupnya. Begitu pula untuk ujung resleting lainnya.
  3. Letakkan resleting terbalik dan sejajar pada ujung atas kain motif bunga dari depan. Lalu, letakkan kain motif polkadot saling berhadapan dengan motif bunga. Sejajarkan pada bagian atas dan sematkan dengan jarum
  4. Buka kedua kain, lipat, dan letakkan di antara ujung dan jahitlah pada bagian lainnya.
  5. Jahit lurus pada sisi terbuka, baik kanan maupun kiri, hingga terpasang. Rapikan sisanya dan tas mini pun siap digunakan.

Bagaimana, cara membuat tas mini sendiri di rumah cukup mudah, bukan? Anda bisa juga mendapatkan tas mini terbaik untuk souvenir cantik dengan menggunakan jasa Tshirtbar. Dibuat dengan menggunakan bahan terbaik, tas mini ini dapat Anda jadikan pilihan untuk keperluan bisnis maupun sehari-hari. Selamat mencoba!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *