Cara Membuat Stiker Tempel dengan Mudah

Stiker tempel punya banyak sekali fungsi, terutama dalam hal promosi dan pemasaran. Tidak heran kalau medium yang satu ini cukup sering digunakan beberapa pebisnis untuk meningkatkan awareness pada produk, bisnis, atau bahkan brand mereka. Stiker yang disertakan dalam packaging produk sebagai souvenir juga bisa jadi alat promosi brand yang efektif. Apalagi jika stiker dibuat dengan desain yang unik. Cara membuat stiker tempel ini sebenarnya cukup mudah. Bahkan, Anda sendiri dapat membuat stiker tempel di rumah. Berikut beberapa langkah atau cara membuat stiker tempel yang bisa Anda lakukan.

 

Mulai dengan desain

Langkah pertama untuk membuat stiker tempel adalah dengan membuat desain tentu saja. Jika Anda kurang pandai menggambar atau menggunakan aplikasi desain grafis, jangan khawatir. Masih ada banyak aplikasi desain yang bisa diandalkan untuk meracik desain yang Anda inginkan. Selama Anda sudah memiliki konsep dan ide, tidak akan terlalu sulit untuk merancang desain.

 

Anda pun dapat menggunakan aplikasi di smartphone untuk mendesain stiker. Aplikasi seperti Logo Creator & Graphic Maker atau Infinite Design Free bisa jadi pilihan Anda. Kedua aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda membuat desain stiker yang kemudian bisa Anda cetak dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

Pertimbangkan media stiker akan ditempelkan

Mempertimbangkan medium aplikasi juga penting dalam poin cara membuat stiker tempel. Medium aplikasi di sini maksudnya media tempat stiker ini akan ditempelkan. Bisa saja ditempelkan di kertas, kayu, besi, atau yang lain. 

 

Penting untuk Anda mempertimbangkan hal ini di awal sebelum mencetak stiker tempel tersebut. Poin pertimbangan ini nantinya akan menentukan jenis kertas atau material stiker seperti apa yang akan Anda pilih. Termasuk juga pertimbangan apakah stiker yang dibuat akan bersifat anti air atau tidak. 

 

Pilih kertas sesuai desain

Selanjutnya, poin cara membuat stiker tempel yang juga tidak kalah penting adalah memilih kertas atau material stiker yang tepat. Ada beberapa jenis material stiker yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa di antaranya;

 

  1. Stiker tempel tahan air

Seperti namanya, material yang satu ini memiliki durabilitas cukup tinggi karena tahan air (waterproof). Ini dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari plastik. Umumnya, stiker ini digunakan untuk stiker produk makanan basah, minuman, atau frozen food.

 

  1. Stiker vinyl

Stiker jenis vinyl ini ada dua macam, yakni vinyl putih dan vinyl transparan. Stiker vinyl putih memiliki background putih, glossy, punya tekstur mirip plastik, lentur, dan tahan suhu. Sementara vinyl transparan memiliki kelebihan yang sama, namun background-nya transparan.

 

  1. Stiker kertas

Jenis stiker kertas adalah yang paling umum dan mudah ditemukan serta bisa dibuat sendiri dengan bermodalkan printer di rumah Anda. Namun, ketahanannya sangat terbatas karena mudah rusak dan robek kalau basah.

 

Cetak stiker dengan menggunakan printer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cara membuat stiker tempel, terutama yang berbahan kertas sangatlah mudah. Bahkan, Anda dapat menggunakan printer biasa di rumah. Tinggal siapkan kertas stiker dengan ukuran yang dibutuhkan.

 

Sebelum mencetak di atas kertas stiker, sebaiknya Anda coba dulu mencetak desain yang sudah dibuat di kertas HVS biasa. Tujuannya untuk melihat hasil desain setelah dicetak. Apakah ukuran dan kualitas warnanya sudah sesuai dengan keinginan Anda? Sesuaikan juga ukuran margin atau jarak antar desain stiker agar memudahkan Anda saat pemotongan nanti.

 

Setelah sudah yakin, Anda bisa mencetak desain tersebut di atas kertas stiker. Mulai dengan mencetak pada satu kertas terlebih dahulu. Jika tidak ada kesalahan, Anda bisa mulai mencetak dengan jumlah copy lebih banyak. Usai mencetak, Anda bisa mulai memotong stiker sesuai dengan bentuk yang Anda desain. Voila! Stiker tempel pun sudah siap digunakan.

Baca juga: Ini Dia Kertas Stiker Transparan yang Bisa Di Print

Itu dia cara membuat stiker tempel sederhana dengan bahan kertas. Namun, jika Anda hendak membuat stiker tempel dengan bahan stiker yang lebih kuat dan awet, Anda bisa mencoba memakai jasa print stiker dari Tshirtbar. Dengan jasa print stiker ini, Anda bebas membuat desain stiker stempel, memilih jenis stiker sesuai dengan kebutuhan Anda, memakai berbagai opsi material, tipe cutting, dan tentunya hasil stiker tempel yang lebih berkualitas.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *