Cara Membuat Sarung Bantal Lucu

Mulai dari bantal untuk tidur sampai bantal kursi, akan menyenangkan jika Anda memiliki beberapa stok sarung bantal dengan desain-desain berbeda untuk dapat diganti sewaktu-waktu. Selain dapat memberikan sentuhan keindahan di rumah, mengganti sarung bantal juga dapat menciptakan suasana baru di ruang tamu atau kamar Anda. Alih-alih membeli sarung bantal, jika memiliki waktu luang lebih, Anda dapat mencoba cara membuat sarung bantal lucu sendiri. Tentunya dengan memanfaatkan bahan-bahan dan alat yang mudah didapat. Cara membuat sarung bantal lucu juga tidak begitu sulit untuk Anda coba. Ini dia langkah-langkahnya.

 

Siapkan ide desain sarung bantal

Langkah pertama cara membuat sarung bantal lucu ini tentu saja dimulai dengan menyiapkan ide dan desain sarung bantal. Untuk ide desain, Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan keinginan Anda tentu saja. Anda juga bisa melihat beberapa ide desain bantal lucu di internet sebagai referensi. Berikutnya, Anda tinggal membuat desain kasarnya.

 

Mulailah dengan mengukur ukuran bantal yang akan dibuatkan sarungnya. Perkirakan juga volume bantal tersebut agar nantinya sarung tidak terlalu sempit atau tidak terlalu longgar saat dipasang. Beri jarak lebih untuk area yang nantinya akan dilipat dan dijahit. Kemudian, coba gambar pola kain di atas kertas pola.

 

Pilih bahan yang nyaman

Berikutnya, Anda juga harus memilih bahan kain yang akan digunakan. Ini adalah poin penting dalam cara membuat sarung bantal lucu. Ada baiknya Anda memilih jenis kain yang lembut serta ringan. Tujuannya agar bantal terasa nyaman saat dipakai, terutama saat bersentuhan dengan kulit.

 

Sementara menentukan bahan kain yang akan digunakan, Anda juga dapat menimbang motif atau warna apa yang akan Anda pilih nantinya. Pastikan memilih warna yang tidak bertabrakan dengan warna interior atau furniture Anda di rumah supaya bantal-bantal lucu Anda nantinya bisa menyelaraskan sentuhan interior dan suasana yang hendak Anda hadirkan di rumah.

 

Langkah membuat sarung bantal

Setelah memilih jenis kain yang diinginkan, berikutnya Anda tinggal menyiapkan beberapa alat pendukung lainnya, seperti gunting, benang, jarum pentul, jarum jahit, resleting atau perekat kain. Sementara untuk mesin jahit ini tidak terlalu wajib, selama Anda dapat menjahit sendiri dengan rapi menggunakan tangan.

 

Begitu bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, langkah-langkah cara membuat sarung bantal lucu bisa Anda lanjutkan. Dimulai dengan menyiapkan pola yang tadi sudah Anda gambar, lalu dijiplak ke atas kain yang akan dijadikan sarung bantal. Gambar pola disesuaikan dengan banyaknya sarung bantal yang akan dibuat.

 

Setelah itu, gunting kain sesuai pola, lipat bagian kain yang akan dijahit, dan tahan dengan jarum pentul. Kemudian, gunakan setrika panas untuk menekan bagian lipatan tersebut hingga menghasilkan tanda lipatan. Selanjutnya, Anda tinggal menjahit jahitan sarung mengikuti pola. Jangan lupa pasangkan juga resleting atau perekat kain di bagian untuk memasukkan bantal.

 

Itu dia cara membuat sarung bantal lucu yang bisa Anda terapkan sendiri. Dari cara yang dijabarkan di atas, Anda pasti sadar bahwa ada sedikit keterbatasan saat membuat sarung bantal sendiri. Mulai dari kendala batasan kemampuan menjahit sampai ketersediaan bahan atau kain yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa membuat sarung bantal lucu secara custom. Ini artinya, Anda bisa memesan sarung bantal sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Termasuk menentukan ukuran, jenis kain, hingga motif, warna atau gambar tertentu sesuai selera Anda.

 

Seperti halnya di Tshirtbar di mana Anda dapat memesan sarung bantal lucu secara custom. Ada banyak pilihan bahan kain yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa memiliki sarung bantal dengan motif apapun menggunakan teknologi digital printing. Proses pembuatannya juga cepat dan praktis.

 

Dengan desain yang tidak ada duanya, Anda tidak hanya berkesempatan mendekorasi rumah dengan memakai sarung bantal bertema tertentu. Anda juga dapat memesan sarung bantal lucu untuk dihadiahkan pada teman atau kerabat. Cukup memasukkan detail pesanan di Tshirtbar dengan memberi informasi ukuran, pilihan jenis, bahan, dan desain yang Anda inginkan.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *