Cara Membuat Krudung dan Juga Prosesnya

Bagaimana cara membuat krudung dan juga prosesnya? Bagi para muslimah, memakai krudung sudah menjadi kewajiban. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, kebanyakan muslimah membeli krudung jadi yang dijual di pasaran. Namun sayangnya, terkadang krudung di pasaran tidak sesuai dengan keinginan. Entah itu terasa kurang nyaman atau tidak sesuai dengan bentuk wajah Anda.

 

Nah, mempelajari cara membuat krudung sendiri bisa menjadi solusi. Tidak perlu khawatir, proses untuk membuat krudung hingga jadi bukanlah proses yang rumit. Anda bahkan tidak perlu menjadi penjahit dulu untuk bisa membuat krudung. Mari simak cara membuat krudung dan juga prosesnya berikut ini.

 

Menyiapkan alat-alat dan bahan

Langkah pertama dalam cara membuat krudung adalah menyiapkan alat-alat dan bahan. Tidak rumit, kok. Semuanya bisa didapat di toko kain dan toko alat jahit. Bahkan, ada kemungkinan alat dan bahan ini sudah ada di rumah Anda.

  • Kain untuk krudung. Siapkan kain setidaknya ukuran lebar 150 cm dan panjang 100 cm. Untuk kain, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada bahan diamond crepe atau wooly crepe. Bisa juga bahan ceruti, wolfis, atau sifon.
  • Gunting untuk memotong kain krudung.
  • Mesin jahit serta benang jahit.
  • Busa pet (jika ingin membuat krudung dengan pet).
  • Meteran kain untuk mengukur.

Jika semua alat dan bahan siap, Anda bisa menuju langkah selanjutnya dalam cara membuat krudung sendiri.

 

Membuat pola untuk krudung

Agar krudung buatan Anda lebih rapi dan nyaman digunakan, sebaiknya buatlah pola terlebih dulu. Sekarang ini, sudah ada banyak sekali pola krudung di internet yang bisa Anda contoh. Anda juga bisa menyesuaikan dengan ukuran sendiri agar hasil krudung lebih nyaman digunakan. Di sini, pola krudung yang digunakan adalah pola standar.

 

Mula-mul,a lipat pangkal kain bagian lebar menjadi dua sama besar hingga menjadi 75 cm dan menyisakan sisi panjang kain sebesar 100 cm. Dari sini, Anda akan mendapatkan pola yang menyerupai sebuah segitiga siku-siku.

Jika pola sudah jadi, maka guntinglah kain mengikuti bentuk tersebut. Gunting dengan cermat agar hasil krudung sesuai dengan keinginan. Tidak perlu terburu-buru, potong kain perlahan-lahan mengikuti pola hingga terbentuk dua buah potongan kain yang serupa segitiga siku-siku.

 

Membuat pola pet krudung

Bagi Anda yang suka krudung dengan pet (bagian lancip di ujung atas krudung), maka ikutilah langkah berikut. Namun jika tidak, Anda bisa melewati langkah ini. Siapkan bahan untuk membuat pet krudung. Pertama, buat pola pet krudung pada selembar kertas kosong. Ukurannya adalah lebar 4-6 cm (sesuai keinginan) dan panjang 30-40 cm (menyesuaikan bentuk kepala).

 

Jika pola sudah terbentuk, jiplak pada kain krudung. Gambar pola tersebut pada kain dengan hati-hati hingga tuntas. Jika sudah, potong kain sesuai dengan pola. Nah, sekarang Anda sudah mendapatkan pet untuk krudung.

 

Menyambungkan pet untuk krudung

Pet sudah jadi, sekarang waktunya untuk menyambungkannya dengan bagian badan krudung. Sambungkan pet dengan bagian ujung atas krudung. Ambil kain yang telah Anda sisakan sebelumnya untuk membungkus pet agar terlihat lebih rapi.

 

Jahit pet krudung secara horizontal mengikuti bentuk pet. Agar pet tidak bergeser saat dijahit, Anda bisa menahannya dengan jarum pentul. Jahitlah hingga pet benar-benar tertutup kain krudung dan tidak terlihat dari luar.

 

Menyambungkan kain krudung

Setelah pet terpasang pada krudung, sekarang waktunya menyambungkan kedua sisi krudung yang masih terpisah. Sebelum menghubungkan krudung, ukur panjang kepala hingga dagu. Gunakan ukuran tersebut sebagai acuan untuk membuat lubang wajah pada krudung.

 

Jika sudah, Anda bisa mulai menyambungkan kain krudung dari atas ke bawah (ujung krudung). Jahit perlahan dengan mesin jahit. Bila kedua sisi krudung telah terhubung, rapikan tepian krudung. Anda bisa menjahit bagian tepi krudung agar bekas guntingan kain tidak tampak dari luar.

 

Nah, sekarang krudung buatan Anda sudah jadi. Itulah cara membuat krudung sendiri di rumah. Tidak sulit, ya? Bila Anda ingin membuat krudung yang memiliki corak indah dan berbahan premium, Tshirtbar dengan layanan printing hijab siap membantu. Printing hijab akan menghasilkan krudung yang bukan saja cantik, tetapi juga unik dan berkarakter. Percantik koleksi krudung Anda dengan printing hijab Tshirtbar sekarang!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *