Last Update: September 30th, 2022 at 3:56 pm

Kenali 5 Cara Membuat Desain Baju untuk Acara Penting

Cara membuat desain baju untuk acara penting bagi sebagian orang terutama yang tidak memiliki keahlian dasar sebagai desainer mungkin bisa dibilang sulit. Namun, dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang di tahun 2022 semua bisa dilakukan untuk para pemula. Saat ini kalian bisa membuat desain hanya dengan perangkat lunak ataupun tools online yang bisa kalian temukan di internet. Contohnya adalah aplikasi Canva ataupun Adobe Ilustrator yang banyak digunakan untuk menggarap berbagai kebutuhan desain, salah satunya adalah desain baju untuk berbagai acara penting di kantor (misalnya).

Sebenarnya sudah banyak online shop yang menjual baju dengan desain yang tak kalah keren. Namun, tidak semua desainnya juga bisa diperuntukkan bagi setiap kegiatan. Atau bisa jadi artikel yang ada juga tidak sesuai dengan karakter kepribadian diri kalian sehingga di rasa kurang cocok bila kalian mengenakannya.

Tips Mengenai Cara Membuat Desain Baju Sendiri

Tips Mengenai Cara Membuat Desain Baju Sendiri

Sebelum lanjut ke tahap penggarapan, mari simak tips-tips yang bisa kalian perlukan. Supaya kalian juga tidak salah langkah sedari awal

1. Kenali bahannya 

Dalam penggarapan desain baju sendiri tentu perlu memerhatikan bahan baju apa yang akan dipakai. Pasalnya, tidak semua bahan baju juga cocok dengan jenis sablon yang ada. Bahan baju juga berpengaruh terhadap hasil cetak sablon. Maka dari itu, pentingnya mengenali jenis-jenis kain agar hasil cetak kalian bisa terlihat sempurna dan layak pakai.

2. Pahami tentang kombinasi warna

Penggunaan warna untuk desain bisa dilakukan dengan warna tunggul maupun dengan cara memadukan 2 – 3 warna sekaligus. Pastikan untuk pilihan warnanya tidak kontras supaya hasil cetaknya juga terlihat menarik dan estetik.

3. Menentukan area yang akan dipakai untuk membuat desain baju 

Menentukan area untuk desain bertujuan supaya hasilnya selaras di baju. Pilihan model baju yang akan diproses juga perlu diperhatikan sehingga hasilnya tidak saling bertabrakan. Kalian bisa memilih cetak desain sablon biasa pada umumnya ataupun menggunakan metode full print (seluruh baju).

4. Selalu lihat trend masa kini

Setiap tahun bahkan kuartal tren fashion selalu berganti setiap waktu. Pelajari trend lewat portal media atau bisa juga cari update-an terbaru di timeline sosial media. Biasanya di sana seing muncul info terkini termasuk seputar dunia fashion.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Desain Baju Polos Lengan Panjang

Apa Manfaat dari Membuat Desain Baju Sendiri?

Memakai baju dengan hasil tangan pribadi pastinya memberikan kepuasan tersendiri. Di luar itu juga banyak keuntungan lainnya yang bisa kalian peroleh ketika membuat desain baju sendiri.

1. Sebagai media untuk marketing

Banyak sekali cara alternatif untuk memamerkan suatu kegiatan maupun komunitas. Dan salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan baju. Semakin banyak orang yang pakai, maka penyebaran informasi yang ada pada kaos pun semakin luas. Contoh paling sederhana yang bisa kita lihat adalah panitia event musik yang memilih baju desain custom sebagai seragam utamanya saat acara berlangsung.

2. Menambah value

Selain menambah kepuasan tersendiri, ternyata dengan membuat desain baju sendiri juga bisa menambah nilai tambah secara ekonomi. Kaos dengan hasil kreasi pribadi juga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari kaos polos biasa. Dengan menambahkan ilustrasi desain juga berarti mencerminkan karakter pribadi kalian.

3. Menekan budget

Acara-acara penting pastinya butuh seragam dengan jumlah yang tidak sedikit. Apabila kalian akan memesan baju custom dengan jumlah, sudah pasti harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli satuan. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan anggaran yang kalian miliki.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Baju Komunitas!

Bagaimana Cara Membuat Desain Baju Untuk Acara-Acara Penting?

baju 17 agustus

Sama seperti kegiatan lain pada umumnya, memulai desain baju juga harus melalui proses panjang dari awal hingga akhir. Hasil dari imajinasi yang kita punya di dalam otak pun harus bisa terkreasikan dengan sempurna. Begini caranya:

1. Memastikan ide dan konsep

Wajar saja bila ide dan konsep sudah harus diketahui sedari awal. Penggarapan desain juga tidak lepas dari bagaimana pemilihan font maupun karakter desain dari acara ataupun kegiatan tertentu. Ide dan konsep yang telah dipikirkan secara matang juga bisa menghasilkan kreatifitas yang apik agar hasil desainnya pun terlihat sangat sempurna dan pas.Mulai perbanyak melihat referensi lewat internet

2. Perbanyak melihat referensi di internet

Karena perkembangan teknologi yang semakin berkembang juga kalian bisa mendapatkan referensi-referensi desain sebagai ide untuk membuat desain baju lewat beberapa website, misalnya lewat Pinterest atau Behance. Tujuannya juga agar wawasan kalian semakin bertambah dan variasi desain pun semakin berkembang.

3. Pahami aplikasi software-nya untuk membuat desain baju sendiri

Sebenarnya poin ini bukan melihat siapa yang paling jago desain. Namun, ketika seseorang sudah lihai dalam menguasai aplikasi desain tersebut sudah pastinya dapat membuat ilustrasinya dengan apik. Gunakan aplikasi dengan fitur-fitur yang dapat banyak membantu kalian mengerjakan desainnya seperti Canva. Lewat aplikasi tersebut kalian juga bisa mendapatkan mockup dengan mudah. Simpanlah file hasil desain kalian dengan format .png agar gambarnya tidak pecah.

4. Mintalah feedback

Jangan takut untuk meminta kritik dan saran dari teman-teman atau rekan kerja kalian. Melakukan brainstorming pada saat penggarapan juga bisa memberikan masukan yang tepat. Desain pun perlu di cek kembali sebelum melalui proses percetakan.

5. Cetak sablon baju kepada ahlinya

Bila kalian akan mencetak desain untuk baju, astikan kalian pilih tempat percetakan yang sudah terjamin kualitasnya. Pemilihan vendor untuk cetak baju juga perlu di waspadai baik dari reputasi, ketepatan waktunya maupun hasil akhirnya. Sepatutnya kalian juga jangan sampai merasa kecewa.

Baca Juga: 5 Cara Menggambar Desain Baju untuk Pemula

Aplikasi Desain Baju Bagi Pemula

Pada dunia fashion, membuat sebuah desain baju adalah suatu aktivitas yang melibatkan antara ide, skill, dan juga kreatifitas yang dipadukan menjadi satu. Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, segala hal tersebut bisa dengan mudah kita lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi yang memang dikhususkan untuk mengerjakan suatu desain salah satunya untuk baju. Bagi Anda yang masih pemula, berikut ini rekomendasi 5 aplikasi desain baju yang cukup mudah untuk dicoba.

1. Canva

Siapa yang tidak mengenal canva? Belakangan ini aplikasi yang bisa digunakan untuk hampir berbagai macam desain sangat populer bagi kalangan banyak orang. Pemakaiannya yang cukup sederhana dan memiliki berbagai tools pendukung yang lengkap membuat aplikasi ini tak hanya cocok bagi pemula, namun juga untuk desainer profesional. Anda bisa mengkombinasikan font tulisan, gradasi warna, motif, atau bahkan elemen gambar untuk mempercantik desain kaos Anda.

2. Inkscape

Aplikasi desain satu ini menawarkan fitur yang cukup lengkap dan sangat cocok digunakan untuk membuat desain di berbagai media tak hanya baju saja. Inkscape juga didukung oleh beberapa tools yang berguna untuk membuat suatu objek 3D, ellipses, spiral, stars, clone, poligon, serta teks. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa menjadi alternatif Anda sebagai pemula ketika ingin membuat desain baju.

3. Free T-shirt Maker

Sesuai dengan namanya aplikasi ini tidak akan meminta Anda untuk membayar saat ingin mendesain alias gratis. Dengan beragam fitur yang dimilikinya cukup lengkap, mudah serta menarik, hal itu akan memungkinkan Anda untuk membuat sebuah desain baju dengan dilengkapi logo bahkan tulisan.

4. GraffixPro Studio

Aplikasi GraffixPro Studio ini mempunyai beberapa fitur utama misalnya seperti font collection, artwork library, dan juga terdapat barcode scanning. Bagi Anda yang masih pemula, aplikasi ini sangat cocok karena sangat user friendly sehingga kita Akan semakin mudah dalam mendesain baju yang diinginkan.

5. Craftshirt

Tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Aplikasi craftshirt mempunyai beberapa fitur unggulan seperti editor untuk desain baju, label, warna, bahkan kemampuan untuk cutting gambar. Maka dari itu, aplikasi ini sangat bisa memudahkan Anda sebagai pengguna yang masih pemula untuk melakukan proses desain.

 

@tshirtbarid

siapa nih yang hobinya nyablon kaos? udah tau salah satu metode printingnya belum? yuk simak tentang DTF! | IG: tshirtbarid #fyp #sablonkaos #dtfprinting #sablon #sablondtf #sablonkaossatuan #fypシ

♬ Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] – Elliot Van Coup

Untuk urusan cetak baju desain sendiri, kalian bisa serahkan kepada Tshirtbar. Di sini kami juga menyedakan berbagai pilihan sablon mulai dari DTF, DTG hingga Polyflex. Informasi lebih lanjut bisa kalian tanya melalui team sales kami. Pesan dalam jumlah banyak? Jangan khawatir!

cara membuat desain baju

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat