Last Update: May 18th, 2021 at 3:45 pm

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur Mudah dan Ampuh!

Tahukah kamu jika bahan tekstil diletakkan di tempat yang lembab untuk rentan waktu yang cukup lama akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada bahan tekstil tersebut. Jika ruangan tempat penyimpanan minim sirkulasi udara, maka bakteri akan sulit keluar sehingga lebih rentan hinggap di bahan yang memiliki banyak serat, seperti kayu, kain, atau dinding. Kain adalah salah satu tempat tumbuhnya jamur yang paling umum, baik itu kain pada baju, tas, seprei, sofa dan lain-lain.

Jika kita memiliki tas berjamur, tidak bisa hanya mendiamkannya saja karena tas dan benda lain yang berjamur, dapat terbawa udara dan hinggap ke tempat lainnya, sehingga mendukung penyebaran jamur agar semakin luas lagi. Jika kita tidak cepat bersihkan, maka bukan tidak mungkin, furnitur, tembok dan benda sekitarnya termasuk tas juga akan tumbuh jamur.

Sebagai pencegahan dari munculnya jamur pada tas adalah dengan harus selalu menjaga kebersihan tas, karena tas kita pakai sebagai tempat menyimpan barang bawaan kita. Jamur akan menimbulkan bau tidak sedap dan juga akan membuat barang dibawa bau atau bahkan tumbuh jamur. Lalu bagaimana cara membersihkan tas yang berjamur? Caranya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan membersihkan baju yang berjamur, tapi kesulitan tas ialah tidak bisa dicuci mesin layaknya baju. Simak cara membersihkan tas yang berjamur dibawah ini:

1. Menggunakan borax

menggunakan boraxCara ampuh dan awet ialah dengan menaburkan borax ke daerah tas yang tumbuh jamur. Kenapa borax? Karena borax mampu melawan jamur dengan mengkonversi molekul air menjadi hidrogen peroxide sehingga mehilangkan tempat di mana jamur bisa tumbuh. Dengan begitu, jamur akan hilang. Caranya ialah dengan menggunakan air dan borax lalu menuangkannya ke bagian noda, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dan cuci dengan deterjen dan keringkan sampai tas benar-benar kering.

2. Menggunakan soda bubuk

menggunakan soda bubuk

Berbeda dengan borax, soda bubuk merupakan bahan yang cukup mudah didapat dipasaran, terutama di toko swalayan yang menjual bahan dan perlengkapan kue. Soda bubuk memiliki tingkat keasaman yang tinggi, dan ini efektif mengangkat noda yang membandel yang menempel pada kain seperti kain tas yang berjamur. Caranya ialah dengan menuangkan soda bubuk pada bagian-bagian tempat tumbuhnya jamur. Lalu kita diamkan selama 20 menit, dan dibilas sampai bersih.

3. Menggunakan cuka

menggunakan cuka

Mirip dengan soda bubuk, cuka juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga juga efektif untuk mengangkat noda membandel seperti jamur Caranya ialah dengan mencampurkan cuka dengan air lalu rendam tas selama selama 20 menit – 1 jam hinggat jamur terangkat. Setelah itu bilas tas sampai bersih.

4. Menggunakan Tea Tree Oilmenggunakan tea tree oil

Menggunakan ketiga bahan di atas memiliki resiko tersendiri, selain itu juga memiliki bau yang menyengat. Menggunakan Tea tree oil bisa menjadi alternatif yang lebih aman sebab aromanya jauh lebih bisa diterima. Cara yang dilakukan tidak berbeda jauh, yaitu dengan mencampurkan air dan tea tree oil lalu tas direndam selama 20 menit – 1 jam. Namun tea tree oil tidak mudah di dapat dan harganya terhitung relatif mahal. Tea tree oil biasanya diimpor dari Australia karena pohon tersebut tumbuh secara alami di Australia.

Setelah tas kita cuci bersih, untuk pengeringan disarankan untuk menjemur tas dibawah sinar matahari langsung. Sebab sinar matahari adalah musuh utama jamur dan sangat efektif dalam membasmi bakteri dan kuman penyebab tumbuhnya jamur pada tas.

Merawat tas yang berjamur ternyata tidak sulit bukan kan? Semoga segera menghilang noda jamur dengan tips cara membersihkan tas yang berjamur dari kami . Jika kamu ingin memiliki tas baru atau ingin membuat tas sesuai dengan desain kamu, custom tas seperti tote bag, tas fitness, pouch serut, atau tas lipat foldable bag yang bisa digunakan untuk berbelanja tshirtbar.id jagonya! Wujudkan desain impian pada tas kamu tanpa minimum order, segera hubungi tim sales kami di sini untuk dapatkan penawarannya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *