Last Update: October 7th, 2019 at 11:02 am

4 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Karena Terkena Sablon

Saat membersihkan sablon dengan menggunakan setrika, ada kemungkinan setrika Anda akan menjadi lengket karena terkena sablon. Tentu saja, hal ini tidak bisa Anda biarkan bila Anda tetap ingin menggunakan setrika tersebut. Setrika yang lengket karena terkena sablon dapat membuat baju menjadi kusut karena setrika menjadi lengket. Lebih parahnya lagi, setrika seperti ini akan meninggalkan noda hitam pada baju kesayanganmu.

Anda tidak perlu bingung, ada banyak cara kok untuk membersihkan setrika yang lengket karena terkena sablon. Nah, artikel ini akan membahas 4 cara membersihkan setrika yang lengket karena sablon. Apa saja sih? berikut informasinya!

1. Gosok Menggunakan Pasta Gigi

Salah satu cara membersihkan setrika yang lengket karena terkena sablon adalah menggunakan pasta gigi. Pasta gigi yang pasti Anda punya di rumah bisa Anda gunakan untuk mengatasi sisa sablon yang menempel pada setrika. Cara membersihkan setrika yang lengket terkena sablon sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Hal yang penting adalah melakukannya dengan telaten. Langkah-langkah sederhananya adalah sebagai berikut:

  • Ambillah pasta gigi dan oleskan secukupnya pada lapisan bawah setrika.
  • Gosok secara perlahan menggunakan kain bersih dan lembut.
  • Lakukan dua langkah di atas berulang-ulang hingga sablon yang lengket pada setrika hilang sempurna.

 

2. Oles dengan Baking Soda

Baking soda terkenal ampuh untuk menghilangkan banyak hal, salah satunya adalah menghilangkan bekas sablon yang menempel pada setrika. Penggunaan baking soda untuk menghilangkan bekas sablon pada setrika terbilang cukup efektif dan layak untuk Anda coba. Langkah-langkah sederhananya adalah:

  • Campur baking soda dengan air secukupnya.
  • Aduk campuran baking soda dan air hingga cairannya mengental membentuk pasta.
  • Oleskan pasta pada bagian setrika yang lengket karena terkena sablon

3. Gunakan Amplas

Apabila sablon yang menempel pada setrika sangat membandel, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan amplas sebagai solusi menghilangkannya. Agar Anda bisa membersihkan setrika yang lengket karena sablon menggunakan amplas tanpa menyebabkan kerusakan pada setrika, pastikan Anda menggunakan jenis amplas yang memiliki tekstur paling halus. Langkah-langkah sederhana yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Gunakan amplas dan gosokkan secara perlahan dan lembut pada bagian setrika yang lengket terkena sablon.
  • Lakukan proses di atas berulang-ulang dan tetap berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada setrika.
  • Cara ini cukup instan, sehingga waktu yang Anda butuhkan untuk membersihkan setrika yang lengkap terkena sablon dengan cara ini cukup singkat.

 

4. Oleskan Lilin

Satu lagi cara membersihkan setrika yang lengket terkena sablon, yakni lilin. Yang Anda butuhkan adalah lilin secukupnya. Jika Anda tidak punya lilin baru atau tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli lilin baru, Anda bisa menggunakan lilin yang sudah pernah Anda pakai atau tidak dipakai lagi. Selain lilin, Anda juga perlu menyiapkan selembar kain bekas. Beberapa langkah sederhana membersihkan noda sablon membandel yang menempel pada setrika adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan setrika.
  • Tunggu hingga setrika panas secara maksimal.
  • Setelah setrika panas, oleskan lilin pada permukaan setrika yang lengket terkena sablon.
  • Lap permukaan setrika yang sudah Anda olesi lilin pada kain yang sudah Anda siapkan.
  • Ulangilah langkah-langkah di atas hingga setrika terbebas dari bekas sablon.

 

Menggunakan setrika yang lengket karena terkena sablon tentu akan menyebabkan masalah pada pakaian yang tidak Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda perlu segera membersihkannya agar Anda dapat kembali menggunakan setrika seperti sedia kali. Beberapa cara membersihkan setrika yang lengket karena terkena sablon di atas bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *