Last Update: May 18th, 2021 at 2:36 pm

3 Cara Membersihkan Masker Kain yang Benar!

Semenjak pandemi Covid19 yang melanda dunia, menggunakan masker khususnya jika berada di tempat publik telah menjadi sebuah kewajiban. Oleh karena itu masyarakat saat ini memiliki banyak masker yang mereka harus kenakan setiap hari, mulai dari masker medis sekali pakai hingga masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali. Masker kain ternyata terbukti cukup efektif dalam menekan penyebaran virus dan cukup ekonomis sebab masker kain bisa dipakai berulang, sehingga menekan pengeluaran membeli masker baru dan mengurangi sampah yang muncul akibat masker medis sekali pakai.

Menggunakan masker kain walaupun dapat dipakai berulang-ulang, juga tetap harus di jaga kebersihannya dengan mengganti dan rutin mencucinya. Karena masker akan mengakumulasi bakteri dan virus yang terjadi akibat eksposur luar selama pemakaian. Dibagian dalam masker pun juga berpotensi terjadi akumulasi bakteri yang berasal dari pernapasan dan air liur kita sendiri. Oleh sebab itu banyak yang menyarankan agar tidak memakai masker yang sama lebih dari 8 jam. Lalu bagaimana cara membersihkan masker kain dengan benar agar memastikan masker aman dan higienis untuk dipakai berulang kali?

1. Hindari memakai masker yang sama terlalu lama

Pastikan kita untuk membawa masker lebih dengan kita apabila kita berada di ruang publik untuk waktu yang lama. Pastikan kita mengganti masker yang kita pakai dengan masker baru jika sudah terpakai selama 8 jam. Masukan masker lama ke tempat yang aman seperti plastik klip sehingga tidak menyebarkan kuman dan virus dengan objek lain. Langsung masukan masker yang sudah terpakai ke dalam cucian baju kotor kita.

2. Rendam masker

Masukan masker ke dalam ember yang dilarutkan dengan deterjen selama satu jam sebelum memasukan masker ke dalam cucian kotor. Hal ini memastikan agar bakteri dan virus akan hilang terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam cucian kotor sehingga mengurangi potensi penyebaran virus dan bakteri ke pakaian lainnya.

3. Cuci dengan deterjen

Pastikan kita menggunakan deterjen pilihan kita. Sebab deterjen terbukti menjadi agen pembersih kuman dan virus yang efektif hingga 99 persen. Tuangkan deterjen secukupnya ke cucian atau ke mesin cuci kita. Lalu cuci dan bilas sampai bersih.

4. Jemur masker dibawah sinar matahari langsung

Sinar matahari adalah musuh dari pertumbuhan bakteri dan virus. Sehingga untuk memastikan bahwa cucian masker kita bersih dari virus dan bakteri adalah dengan menjemurnya dibawah matahari langsung. Akan tetapi perlu diketahui bahwa menjemur masker dibawah matahari langsung berpotensi merusak serat kain masker tersebut sebab sinar UV berpotensi menyebabkan perubahan pada serat kain, seperti menimbulkan perubahan warna pada kain. Menggunakan mesin pengering bisa juga namun lebih dianjurkan apabila dijemur secara alami sebab mesin pengering juga berpotensi merusak kain masker dan bagian karet masker yang rentan terhadap kerusakan.

Setelah dicuci bersih, masukan masker ke dalam plastik pelindung agar melindungi masker bersih dan tidak terkontaminasi bakteri dan virus dari luar.

Bagaimana? Sekarang sudah mengerti dan tau bagaimana cara membersihkan masker kain dengan benar dan tepat bukan? Kamu bisa memesan masker kain custom sesuai dengan desain kamu sendiri hanya di Tshirtbar.id, tersedia masker kain fullprint masker premium, fullprint scuba masker, ataupun masker fullprint buff Segera hubungi tim sales kami di sini untuk dapatkan penawarannya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *