Last Update: August 16th, 2021 at 9:03 am

Cara Membersihkan Jaket Kulit

Jaket berbahan kulit adalah jaket yang menggunakan kulit sebagai pengganti kain yang umum dipakai untuk pembuatan jaket. Kulitnya bisa berasal dari kulit hewan seperti sapi, domba dan lain-lain.

Jaket kulit asli harganya bisa sangat mahal, karena memang proses produksi bahannya tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Proses penjahitan nya pun membutuhkan kemampuan lebih daripada menjahit jaket biasa. Selain jaket kulit asli, ada juga jaket kulit yang terbuat dari bahan sintetis. Harganya jauh lebih murah dan memang tidak memberikan kualitas yang sama dengan jaket kulit asli.

Jaket kulit pada umumnya awet dan tahan lama, namun cara merawatnya tidak lah mudah. Sebab jika tidak dirawat dengan baik, bahan kulit akan mudah rusak. Salah satu faktor utama penyebab rusaknya jaket kulit adalah pencucian dan penyimpanan yang tidak sesuai untuk jaket kulit.

Cara Membersihkan Jaket Kulit dengan Benar

Lalu bagaimana cara membersihkan jaket kulit dengan benar, berikut adalah caranya

1. Hindari mencuci dengan mesin

Jangan pernah mencoba mencuci jaket kulit dengan mesin cuci biasa sebab, ini akan berpotensi untuk merusak jaket. Permukaan bahan kulit cukup rentan terhadap gesekan dan kucekan yang kasar. Hal ini dapat menyebabkan permukaan kulit jadi rusak dan pecah-pecah.

Baca Juga: 3 Bahan Jaket yang Bagus dan Nyaman Dipakai

2. Gunakan deterjen ringan untuk membersihkan kotoran

Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan deterjen dengan air, lalu usap jaket kulit dengan lap yang sudah dicelupkan dengan deterjen dan air. Untuk membilas, gunakan lap bersih untuk menghilang sisa deterjen.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Parasut

3. Gunakan semprotan pembersih khusus jaket kulit

Semprotan ini didesain khusus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jaket kulit. Kita bisa beli di banyak tempat termasuk toko online. Penggunaannya ialah dengan menyemprotkan cairan ke jaket kulit lalu dilap sampai bersih. Bahkan kita tidak memerlukan air sama sekali. Cukup ulangi proses ini sampai jaket bersih.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

4. Gunakan pasta gigi.

Jika terdapat noda yang cukup sulit untuk dibersihkan, gunakan pasta gigi dan oleskan ke areal yang terdapat noda. Jangan menggosok, sebab bisa merusak warna bahan kulit. Setelah dioles, diamkan selama 10 detik dan bersihkan pasta gigi dengan lap yang sedikit basah dan biarkan sampai kering.

5. Gunakan alkohol.

Alkohol adalah cairan serba guna yang patut dimiliki oleh semua rumah. Termasuk untuk perawatan jaket kulit, alkohol mampu membersihkan noda membandel dan jamur yang mungkin tumbuh pada permukaan jaket. Penggunaannya harus lebih hati-hati karena kontak langsung antara alkohol dan jaket kulit bisa merusak jaket. Campur alkohol dan air dengan rasio 50:50. Gunakan lap untuk mengaplikasikan alkohol ke bagian yang memiliki noda. Noda akan menghilang pelan-pelan. Gunakan lap bersih untuk membersihkannya sisa alkohol.

6. Gunakan baking soda.

Apa yang harus dilakukan jika noda berminyak? Baking soda terbukti efektif membersihkan noda minyak di berbagai permukaan termasuk jaket kulit. Caranya ialah dengan menaburkan baking soda ke noda berminyak dan diamkan selama satu malam atau beberapa jam. Setelah itu, gunakan lap yang sedikit basah untuk membersihkan sisa baking soda

Kalau kamu sudah paham cara membersihkan jaket kulit, pastikan kamu mengenakan kaos dalaman yang nyaman dan matching dengan warna jaket kulit. Di Tshirtbar, kami menjual banyak ragam kaos polos, jaket fleece, jaket parasut dan lain-lain. Semuanya bisa dicustom dengan desain sendiri. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi  https://tshirtbar.id/custom-clothing/ dan https://tshirtbar.id/print-jaket-satuan/ 

 

Atau hubungi sales kami di www.tshirtbar.id/pesan-sekarang

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *