4 Cara Melipat Baju Untuk Traveling Agar Tidak Kusut dan Tetap Rapi

Saat akan travelling atau bepergian jauh pastinya kita akan membawa beberapa potong baju di dalam tas, namun terkadang kita tak tahu bagaimana cara melipat baju untuk travelling yang baik. Dengan teknik melipat yang tepat, pastinya baju yang kamu bawa akan lebih rapi dan tidak terlalu kusut saat dipakai.

Berikut beberapa cara mengenai cara melipat baju yang benar saat traveling, cara membawa pakaian untuk traveling hingga tips packing yang tepat untuk travelling:

Bagaimana Tips Membawa Pakaian yang Benar untuk Traveling?

Saat akan pergi traveling bersama teman atau keluarga, terkadang kita merasa bingung akan membawa pakaian yang mana. Memilih pakaian untuk dibawa traveling memang menguras pikiran, karena kamu harus benar-benar tepat memilih pakaian yang dibawa.

Jangan sampai karena terlalu bingung untuk memilih pakaian yang akan dibawa, akhirnya kamu membawa pakaian yang banyak. Hal ini pastinya tidak nyaman bukan? Selain kurang efektif, koper atau tas akan sangat penuh dengan pakaian yang belum tentu akan terpakai semua.

1. Buatlah Daftar Perencanaan Pakaian untuk Setiap Harinya

Agar memudahkan dalam menentukan pakaian mana saja yang akan dibawa, pastinya kamu bisa mulai membuat daftar perencanaan pakaian. Hal ini juga berguna agar kamu tak terlalu pusing memikirkan pakaian mana yang akan dibawa.

Usahakan buat daftar sedetail mungkin agar kamu lebih mudah untuk memilih pakaian dan segera melipatnya untuk dibawa saat traveling. Contohnya saja untuk hari pertama liburan akan memakai kemeja warna krem yang dipadukan dengan loose pants atau kulot.

2. Bawa Baju Favorit 

Saat traveling pastinya kamu ingin berpose foto dengan baju favorit yang membuat penampilanmu tampak percaya diri. Jadi sebaiknya kamu membawa beberapa baju yang menjadi favoritmu agar liburan terasa lebih berwarna.

3. Pakaian Berwarna Netral

Saat liburan usahakan untuk membawa pakaian yang berwarna netral seperti celana hitam serta kemeja atau tunik dengan warna netral. Hal ini karena dengan warna netral kamu akan mudah untuk memadukannya dengan outfit lain.

Selain itu juga warna-warna netral akan cocok saat kamu berfoto di berbagai spot foto yang ada di destinasi wisata tersebut. Dengan warna netral juga kamu tak perlu membawa banyak pakaian dan lebih praktis jadinya.

4. Pilih Baju yang Nyaman Dipakai

Tips selanjutnya adalah usahakan jika kamu membawa pakaian yang simple dan nyaman untuk dipakai ketika perjalanan atau liburan. Biasanya pakaian yang nyaman adalah pakaian yang berbahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat dan membuat badanmu adem sepanjang hari.

5. Lipat dengan Tepat

Selain itu coba untuk melipat baju dengan rapi agar koper atau tas bisa semua baju yang telah dipilih untuk dibawa saat liburan.

6. Pakaian Harus Secukupnya

Perlu diingat jika tak perlu membawa terlalu banyak baju saat liburan. Hal itu akan membuat tas sangat penuh dengan baju. Bawalah baju sesuai kebutuhan, selain itu jika menginap di hotel pastinya ada jasa laundry. Sehingga kamu bisa mencuci baju untuk dipakai secara berulang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melipat Kaos dengan Tepat?

Bagaimana Cara Melipat Baju Untuk Traveling Agar Tidak Kusut?

cara melipat baju untuk traveling

Selain tips di atas, kamu juga pastinya perlu mengetahui bagaimana caranya melipat pakaian dengan benar dan anti kusut untuk traveling. Hal ini karena dengan teknik yang tepat, kamu bisa memanfaatkan ruang tas atau koper secara maksimal. Maka berikut cara melipat baju yang tepat untuk traveling agar tidak mudah kusut:

1. Metode Gulung

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggulung pakaian yang akan dibawa untuk liburan. Cara ini juga bisa meminimalisir terjadinya kusut pada pakaian juga memaksimalkan ruang pada koper dan tas sehingga bisa lebih banyak memuat tas.

Untuk melipat baju dengan metode ini caranya adalah dengan letakkan terlebih dahulu baju tersebut di bawah. Lalu lipat bagian lengan terlebih dahulu ke bagian dalam baju setelah itu gulungkan baju tersebut dari sisi bawah hingga ke atas lalu letakan ke dalam koper.

Dengan metode ini juga celana bisa dilipat dengan cara menyatukan kedua sisi lalu lipat menjadi dua sisi lalu gulung celana dan letakan pada koper. Untuk hijab, kamu bisa melipatnya hingga berbentuk persegi panjang. Lalu segera gulung dan letakkan pada koper.

Jika semua pakaian telah kamu gulung, saatnya untuk merapikan berbagai macam perlengkapan lain seperti alat mandi, kosmetik hingga kaos kaki.

2. Metode Melipat ala Jepang

Metode melipat ala jepang ini memang terlihat agak sulit dimengerti, namun sejatinya cara ini adalah yang paling mudah. Hanya perlu beberapa gerakan lipatan saja maka baju kamu telah siap dimasukkan ke dalam koper atau tas. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bentangkan baju kamu dengan posisi terbalik di atas permukaan yang datar, seperti lantai atau meja.
  • Capit baju pada bagian tengah kiri menggunakan tangan kanan.
  • Lalu tangan kiri berguna untuk mengambil baju bagian paling atas dan melipatnya ke bagian bawah seperti biasa.
  • Ulangi metode ini untuk melipat kaus, jeans, jaket, dan pakaian lainnya.
  • Agar koper atau tas memuat barang lebih banyak, lipat kembali baju kamu dengan teknik KonMari yang dapat dijelaskan dibawah ini.

3. Metode KonMari

Selain menggunakan metode lipat ala jepang, kamu juga bisa menggunakan metode KonMari agar tas atau koper dapat memuat baju lebih banyak. Istilah KonMari berasal dari nama seseorang yang menemukan cara melipat baju ini yakni Marie Kondo. Berikut langkah-langkah melipatnya:

  • Bentangkan baju secara terbalik dan rapi di atas permukaan yang datar.
  • Lipat lengan dan baju bagian kiri ke bagian tengah.
  • Lalu, lipat lengan dan baju bagian kanan ke bagian tengah juga.
  • Lipat kembali baju dari arah bawah ke atas sehingga ukuran baju menjadi lebih kecil.

4. Menggunakan Beberapa Tas Organizer

Metode selanjutnya yang bisa dipakai adalah dengan mengelompokkan beberapa jenis pakaian dan memasukkannya pada tas organizer sesuai dengan kategorinya. Misalnya masukan semua atasan dan bawahan pada satu tas organizer dan masukan jilbab dan pakaian dalam ke satu tas organizer.

Selain itu poin plus dari metode ini adalah buat kopermu tertata dengan baik dan tampak rapi. Dan juga memudahkan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan. Pastikan untuk bawa tas khusus pakaian kotor yang berbahan plastik.

Baca Juga: Cara Melipat Kaos Lengan Panjang dengan Cepat dan Mudah

Bagaimana Cara Packing untuk Traveling Agar Aman dan Nyaman?

tips packing untuk traveling

Agar koper dapat menampung semua barang yang dibutuhkan saat travelling dengan maksimal, kamu harus bisa packing barang dengan baik. untuk itu berikut cara packing untuk traveling dengan baik agar nyaman dan aman:

1. Satukan Barang Berharga dalam Satu Handbag

Agar lebih aman, usahakan untuk meletakkan semua barang berharga seperti handphone, uang, ATM dan surat-surat penting dalam sebuah handbag yang kamu bawa terus sepanjang perjalanan.

2. Vacuum Bag

Jika kamu telah melipat baju dengan metode roll, selanjutnya kamu bisa memasukannya pada vacuum bag. Fungsi vacuum adalah untuk menyerap udara, sehingga mengurangi kapasitas ruang.

3. Bawa Barang Tertentu dalam Travel Size

Selanjutnya, kamu bisa memasukan beberapa barang seperti alat mandi, kosmetik & skincare serta obat-obatan yang dibutuhkan. Travel size bisa lebih menghemat ruang dan tidak cepat boros.

4. Gunakan Travel Bag

Agar barang-barang lebih tertata dengan baik, coba buat kelompok bagi setiap barang sesuai kategorinya. Lalu masukkan ke beberapa ransel travel bag yang berbeda. Hal ini juga memungkinkan barang dapat tertata rapi.

5. Storage Bag Organization untuk Laptop dan Kabel USB

Agar aman, gunakan storage khusus untuk menyimpan laptop dan USB dalam tas yang sama. Tips ini berguna supaya menghindari kontak fisik antara barang elektronik dengan barang lainnya. Tujuannya agar meminimalisir dari kerusakan.

6. Membawa Plastik Bungkus untuk Pakaian Kotor

Kamu juga perlu membawa sebuah tas plastik atau totebag kosong sebagai wadah untuk pakaian kotor selama traveling. Letakkan tas kosong tersebut di antara celah koper/tas yang kamu bawa, pastikan ukurannya cukup besar untuk menampung jumlah baju yang kamu bawa.

Jika kamu menginap di hotel, umumnya mereka menyediakan tas plastik untuk sampah dan laundry. Namun, tetap disarankan untuk membawa tas kosong sendiri sebagai langkah antisipasi selama bepergian.

7. Menyimpan Pakaian Sesuai Urutan Hari

Sebagai contoh, jika kamu akan berlibur selama tiga hari dan dua malam, kamu dapat mengatur penyimpanan pakaian di tas/koper sebagai berikut:

  • Pakaian untuk hari pertama dapat diletakkan di bagian paling atas tas, dalam satu set atasan dan juga bawahan.
  • Kemudian, pakaian yang akan digunakan saat tidur, alias baju tidur dapat diletakkan di bagian kedua, sehingga bisa menghemat ruang dalam tas.
  • Selanjutnya, pakaian yang akan digunakan pada hari terakhir dapat disimpan di bagian paling bawah tas.

Dengan cara ini, kamu dapat mengatur pakaian dengan rapi, tidak mudah kusut, serta lebih gampang diambil saat dibutuhkan selama traveling berlangsung.

Baca Juga: 7 Inspirasi OOTD Liburan Casual yang Stylish dan Simpel

Itulah tips dari cara melipat baju untuk traveling dengan baik dan aman tentunya. Beberapa tips dan cara yang sudah Tshirtbar rangkum tadi dapat kamu pakai saat akan traveling atau berlibur dengan keluarga atau teman. Musim liburan segera tiba, selamat berlibur!

Referensi:

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222