Last Update: May 18th, 2021 at 2:06 pm

Cara Melepas Stiker yang Sudah Kering, Akurat!

Stiker adalah salah satu media yang tepat untuk melakukan promosi organisasi, perusahaan atau sekedar lucu-lucuan seperti ekspresi pribadi. Bahan stiker vinyl yang ditemukan di pasaran pun memiliki banyak ragam merk dan jenis dan terbukti memiliki adesif lem yang sangat kuat. Kuatnya adesif atau lem pada stiker membuat stiker tidak mudah dilepaskan dan seringkali menyisakan bekas lem yang sulit dihilangkan. Seringkali karena kesulitan melepas stiker yang sudah kering, pada akhirnya hanya kita diamkan begitu saja selama waktu yang tidak sebentar.

Dengan membiarkan lem stiker lama bersisa di badan mobil, makan lemnya akan mengering karena terkena udara dan akan sulit untuk hilang. Jika kita berusaha mencungkilnya dengan benda tajam, maka akan berpotensi untuk merusak cat mobil. Hal ini menjadi dilema tersendiri ketika kita hendak menjual mobil karena akan mengurangi nilai jual mobil tersebut. Lalu bagaimana melepas stiker yang sudah terlanjur kering? Berikut adalah cara-cara yang patut untuk dicoba:

 

1. Menggunakan air hangat dan deterjen cair

Menggunakan air hangat dan deterjen cair

Basuhi stiker dengan air hangat yang dicampur dengan deterjen cair sampai merata lalu diamkan stiker selama beberapa menit. Sambil menentukan bagian ujung mana dari stiker yang akan diangkat. Pilih bagian stiker yang terlihat sedikit terangkat karena dibagian tersebut lem sudah terlihat melemah. Tarik stiker secara perlahan, usahakan agar bagian stiker tersebut tidak lepas atau sobek agar lebih mudah lepas.

 

2. Menggunakan hairdryer

Menggunakan hairdryerTembakan stiker dengan hairdryer untuk melemahkan lem stiker yang masih kuat menahan stiker. Panas dari hairdryer akan sedikit mencairkan lem adesif stiker sehingga membuat stiker lebih mudah bergeser dan lebih mudah terangkat. Namun untuk stiker yang sudah sangat menempel pada badan mobil akan lebih sulit hilang, maka lakukan langkah selanjutnya.

 

3. Menggunakan alkohol atau WD40

menggunakan alkohol atau WD40Jika tersedia gunakan semprotan WD40, untuk disemprotkan ke bagian stiker untuk melemahkan lem adesif stiker. Ambil kartu ATM/kartu kredit untuk mengangkat dan mengikis lem agar pelan-pelan terangkat dari badan mobil. Hindari penggunaan benda yang tajam dan keras agar tidak merusak cat mobil. Jika WD40 tidak tersedia, maka bisa menggunakan alkohol sebagai pengganti. Sebelum mengaplikasikan WD40 pastikan coba dulu di bagian badan mobil yang tidak terlihat agar memastikan bahwa WD40 tidak ikut merusak cat mobil. WD40 adalah cairan yang cukup keras dan memang efektif untuk membersihkan bermacam noda membandel termasuk lem adesif stiker.

 

Lakukan tahapan di atas sampai stiker lepas semua dari bagian mobil, ulangi penggunaan hairdryer dan WD40 sampai sisa lem stiker hilang semua. Jika sisa stiker lem masih sulit hilang karena sudah terlalu lama menempel di mobil, gunakan glue remover yang bisa ditemukan ditoko khusus. Glue remover bisa dipakai untuk membuang sisa lem yang benar-benar sulit dihilangkan. Setelah hilang segera cuci bagian bekas stiker dengan air hangat dan deterjen kembali.

 

Setelah bekas lemnya pun juga hilang, segera ambil polish dan wax untuk membersihkan permukaan mobil bekas stiker yang biasanya warnanya akan sedikit berubah karena lama tertutup stiker. Polish dan wax bisa ditemukan di toko otomotif dengan beragam jenis dan merk dipasaran. Gunakan kain lap microfibre untuk memoles mobil.

 

Jika kita sudah berhasil melepas stiker, kini saatnya kamu menggantinya dengan stiker baru komunitas dan organisasimu. Bingung menemukan tempat yang tepat untuk custom stiker? Tshirbar.id akan membantu kamu mewujudkan design impianmu dengan custom stiker tanpa minimum order! Kamu bisa memesan bermacam jenis stiker mulai dari stiker print and cut yang bisa memproduksi gambar full colour dan stiker cutting untuk desain atau tulisan satu warna. Segera hubungi tim sales kami di sini untuk dapatkan penawarannya. 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *