6 Cara Belajar Menjahit untuk Pemula dengan Mudah

Cara belajar menjahit untuk pemula dapat kamu pelajari dari sekarang. Sebagian besar dari kita pasti lebih sering pergi ke ahli penjahit untuk buat baju. Namun, dengan kesabaran, pengukur, dan mesin jahit, kamu juga dapat menyesuaikan pakaian dengan nyaman di rumah.

Pakaian diproduksi dengan mengikuti ukuran tubuh rata-rata yang tidak selalu cocok dengan semua orang. Oleh karena itu, menemukan pakaian yang tepat dari rak toko bisa menjadi sulit bagi beberapa orang.

Namun, ada kepuasan tersendiri dalam mempelajari cara sederhana menjahit dan mengubah pakaian sehingga sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh.

Apa Saja Teknik-teknik Dasar Menjahit?

Berikut adalah beberapa teknik dasar yang perlu kamu ketahui sebelum memulai praktek menjahit sendiri. Diantaranya:

1. Memasukkan Benang Pada Jarum

Teknik dasar dalam menjahit adalah memasang benang pada jarum. Proses ini melibatkan memasukkan benang ke dalam lubang jarum dan mengikat ujungnya agar siap digunakan untuk menjahit.

2. Mengikat Benang

Langkah ini cukup sederhana, namun diperlukan latihan untuk membuat ikatan ujung benang tetap rapi dan tidak menggulung. Jika tidak berhati-hati, yang ada jarimu akan tergores sehingga menimbulkan luka.

3. Penggunaan Mesin Jahit

Memahami cara mengoperasikan dan mengendalikan mesin jahit, termasuk mengganti benang, mengatur tekanan kaki, dan memilih jenis jahitan yang sesuai.

4. Memotong Kain

Proses ini menggunakan gunting khusus atau alat potong untuk memotong kain sesuai dengan pola dan ukuran yang diinginkan.

5. Jahit Lurus

Teknik dasar lain dalam menjahit adalah menjahit lurus, baik dengan menggunakan tangan atau mesin. Melatih kemampuan menjahit garis lurus secara konsisten akan membantu menciptakan jahitan yang rapi dan teratur.

6. Jahit Belakang

Salah satu teknik dalam menjahit adalah menjahit belakang. Teknik ini digunakan untuk mengamankan ujung jahitan agar tidak terurai dengan mengarahkan jarum ke arah belakang dan menjahit beberapa kali ke depan.

7. Jahit Zig Zag

Teknik menjahit zig-zag bermanfaat untuk mencegah tepi kain agar tidak merajut dan untuk mengatasi tepi kain yang terbuka.

8. Memasang Kancing

Tujuan dari teknik ini berguna untuk memasang kancing pada pakaian agar bisa tertutup dan berfungsi dengan baik. Sebelum memasang kancing, perlu dibuat lubangnya terlebih dahulu.

9. Menggulung Tepi Kain

Proses menggulung tepi kain adalah teknik yang melibatkan melipat dan menjahit tepi kain untuk mencegah kerutan dan menciptakan tampilan yang lebih rapi.

10. Memasang Resleting

Menempelkan resleting pada pakaian memerlukan teknik khusus agar resleting bisa berfungsi dengan baik dan tampak rapi.

Baca Juga: Cara Menjahit Celana Sobek Tanpa Mesin Jahit dengan Mudah

Apa Saja Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Menjahit?

bahan dan alat untuk menjahit

Kamu tidak bisa melakukan proses menjahit jika tidak punya alat berikut:

1. Jarum

Jarum merupakan komponen penting yang sama pentingnya dengan mesin jahit Anda, baik itu jarum tangan maupun jarum mesin. Saat kamu belajar menjahit, mungkin akan membuat kesalahan seperti menjahit terlalu cepat, menjahit dengan jarum terjepit, atau menjahit banyak lapisan sekaligus.

2. Pin

Menggunakan pin dapat menghindarkan kesalahan menjahit yang dapat berakibat mahal, seperti memotong bahan berlebihan. Setelah melakukan pengukuran, kamu dapat pakai satu set pin untuk menahan kelebihan bahan. 

3. Kapur Jahit

Sementara itu, kapur jahit adalah alat yang membantu untuk menandai titik yang ingin dipotong atau dijahit. Dengan alat ini, kamu dapat membuat pola yang dapat diikuti setelah melakukan pengukuran, yang akan meminimalisir kesalahan dan memudahkan langkah selanjutnya.

4. Gunting

Dalam menjahit pakaian, diperlukan gunting yang baik untuk memotong kain berlebih secara presisi. Pakai gunting khusus yang dipakai hanya untuk memotong pakaian dan tidak digunakan untuk keperluan lainnya.

5. Pita Pengukur

Untuk melakukan perubahan pada pakaian yang dijahit, kamu perlu mengambil ukuran tubuh Anda menggunakan pita pengukur.

6. Mesin Jahit

Mesin jahit sebenarnya esensial, namun jika terbatas karena budget, bisa skip dulu barang satu ini.

Baca Juga: 5 Cara Menggambar Desain Baju untuk Pemula

Bagaimana Cara Belajar Menjahit untuk Pemula dengan Mudah?

bagaimana cara belajar menjahit untuk pemula

Ikuti langkah berikut untuk memastikan hasil jahit dan skill semakin berkembang:

1. Mulai Dari Cara Sederhana

Langkah awal yang baik adalah memilih kreasi menjahit yang sederhana dan cocok untuk pemula, misalnya menjahit gantungan kunci atau sarung bantal. Dengan begitu, kamu dapat memahami dasar-dasar menjahit dengan lebih baik dan meningkatkan skills menjahit.

2. Ukur Tubuh Terlebih Dahulu

Poin ini sangat penting dilakukan, untuk memastikan bahwa ukurannya sudah sesuai sehingga menghindari gagal jahit.

3. Gunakan Peralatan yang Sesuai

Pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan menjahit seperti jarum, benang, gunting kain, meteran, dan mesin jahit bila memungkinkan. Dengan memiliki peralatan yang sesuai, kamu jadi siap untuk menghadapi berbagai proyek menjahit dengan lebih mudah dan lancar.

4. Baca Tutorial di Buku atau Online

Untuk memulai belajar menjahit, ikuti tutorial online atau panduan buku. Ada berbagai sumber belajar menjahit yang mudah diakses, termasuk video tutorial dan panduan langkah demi langkah yang disertai ilustrasi.

5. Jangan Malu Bertanya

Tak perlu ragu untuk bertanya pada forum menjahit jika membutuhkan bantuan. Teman yang lebih berpengalaman dalam menjahit atau anggota komunitas online akan dengan senang hati berbagi pengetahuan dan memberikan saran yang bermanfaat.

Baca Juga: 8 Cara Memasang Benang di Mesin Jahit dengan Mudah dan Benar

6. Latih Terus

Tentukan tujuan belajar menjahit yang jelas dan tetap berlatih secara konsisten. Semakin banyak berlatih, keterampilan menjahit kamu juga akan semakin meningkat.

Jangan takut untuk mencoba teknik baru yang belum kamu coba sebelumnya. Berani mengambil teknik yang sedikit lebih rumit dan terus menantang diri demi meningkatkan keterampilan menjahit.

Semoga kamu sudah paham tentang cara belajar menjahit untuk pemula dari sekarang. Jika dirasa berat, kamu bisa percayakan jasa custom baju custom baju terpercaya. Tentunya dengan belanja di Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211