Belajar Desain Baju Sendiri Ternyata Mudah Lho!

Apakah Anda ingin belajar desain baju untuk diri sendiri, atau karena Anda ingin menjadi seorang perancang mode dengan lini pakaian sendiri? 

 

Dulu, kita cuma bisa pilih-pilih kaos berdesain siap pakai buat diri sendiri atau bisnis kita. Sekarang, dengan banyaknya pilihan personalisasi yang makin populer di dunia ritel, kaos berdesain khusus jadi bintangnya.

 

Semua orang suka dengan desain baju keren. Tapi apa yang membuat desain yang mengesankan hingga orang mau memakainya berulang kali? Meskipun beberapa desain terbaik terlihat sederhana, bahkan desain yang paling simpel pun harus menghindari kesalahan umum. Lewat artikel kali ini, kami akan beri tahu caranya.

 

Kenapa Belajar Desain Baju Itu Penting

Membuat desain pakaian sendiri adalah cara yang hebat untuk memiliki pakaian yang benar-benar unik sesuai dengan selera Anda. Terkadang sulit menemukan pakaian di toko-toko ritel yang pas sempurna atau sesuai dengan gaya Anda.

 

Tidak hanya proses yang memuaskan, tetapi membuat pakaian sendiri juga merupakan keterampilan yang keren. Sebagian besar desainer mode memulai dengan merancang pakaian untuk diri mereka sendiri sebelum menciptakan lini pakaian mereka sendiri.

  • Kreativitas

Belajar desain baju memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda dan mengembangkan kemampuan artistik. Anda dapat menciptakan desain yang unik dan menggabungkan warna, motif, dan gaya sesuai dengan visi kreatif Anda.

  • Personalisasi

Lewat desain baju, Anda dapat membuat pakaian yang sesuai dengan selera dan kepribadian Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki pakaian yang benar-benar mencerminkan siapa Anda.

  • Keterampilan yang Berguna

Kemampuan dalam desain baju adalah keterampilan yang berguna. Anda dapat menggunakan keterampilan ini untuk mendesain pakaian untuk diri sendiri, teman, keluarga, atau bahkan sebagai karier di industri mode.

  • Menghemat Biaya

Dengan kemampuan desain baju, Anda dapat merancang pakaian Anda sendiri, yang dapat menghemat uang yang biasanya akan Anda habiskan untuk membeli pakaian bermerek atau desainer.

  • Hidup Keberlanjutan

Dalam era kesadaran lingkungan, belajar desain baju dapat membantu Anda menciptakan pakaian yang lebih ramah lingkungan. Anda dapat menggunakan bahan yang lebih berkelanjutan dan mengurangi dampak industri mode terhadap lingkungan.

  • Potensi Karier

Jika Anda memiliki minat dalam mode, belajar desain baju dapat membuka pintu untuk berkarier di industri mode, seperti menjadi seorang desainer, stylist, atau pemilik merek pakaian.

  • Ekspresi Diri

Desain baju juga memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri Anda dan bermain dengan ide-ide kreatif. Anda dapat menciptakan pakaian yang menceritakan cerita atau menyuarakan pesan yang Anda anggap penting.

  • Ladang Cuan

Dilihat dari segi ekonomi, belajar desain baju secara mandiri juga dapat membuka peluang untuk bisa menambah penghasilan. Hal paling penting adalah kenali target audiens serta buat produk seunik mungkin

 

Aplikasi Untuk Belajar Desain Baju

belajar desain baju sendiri

Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam merancang desain pakaian. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Canva

Canva adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna dalam mendesain baju dengan gaya aesthetic. Dengan beragam template dan elemen grafis yang tersedia, Canva sangat cocok digunakan terutama bagi pemula.

  • Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah software yang populer di kalangan desainer grafis berpengalaman. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menciptakan berbagai gaya desain baju, termasuk yang memiliki estetika tertentu.

  • Procreate

Procreate merupakan aplikasi desain digital yang lebih banyak digunakan oleh seniman dan ilustrator. Anda bisa menggunakan Procreate untuk membuat sketsa baju sesuai dengan ide kreatif Anda.

  • Sketch

Aplikasi desain lainnya yang patut dicoba adalah Sketch, yang akan membantu Anda membuat desain baju dengan tampilan profesional dan modern.

  • CorelDRAW

CorelDRAW adalah aplikasi desain yang telah lama ada dan bisa menjadi alternatif lebih sederhana dibandingkan Adobe Illustrator untuk merancang desain baju.

  • Wardrobe Journal

Wardrobe Journal adalah aplikasi desain pakaian yang cocok digunakan secara pribadi untuk mereka yang ingin membuat desain baju sesuai selera. Namun, ini juga dapat berguna bagi mereka yang bermimpi menjadi desainer kostum.

  • Figma

Figma, meskipun dikenal sebagai alat desain UI dan UX, juga sering digunakan untuk merancang desain baju yang memiliki tampilan estetika modern.

  • T-Shirt Design Studio

Untuk desain baju sederhana, Anda bisa menggunakan T-Shirt Design Studio dari PVS Studio. Aplikasi ini memudahkan Anda menambahkan elemen seperti teks, logo, gambar, dan warna sesuai dengan gaya desain Anda. Perlu diingat bahwa aplikasi ini khusus untuk desain kaos dan tidak mendukung jenis pakaian lainnya seperti kemeja, topi, atau celana.

 

Inspirasi Desain Baju Sendiri Bagi Anda

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam proses pembuatan pakaian dengan estetika, sekarang waktunya untuk mendapatkan inspirasi dari kami. 

 

Kami punya beberapa rekomendasi desain yang mungkin dapat membantu Anda dalam mengembangkan ide-ide desain pakaian Anda

  • Japanese Style

Jepang dikenal dengan keindahannya, termasuk dalam desain. Anda bisa menambahkan elemen seperti huruf Kanji atau unsur-unsur lain yang terkait dengan budaya Jepang untuk memberikan sentuhan yang eksotis pada pakaian Anda.

  • Typography

Jenis desain ini mengandalkan abjad dan pilihan font sebagai elemen utama. Cocok bagi mereka yang baru saja memulai dalam merancang pakaian karena fokus pada tipografi.

  • Ilustrasi

Jika Anda seorang ilustrator, ini adalah kesempatan sempurna untuk memamerkan karya seni Anda. Menggunakan ilustrasi sebagai elemen utama pada desain pakaian Anda dapat memberikan sentuhan orisinal dan menarik perhatian. Anda bisa mencoba berbagai jenis ilustrasi, seperti gambar kartun atau objek abstrak.

 

Ya, itu tadi langkah awal untuk buat desain baju sendiri meski Anda seorang pemula. Selain itu, Anda juga bisa coba cari tempat custom baju yang berkualitas. Tentunya hanya di Tshirtbar!

Cara Sablon Kaos Sendiri

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211