Ingin Jadi Desainer? Yuk, Belajar Desain Baju Otodidak Disini!

Siapa bilang mendesain baju tidak bisa dilakukan secara otodidak? Selama kamu punya ketekunan dan pantang menyerah, kamu pun bisa melakukannya. Tetapi sebaiknya kamu mulai dari mana? Ikuti beberapa tips belajar desain baju otodidak berikut ini. Siapa tahu, menjadi desainer baju ternyata adalah bakatmu yang terpendam.

 

Niat dan Keinginan

Seperti semua hal di dunia ini, kamu pun harus memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk belajar mendesain baju. Karena, tanpa kedua hal tersebut, kamu bisa jadi akan bosan nantinya dan malah berhenti di tengah jalan. Padahal, kamu sudah mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk belajar mendesain baju. Jangan sampai hal ini terjadi padamu, karena itu pastikan bahwa memang kamu benar-benar berniat untuk melakukannya.

Pelajari Dasar Desain Baju

Hal pertama yang kamu perlu lakukan setelah memiliki niat adalah untuk mempelajari dasar desain baju. Seperti semua ilmu, desain baju pun memiliki dasar. Banyak buku-buku yang bisa membantu kamu untuk memahami hal ini. Kalau kamu kurang berkenan untuk mengeluarkan uang demi buku, kamu juga bisa belajar secara gratis lewat banyak video tutorial Youtube. Salah satu channel yang direkomendasikan adalah milik fashion designer Zoe Hong. Di channel ini, kamu bisa belajar banyak tentang dasar mendesain baju beserta dengan tips-tips menarik saat melakukannya.

Belajar Menjahit

Belajar menjahit tidak perlu kursus. Kamu bisa melakukannya sendiri selama kamu memiliki mesin jahit. Kalau tidak punya, setidaknya kamu wajib membuat tangan kamu mahir dengan jarum jahit dan kain terlebih dahulu. Buatlah baju-baju dengan pola simpel seperti kaos atau pakaian untuk boneka. Setidaknya, dengan mahir menggunakan jarum dan benang, kamu akan bisa lebih mudah untuk mengerti seperti apa desain baju yang mudah dan susah untuk dibuat.

Belajar Menggunakan Software Desain

Menggunakan software desain dapat membantumu untuk menyalurkan hasil desainmu dengan lebih baik. Apalagi, bila kamu ingin berfokus pada desain kaos. Pesona utama kaos umumnya terletak di desain yang tertempel di kaos tersebut dan tentunya kamu tidak boleh asal comot karya orang untuk kamu tampilkan di sana. Karena, hal itu termasuk dalam perbuatan ilegal dan kamu bisa ditindak pidana karena hal ini. Ada banyak software desain yang bisa kamu coba, namun umumnya desainer kaos menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan Corel Draw.

Pelajari Bentuk Kain

Bila kamu serius ingin mendesain baju, hal lain yang harus kamu perhatikan adalah soal kain. Kain memiliki banyak bentuk dan tekstur. Tidak semua kain bisa terlihat jatuh saat digunakan, apalagi ketika kamu mendesain baju yang flowy, sebaiknya kamu memperhatikan kira-kira jenis kain apa yang ingin kamu gunakan. Untuk mempelajari jenis-jenis kain ini tidak susah, kamu bisa datang ke toko kain terdekat dan tanyalah ke petugas yang menjaga di toko tersebut. Umumnya, mereka akan hafal dengan jenis dan tipe masing-masing kain yang dijual.

Ikuti Tren Terkini

Sudah bisa menggambar dan sudah bisa menjahit? Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah untuk memahami tren terkini. Bila kamu ingin mendesain baju yang mudah disukai oleh banyak orang, tentunya kamu harus bisa melihat apa yang sedang digemari oleh mereka. Mengikuti tren bisa dilihat dengan cara berjalan-jalan ke toko ritel atau melihat pakaian-pakaian yang sedang kerap dikenakan oleh artis ataupun selebgram.

 

Tentu saja semua ini tidak dapat kamu pelajari dalam satu malam, dan kamu pun tidak akan mahir dalam satu malam. Karena itu, sebaiknya kamu tekun dalam mempelajari desain baju ini. Bila ada orang yang kamu anggap hebat dalam mendesain dan kamu bisa belajar darinya, jangan ragu untuk melakukannya. Belajar dari praktisi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ilmu. Kamu juga sebaiknya belajar untuk mencetak kaos yang sudah kamu desain, dan jangan lupa untuk memilih percetakan terbaik seperti tshirtbar.id supaya hasilnya tidak mengecewakan.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *