Begini Cara Membuat Baju Anti Air yang Tepat

Di masa musim hujan seperti ini, kehujanan selalu menjadi kecemasan tersendiri saat pergi ke luar rumah. Menjaga pakaian tetap kering dan tidak kebasahan akibat hujan adalah hal yang susah dilakukan. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari basah akibat kehujanan atau akibat apa pun yang bisa membuat pakaianmu basah kuyup, yaitu dengan membuat pakaian Anda tahan air. Terdengar tidak mungkin, bukan? Jangan salah, cara membuat baju anti-air bukanlah hal yang susah. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk Anda praktikkan di rumah di kala musim hujan melanda.

Menggunakan Semprotan Anti Air Dan Sealer

Cara termudah untuk baju Anda tahan air adalah dengan menggunakan semprotan anti air dan sealer. Sebagian besar semprotan aman untuk bahan-bahan dari kulit, nilon, dan kanvas. Semprotan dari silikon adalah bahan yang terbaik untuk membuat air mengalir begitu saja dari pakaian Anda. Pastikan untuk menyemprotkannya pada benda yang bersih dan kering. jika Anda menyemprotkannya pada benda yang kotor dan basah, lapisan semprotan tidak akan menempel dengan sempurna. Selain itu, pelapis sealer juga penting karena ini berguna untuk memastikan tidak ada air yang merembes ke belahan dan jahitan pakaian Anda.

Oleskan Beeswax Alami

Salah satu cara membuat baju anti air adalah dengan menggunakan olesan beeswax alami. Beeswax alami adalah pilihan terbaik untuk digunakan pada baju berbahan kanvas. Tetapi, jika Anda tidak dapat menemukan beeswax, lilin biasa juga bisa digunakan. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda bisa memulai dengan pakaian yang bersih dan kering. Panaskan lilin menggunakan pengering rambut untuk membuat lilin lebih mudah dioleskan. Gosokkan beeswax pada kain dalam dua arah—dari sisi ke sisi dan dari atas ke bawah—untuk menutupi permukaan dan masukkan lilin ke dalam selipan kain. Jika ada hiasan pada pakaian Anda, jangan oleskan lilin tersebut di daerah situ. Tutup lilin dengan menggunakan pengering rambut. Biarkan selama beberapa saat sebelum mengoleskan lagi, karena beeswax dapat membuat kain menjadi kaku.

Gunakan Detergen dan Bubuk Tawas

Deterjen dan bubuk tawas juga bisa digunakan untuk membuat baju Anda tahan air. Caranya juga sederhana. Sekali lagi, selalu mulai dengan membersihkan pakaian terlebih dahulu.Selanjutnya, campur sekitar 450 gram detergen dengan 7.5 liter air panas dalam sebuah wadah. Rendam pakaian di dalamnya sampai benar-benar basah dan terendamoleh campuran tersebut. Kemudian, gantung sampai kering.

Selanjutnya, campur lagi kurang lebih 200 gram detergen dengan 7.5 liter air panas ke dalam wadah. Rendam pakaian ke dalam campuran lagi dan diamkan selama dua jam. Lalu, gantung pakaian hingga kering. Untuk memeriksa apakah Anda berhasil membuat pakaian Anda tahan air, basahi pakaian dan periksa apakah ada bagian yang basah. Jika ada, lakukan lagi cara di atas pada area tersebut setelah kering.

Semprotkan dan Sikat dengan Minyak Terpentin dan Kedelai

Minyak terpentin terbuat dari resin suling pohon pinus. Ingat! Anda harus menggunakan terpentin yang asli dan bukan yang campuran. Hal ini akan membantu penguatan cengkeraman pada pakaian dan membuat air dan cairan apa pun tidak merembes ke pakaian Anda. Dalam wadah yang tahan lama, campurkan satu cangkir minyak kedelai dengan 100 gram minyak terpentin asli. Anda dapat menyemprotkannya atau menggunakan sikat yang kokoh untuk mengoleskan larutan pada pakaian yang bersih.

Ingatlah bahwa campuran ini dapat menodai permukaan pakaian. Jadi, pastikan menutupi daerah-daerah tertentu dengan plastik sehingga lebih mudah dibersihkan. Metode ini akan bekerja dengan baik jika Anda membuat pakaian gelap menjadi tahan air, hal ini bisa membuat noda dan menggelapkan kain. Anda mungkin juga seharusnya mengerjakannya di area dengan saluran udara yang baik. Biarkan benar-benar kering selama beberapa hari sebelum menggunakan pakaian tersebut untuk menghindari pakaian mengeluarkan bau yang menyengat. Jika Anda takut untuk mencoba metode ini, Anda dapat mengujinya pada area kecil di pakaian sebelum mencoba keseluruhan.

 

Begitulah 4 cara membuat baju anti air yang mudah untuk dilakukan. Sebagai pengingat, selalu membersihkan dulu pakaian Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Metode-metode di atas tidak hanya bisa digunakan pada pakaian saja. Anda bisa mengaplikasikannya pada sepatu, tas, dan barang-barang Anda yang lain. Lakukan uji coba jika Anda ragu apakah langkah-langkah yang Anda lakukan berhasil atau tidak.

 

Artikel Terkait

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *