Apakah Kartu e-Toll Bisa Untuk Belanja? Simak Penjelasannya!

Beberapa tahun terakhir ini, Bank Indonesia terus mengupayakan agar masyarakat Indonesia menjadi cashless society. Salah satu upaya yang nyata adalah penghapusan pembayaran tunai di pintu masuk tol. Karena hal tersebut, masyarakat Indonesia yang sering mengakses jalan tol kini diwajibkan untuk memiliki kartu e-money sebagai medium pembayaran tol. Namun, tidak semua e-money dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol. Belum Memiliki E-Money? bisa bikin e-money dengan design sesuka kamu. Berikut jenis kartu e-money yang dapat digunakan untuk jalan tol.

Apa Perbedaan e-Toll dan e-Money?

Secara umum e-Toll dan e-Money tidak memiliki perbedaan khusus. Keduanya mempunyai fungsi yang sama serta bisa dipakai di merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank penerbitnya yakni Bank Mandiri.

Hal yang menjadi pembeda antara e-Toll dan e-Money adalah lembaga penerbitnya. e-Money diterbitkan oleh Bank Mandiri tanpa ada kerja sama dengan institusi lain. Sedangkan e-Toll diterbitkan oleh Bank Mandiri dengan bekerja sama bersama perusahaan operator jalan tol.

Apa Itu e-Money?

e-money merupakan uang yang tersimpan pada sistem perbankan, dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara elektronik. Biasanya e-money berbentuk kartu yang dilengkapi dengan chip di dalamnya untuk bertransaksi, serta diterbitkan oleh lembaga perbankan.

Walaupun nilai uang di dalamnya sama seperti dengan uang tunai yang dipakai sebagai alat jual-beli pada umumnya, nominal e-money tidak bisa Anda diuangkan. Hal itu dikarenakan tujuan dibuatnya kartu ini hanya untuk digunakan sebagai transaksi elektronik saja seperti untuk bayar tol, transportasi publik, bahkan berbelanja.

Baca Juga: E Money Custom : Inovasi Baru Kartu Pembayaran Elektronik

Apa Saja Jenis-jenis e-Money?

Selain bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran jalan tol serta penggunaan transportasi umum seperti kereta dan bis, e-money juga dapat Anda gunakan untuk berbelanja seperti minimarket, supermarket dan lain-lain. Berikut ini terdapat 5 jenis e-money yang umum digunakan, diantaranya:

1. e-Toll Card

Kartu e money satu ini merupakan kartu hasil kerja sama  antara Jasa Marga dan Bank Mandiri. Bertuliskan e-Toll Card pada fisik kartu, kartu ini bisa dengan mudah didapatkan di supermarket bahkan pintu masuk tol. Selain bisa digunakan untuk bayar tol, e-Toll Card juga bisa digunakan untuk berbelanja di supermarket atau merchant yang menerima pembayaran uang elektronik terbitan Bank  Mandiri.

2. e-money Mandiri

Sama dengan e-Toll Card, uang elektronik satu ini diterbitkan oleh Bank Mandiri. Yang menjadi pembeda hanyalah kartu ini diterbitkan tanpa kerja sama dengan Jasa Marga, sehingga Anda tidak akan menemukan logo Jasa Marga tercantum di fisik kartu. Masih sama dengan e-Toll Card, e money Mandiri juga bisa digunakan untuk berbelanja di supermarket atau merchant yang menerima pembayaran uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Saldo maksimum yang bisa dimiliki oleh satu kartu e money Mandiri adalah sebesar Rp1.000.000  dengan sekali top up minimum Rp20.000. Selain batasan minimum untuk sekali top up, kartu ini juga mempunyai batasan maksimum top up per bulannya, yakni  Rp20.000.000. Meskipun terdapat batasan pada kartu ini, e money Mandiri satu ini tidak mempunyai batasan berlaku. Dengan kata lain, masa berlaku untuk kartu ini adalah selamanya.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Buat E Money Custom

3. Indomaret Card

Seperti namanya, uang elektronik satu ini merupakan hasil kerja sama antara Indomaret dan Bank Mandiri. Pada fisik kartu, Anda akan melihat logo Indomaret dan Bank Mandiri yang bersampingan. Bahkan, boleh dikatakan bahwa kartu ini sama persis dengan e money Mandiri, mengingat logo e money Mandiri juga tercantum pada fisik kartu. Selain bisa digunakan untuk tol, kartu ini tentunya juga bisa  digunakan untuk berbelanja di Indomaret.

Namun, meskipun e-Toll Card, e money Mandiri, dan Indomaret Card sama-sama diterbitkan oleh Bank Mandiri, Indomaret Card mempunyai kelebihan lain. Jika Indomaret Card digunakan untuk bertransaksi di Indomaret, maka Anda akan mendapatkan diskon spesial dan juga poin reward yang nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai macam hal sesuai dengan kebijakan Indomaret.

4. Brizzi BRI

Tidak hanya Bank Mandiri saja, ada bank milik negara lain yang juga meluncurkan kartu untuk pembayaran jalan masuk tol. BRI atau Bank Rakyat Indonesia juga menerbitkan kartunya sendiri. Diberi nama  Brizzi, uang elektronik dalam bentuk kartu ini juga mempunyai batasan yang sama dengan uang elektronik Bank Mandiri. Masa berlaku selamanya, top up minimal Rp20.000, top up maksimum dalam 1 bulan Rp20.000.000, dan maksimum saldo Rp1.000.000.

5. Flazz BCA

Selain e money dan Brizzi, jenis kartu e money yang paling dikenal adalah Flazz BCA. Sesuai  namanya, kartu ini diterbitkan oleh bank swasta terbesar di Indonesia, yakni Bank Central Asia (BCA). Batasan yang dimiliki kartu ini sama dengan e money untuk top up minimal, top up maksimum, dan maksimum saldo kecuali masa berlaku. Berbeda dengan e money dan Brizzi, kartu Flazz BCA berlaku 10 tahun sejak transaksi terakhir dilakukan.

Sama dengan kartu uang elektronik lain, kartu Flazz BCA juga bisa digunakan untuk pembayaran masuk jalan tol dan berbelanja di merchant yang menerima pembayaran uang elektronik BCA. Selain versi BCA, kartu Flazz ini juga mempunyai versi lain yakni kartu Flazz Bank Jatim. Kartu Flazz versi bank daerah Jawa Timur ini merupakan hasil kerja sama antara BCA  dan Bank Jatim dengan perbedaan yang terletak pada branding kartu.

Meskipun dikenal oleh masyarakat luas untuk pembayaran jalan tol, jenis kartu e money di atas juga bisa digunakan untuk pembayaran yang lain. Mulai dari supermarket, SPBU, toko buku, transportasi umum, hingga untuk parkir. Selain fungsinya yang beragam, cara pengisian ulang kartu ini juga mudah karena bisa dilakukan di mesin ATM dan supermarket terdekat seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret.

Baca Juga: E-Money: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Demikian penjelasan mengenai kartu e-toll yang bisa dipakai untuk belanja. Bagi Anda yang ingin custom kartu e-money dengan desain menarik sesuai kebutuhan, Anda bisa menghubungi tim sales Tshirtbar sekarang juga!

CTA BANNER Merchandise

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211