Last Update: May 6th, 2024 at 1:28 pm

5 Ide & Tips Memilih Baju Vintage Wanita Agar Tampil Modis

Baju vintage wanita tak pernah kehilangan daya tariknya untuk dipandang. Ini bukan hanya membawa nuansa nostalgia, tapi ada ciri khas yang buat gaya vintage makin istimewa. Meski hanya sebuah gaya, unsur vintage membawa kita kembali ke era yang berbeda. 

Dari keanggunan yang memikat hingga gaya yang berani, pakaian vintage tidak pernah ada hentinya untuk diapresiasi. 

Mungkin Anda juga masih bingung bagaimana memadukannya dengan tepat. Untuk itu, kami akan hadirkan ide serta tips memakainya.

baju vintage wanita dengan baju hitam dan celana cokelat

Perkembangan signifikan dalam ranah gaya dan mode dapat diketahui saat munculnya pakaian vintage. Mengusung selera estetika dan gaya yang impressive. Pilihan pakaian terbaik untuk situasi ini adalah koleksi baju vintage yang menarik dari lemari pakaian.

Baju vintage pada wanita mencerminkan bukti otentisitas para perancang busana zaman dahulu yang menciptakan pakaian dengan perhatian. Di mana hal ini menggambarkan semangat wanita-wanita era sebelumnya dan mengangkat status sosial mereka pada masa lampau. Membawa unsur anggun dan elegan, serta memberikan sentuhan segar bagi masa kini.

Jenis gaya busana ini melibatkan desain yang istimewa, pola klasik, dan bentuk yang merefleksikan pesona dan estetika zaman dulu. Perempuan masa kini mengambil gaya pakaian vintage sebagai alat untuk menyatukan bukti sejarah dengan arus mode saat ini, menciptakan penampilan yang unik dan elegan dalam gaya berbusana mereka sendiri.

Baca juga: Kenali 4 Contoh-contoh Lengan Baju Wanita Berikut Ini!

Bagaimana Tips Memilih Baju Vintage Wanita

baju vintage wanita dengan baju dalam hitam menggunakan blazer abu-abu dan celana pendek cokelat

Memilih pakaian vintage wanita membutuhkan pertimbangan yang cermat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam proses ini:

  • Paham Ukuran Anda

Unsur kenyamanan pada pakaian ada pada ukuran baju tepat Maka dari itu, pastikan Anda sudah tahu jelas soal ukuran tubuh Anda. Telusuri panduan ukuran vintage yang mungkin ada dan lakukan pengukuran secara cermat.

  • Tahu Karakteristik Gaya Tertentu

Gaya berpakaian setiap periode memiliki ciri khasnya masing-masing. Kenali gaya yang Anda sukai, seperti gaya 1920-an yang elegan dan gaya 1970-an yang kasual. Dengan memahami gaya yang Anda sukai, Anda dapat memilih pakaian yang sesuai dengan selera Anda.

  • Perhatikan Kualitas Pakaian

Perhatikan bahan dan kondisi pakaian dengan cermat. Penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan atau cacat pada pakaian vintage. Pastikan tidak ada noda besar, jahitan yang terlepas, atau bahan yang terlalu usang.

  • Pilih Motif Sesuai Selera

Motif dan warna pakaian vintage dapat memberikan kesan yang unik dan menarik. Oleh karena itu, penting untuk memilih motif dan warna yang sesuai dengan kepribadian dan warna kulit Anda. Selain itu, pertimbangkan juga apakah motif atau warna tersebut memiliki elemen klasik yang dapat tetap relevan di berbagai kesempatan.

  • Coba Pakaian Sebelum Beli

Coba pakaian sebelum membelinya. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa pakaian tersebut pas dengan bentuk tubuh Anda dan nyaman untuk dikenakan.

  • Jangan Takut Untuk Coba

Penyesuaian Kecil: Kadang-kadang, beberapa penyesuaian sederhana seperti memperpendek hem atau mengubah potongan lengan bisa membuat pakaian vintage lebih pas dengan tubuh Anda dan sesuai dengan gaya modern.

  • Ikuti Kata Hati

Dalam memilih pakaian vintage, terkadang ada pakaian yang terasa cocok. Pakaian tersebut seolah-olah memiliki pesona tersendiri yang menarik perhatian kita. Percayalah pada kata hati Anda dan pilihlah baju vintage yang memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan.

  • Tambahkan Aksesoris

Aksesoris dapat memberikan sentuhan yang sempurna pada pakaian vintage wanita. Pilih aksesoris yang sesuai untuk menciptakan tampilan yang modern dan stylish.

Tidak ada aturan yang ketat dalam memilih aksesoris untuk pakaian vintage. Eksperimen lah dengan berbagai macam aksesoris untuk menemukan kombinasi yang paling sesuai dengan gaya Anda.

Baca juga: 4 Model Baju Wanita yang Layak Dicoba

Ide Memilih Outfit Baju Vintage Wanita

  • Blazer Vintage dan Kaos Polos

Kenakan blazer vintage dengan potongan unik di atas kaos polos. Ini bisa dipadukan blazer dengan bahan tweed atau houndstooth yang memberikan sentuhan klasik. Lalu imbangi dengan celana panjang atau rok twill.

  • Kemeja Klasik dan Turtleneck

Kenakan kemeja vintage dengan motif klasik seperti polka dots atau garis-garis di atas daleman turtle neck. Biarkan kancing atas kemeja terbuka dan ikat simpul di bagian bawah untuk tampilan yang lebih santai.

  • Cardigan Panjang dan Tank Top

Untuk menciptakan tampilan yang stylish dan vintage, Anda dapat memadukan cardigan atau sweater vintage dengan tank top polos. Pilihlah cardigan atau sweater vintage dengan motif menarik atau bahan yang khas. Gunakan kancing atas cardigan untuk memberikan sentuhan yang stylish. Dua pakaian ini akan memberikan sentuhan simple namun tetap ada nuansa vintage di tahun ’70-an.

  • Jersey Vintage dan Celana Pendek

Alih-alih hanya sekedar jersey, nyatanya jersey masih jadi incaran para kolektor barang vintage. Jersey punya kesan sporty sehingga bisa dijadikan referensi berikutnya bagi wanita sedikit tomboy yang suka dengan aktivitas olahraga.

  • Plaid Skirt dan Kaos Panjang

Gunakan plaid skirt di atas kaos panjang. Pastikan warna kaos dan rok selaras satu sama lain. Anda bisa tonjolkan sedikit bagian kaos terlihat di bagian bawah rok untuk menciptakan tampilan lapisan yang modis.

Baju vintage wanita dapat menjadi pilihan yang stylish dan unik untuk Anda. Dengan memilih pakaian vintage yang tepat, Anda dapat menciptakan tampilan yang sesuai dengan gaya Anda. Untuk baju dengan desain vintage sesuai selera, langsung saja custom tanpa minimum order di Tshirtbar.

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222