6 Jenis Bahan yang Bagus Untuk Hoodie

Bahan yang bagus untuk hoodie punya ciri khasnya sendiri. Bagaimana fitur dari kain yang digunakan bisa memberi kenyamanan saat dipakai.  Jaket berfungsi sebagai pelindung tubuh dari cuaca dingin. Sudah pasti kalau jaket tidak membuat kamu gerah.

Hoodie adalah satu diantara banyaknya model jaket di pasaran. Peminat dari produk tersebut sangat banyak. Fashion item satu ini selalu jadi andalan. Hal ini karena bentuknya yang simpel dan tidak terlalu berat.

Rasanya kurang lengkap kalau tidak ada satupun hoodie di lemari. Sebab produk ini memang sudah jadi fashion item wajib untuk segala kalangan. Bagaimana pun, luaran atau outer akan selalu kamu butuhkan. Tentu kamu juga harus bisa pilih bahan yang pas. Di sini kami akan rangkum lebih dalam

Apa Pengertian Hoodie?

Hoodie adalah pakaian hangat dengan lengan panjang dan tudung di bagian belakang. Ini merupakan salah satu jenis model jaket paling umum di pasaran. Kamu akan terlihat keren dengan hoodie, apalagi buat para penikmat gaya streetwear.

Lupakan soal jaket berbahan denim, nyatanya hoodie tidak terbuat dari bahan yang sama. Secara material terasa seperti kaos biasa. Tapi yang beda adalah permukaannya yang hangat seperti wol. Hoodie juga tidak memiliki kerah, yang jadi ciri khas adalah hood alias tudung kepala.

Fungsi utama dari hoodie adalah sebagai penghangat tubuh di kala cuaca panas. Kepala pun bisa terlindungi dari terik matahari atau hujan. Inilah sebabnya kenapa hoodie sangat penting untuk dimiliki. Setidaknya ada satu koleksi.

Bahan yang digunakan tentu ada korelasinya dengan kenyamanan. Bagaimana hoodie bisa membuat kamu hangat, tapi disisi lain tidak membuat gerah. Tudung kepala pada hoodie juga lah yang membedakan dengan sweater biasa.

Lebih lanjut lagi, kita bahas tuntas mengenai material bahan yang sangat direkomendasikan. Tentunya untuk jaket hoodie.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Desain Hoodie Kelas Keren dan Cara Membuatnya

Apa Saja Jenis Bahan yang Bagus Untuk Hoodie?

Ternyata dalam produksi hoodie harus memilih bahan khusus. Bahan tersebut harus terasa hangat dan bisa melindungi tubuh kamu dengan sempurna. Karena kita juga harus sadar bahwa jangan sampai hoodie hanya sebatas outfit biasa saja. Di samping itu pun perlu lebih sadar akan kenyamanan.

Kenyamanan pada hoodie tentu dipengaruhi oleh bahan materialnya. Kami punya beberapa rekomendasi bahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

1. Cotton Fleece

bahan cotton fleece

Cotton Fleece ini adalah salah satu bahan utama yang paling sering dipilih. Terutama bagi para produsen dan konsumen. Memiliki karakteristik bahan yang lembut dan elastis, kain ini juga sangat nyaman dipakai. Tak heran bila bahan Fleece punya demand yang tinggi. Jenis tekstil tersebut juga jadi salah satu bahan utama sweatshirt.

Bahan dasar pembuatan Cotton Fleece sendiri adalah campuran dari polyester dan katun. Proses pembuatan bahan fleece dimulai dengan pemelintiran kain benang hingga jadi kain utuh. Itulah sebab kenapa ukuran benang yang diperlukan pun berdampak terhadap ketebalan kainnya itu sendiri.

Jaket hoodie yang terbuat dari Cotton Fleece sangat pas bila akan di cetak kustom dengan menggunakan metode printing Polyflex dan Direct Transfer Film (DTF).

2. Diadora Polyester

bahan diadora polyester

Bahan diadora polyester sering kali dijadikan bahan utama sportswear. Artinya, hoodie dengan bahan tersebut sangat cocok untuk digunakan saat berolahraga. Istilah lain yang merujuk pada bahan ini adalah kain DDR. Diadora Polyester terbuat dari 100 % polyester, yang dikenal cukup nyaman, lembut dan ringan digunakan .

Lebih dalam lagi, kain ini punya permukaan luar yang mengkilap. Dan juga punya kerapatan benangnya yang tinggi. Jenis tekstil ini bisa memantulkan cahaya dengan baik. Daya serap keringat pada kain ini juga bisa dibilang cukup kuat, sehingga bahannya tidak mudah melar. Tambahan, kain ini punya tingkat kerapatan yang tinggi. Sehingga bisa memantulkan cahaya dengan baik.

Jaket diadora polyester bisa coba kamu desain secara kustom. Adapun hasil sablon yang bisa kamu coba adalah fullprint.

3. Bahan NS

bahan NS

Kain mikro NS biasa identik dengan bahan parasut. Bahan ini merupakan kain yang diolah dari perpaduan polyester sebesar 80% dan juga nylon dengan ratio 20%. Sifat kainnya paling adem diantara fleece cotton dan diadora polyester. NS punya fitur water resistant yang baik, sifat bahannya pun jatuh dan juga cepat kering. Sama halnya dengan kain diadora polyester, kain NS juga memiliki permukaan depan yang mengkilat.

Kalau kamu mau tambah gambar atau desain, pembuatan jaket yang menggunakan kain NS sangat cocok dengan sablon fullprint.

4. Drill

contoh bahan japan drill

Kain drill merupakan bahan yang terbuat dari campuran katun serta polyester. Dengan ciri khas bahannya yang ringan, kain drill ini cocok digunakan sebagai bahan membuat jaket seperti hoodie. Bahan drill terdiri dari tiga jenis, yaitu

  • Twist Drill, jenis kain twist drill memiliki serat yang lebih kecil dan bahkan terdapat juga yang bersifat water repellent.
  • American Drill, jenis kain american drill mempunyai serat yang berukuran sedang serta permukaan kain luarnya lebih lembut.
  • Japan Drill, jenis kain japan drill memiliki serat kain yang lebih besar namun lebih tebal dan kuat.

5. Baby Terry

bahan baby terry

Bahan yang bagus untuk hoodie berikutnya adalah baby terry. Jenis kain ini sebetulnya hampir mirip dengan kain fleece. Pada bagian dalamnya memiliki tekstur yang lembut dan halus seperti selimut dan sangat pas jika dijadikan bahan jaket hoodie atau sweater. Meski tebal, bahan kain baby terry ini tidak akan terasa gerah saat dipakai, sebab memiliki daya serap keringat yang baik.

6. Polyester Fleece (PE)

Jika sebelumnya terdapat cotton fleece yang bagus digunakan sebagi bahan hoodie terbaik, ada juga polyester fleece yang tak kalah cocok dipakai untuk bahan pembuatan hoodie. Bagian dalam pada bahan ini memiliki serat bulu halus serta ketebalan kain ini tak perlu diragukan sehingga akan berasa hangat ketika digunakan. Kemudian bagian luarnya mirip seperti bahan kaos PE. Bahan polyester fleece ini cenderung lebih kaku bila dibandingkan cotton fleece.

Baca Juga: Apa itu Hoodie? Dan Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie

Bagaimana Tips Memilih Hoodie yang Berkualitas?

Diantara kamu mungkin ada yang pernah merasa kurang puas dengan hoodie yang ada di pasaran. Pentingnya untuk tahu poin-poin penting berikut. Tujuannya yang pasti agar tidak mengalami hal serupa. Untuk itu, berikut ulasannya:

1. Model atau Bentuknya

Kamu tidak perlu terlalu terpaku dengan hype. Semua itu ada masanya redupnya. Namun yang pasti, hoodie tak akan pernah lekang dengan zaman.

Pilihlah model sederhana agar tampil minimalis. Model klasik tentu jadi incaran konsumen dari kalangan manapun.

2. Bahan yang Digunakan

Hal ini perlu mencakup banyak aspek. Bisa dipertimbangkan dari segi kenyamanan, tekstur dan rongga kain. Tiga poin tersebut jadi acuan ketika memilih bahan hoodie.

Hoodie selayaknya harus lebih hangat dari kaos biasa. Bahan yang dipilih pun harus lembut dan tidak menimbulkan gerah. Untuk bahan seperti Fleece Cotton kekurangannya adalah mudah basah.

Bila kamu mau hoodie-nya disablon pun wajib memilih metode printing yang sesuai dengan bahan jaketnya. Dengan maksud supaya hasil cetaknya keluar sempurna.

3. Perhatikan Ukurannya

Kamu bisa cek size chart dari toko. Panjang hoodie harus sampai pinggul. Ketika kamu akan beli, pastikan kalau tahu tips berikut. Untuk bisa tahu apakah hoodie itu pas di dada, coba letakkan tangan kamu di belakang punggung. Kainnya harus ketat di bagian dada, tetapi tidak membatasi gerakan pas.

Baca Juga: 5 Aplikasi Canggih yang Bisa Digunakan untuk Membuat Desain Hoodie Sendiri

Biasanya hoodie punya ukuran yang sama dengan kaos biasa. Namun pemilihan size chart hoodie sedetail mungkin. Bila kamu sudah tidak sabar untuk mengoleksi hoodie, pastikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Jaket hoodie bisa jadi opsi utama terlebih bagi kamu yang harus banyak pergi keluar rumah. Tshirtbar menyediakan berbagai jenis hoodie yang variatif serta beragam pilihan warna dan size-nya.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *