Last Update: May 30th, 2023 at 5:36 pm

Mengenal Bahan Viscose, Ciri, Kelebihan, dan Cara Merawatnya

Bahan viscose adalah alternatif lain dari kain sutra. Viscose sudah digunakan sebagai bahan utama pakaian selama bertahun-tahun. Tak hanya itu, viscose bisa dijadikan untuk kebutuhan lain selain sandang. Jika kamu masih belum tahu atau masih ragu tentang kain viscose itu sendiri, ini adalah saatnya untuk membaca artikel sampai habis. Langsung saja di simak!

Apa Itu Bahan Viscose?

Viscose atau bahan rayon viscose termasuk ke dalam kategori kain semi-sintetis. Bahan utama dari viscose adalah “selulosa” atau pulp kayu yang diambil dari pohon yang cepat tumbuh seperti kayu putih, dan bambu. Dalam proses produksi kain viscose, selulosa tadi akan dicampur dengan larutan kimia untuk menghasilkan pasta kental. Kemudian dipintal menjadi serat hingga diolah jadi benang.

Istilah lain dari kain viscose adalah Sutra KW. Hal ini didasari dari sifat kain viscose yang lembut dan mengkilap, mirip seperti bahan sutra. Meski demikian, perlu diingat bahwa cara merawat kain viscose tidak sama dengan lainnya. 

Bahan ini bisa jadi pilihan yang pas jika kamu sedang mencari bahan yang tahan lama dan terjangkau. Viscose punya daya tahan yang baik untuk digunakan saat melakukan kegiatan harian. Kain viscose juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat produk rumah. Jadi, bisa dibilang kalau viscose sifatnya fleksibel.

Baca Juga: 4 Perbedaan Katun dan Rayon, Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana Ciri-ciri Bahan Viscose?

ciri ciri bahan viscose

Viscose punya ciri khas yang unik dan punya peminat tinggi. Berikut adalah karakteristik utama dari kain yang juga sering disebut sebagai dupe dari kain sutra:

1. Kaya Akan Warna

Viscose jadi opsi bahan di dunia tekstil karena kemampuannya untuk mempertahankan warna cerah dengan tahan lama dan mudah menyerap warna. Oleh sebab itu, viscose tersedia dalam beragam pilihan warna,  dari rona muda sampai tua. Serta bisa mengikuti perkembangan fashion saat ini.

2. Mirip dengan Kain Sutra

Salah satu ciri khas dari bahan viscose adalah tekstur yang hampir sama dengan bahan sutra. Kain viscose sering dijadikan opsi alternatif yang lebih terjangkau dari bahan sutra, karena sifat dan tekstur keduanya yang serupa. Bahan ini punya sifat lembut dan mengkilap, sehingga memberikan tampilan yang elegan dan mewah. 

Meskipun memiliki kemiripan dengan sutra, viscose lebih mudah dirawat dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Jadi, tak heran bila bahan viscose jadi salah satu nama kain yang populer di kalangan perancang busana dan fashion enthusiast.

3. Bahan Mudah Mengkerut

Poin penting untuk diketahui bahwa viscose cenderung mengkerut dan mudah kusut saat dipakai. Ini akan mempengaruhi penampilan pakaian, terutama jika kamu akan menghadiri acara penting. Maka dari itu, disarankan untuk merawat dan menyimpan pakaian viscose dengan baik. Gunakan setrika dengan suhu rendah supaya kain jadi rapi saat akan dipakai seharian.

4. Tidak Elastis

Pada dasarnya, viscose bahannya terbilang kaku. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya dicampur dengan serat elastis untuk meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam berpakaian.

5. Bahan Adem

Kain ini punya sirkulasi udara yang baik. Hal ini disebabkan karena viscose termasuk ke dalam kategori kain semi-sintetis serta punya permukaan kain yang tidak tebal seperti bahan wol. 

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis-jenis Kain dan Sifatnya untuk Kaos

Apa Saja Kelebihan Bahan Viscose?

Ada banyak alasan mengapa jenis kain rayon viscose sangat digemari oleh para produsen baju. Selain karena permintaan yang tinggi, beberapa kelebihan di bawah ini jadi alasan kain viscose bisa diterima juga oleh banyak konsumen:

1. Punya Sifat Multifungsi

Kain ini memiliki tingkat versatile yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai model, baik digunakan secara tunggal atau digabungkan dengan kain lainnya. Viscose bisa digunakan sebagai bahan utama pakaian dan produk kebutuhan rumah seperti gorden jendela.

2. Harganya Terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau viscose adalah pilihan lain jika butuh sutra versi murah. Kain viscose jelas terjangkau, mengingat bahan ini juga dicampur dengan serat sintetis sehingga tidak 100% alami.

3. Tekstur Kain yang Lembut

Viscose memiliki kelembutan yang baik ketika disentuh. Bahan ini juga punya tekstur halus seperti sutra alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan ini lebih rentan terhadap kerutan dan kusut.

4. Daya Serap Air yang Baik

Bahan viscose memiliki kemampuan untuk menyerap air dan keringat dengan baik. Sehingga pakaian yang terbuat dari bahan tersebut mudah menyerap keringat dengan efektif dan pakaian pun jadi terasa nyaman. Bahan viscose juga harus dirawat dengan baik supaya tetap awet.

5. Kain Tidak Berat

Kelebihan lain dari kain viscose adalah bahannya yang ringan. Jadi tak heran bila sangat adem digunakan apalagi saat cuaca panas.

Apa Saja Kekurangan Bahan Viscose?

Disamping beragam kelebihannya, bahan rayon viscose tetap memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan saat memilihnya sebagai bahan untuk pakaian. Ada beberapa kelemahan pada bahan viscose yang perlu diingat, berikut beberapa di antaranya:

1. Tidak Ramah Lingkungan

Kekurangan pertama dari bahan rayon viscose adalah sifatnya yang tidak ramah lingkungan karena pembuatannya melibatkan bahan kimia yang berpotensi mengeluarkan asap beracun. Hal ini menjadi perhatian penting karena beberapa peneliti telah menemukan bahwa proses pembuatan bahan rayon viscose dapat berdampak buruk pada kesehatan para pekerja yang terlibat di dalamnya.

2. Kurang Cocok Dipakai untuk Perabotan Rumah Tangga

Bahan rayon viscose kurang cocok digunakan sebagai bahan untuk perabotan rumah tangga seperti sprei dan sarung bantal, karena bahan ini tidak dapat kembali ke bentuk aslinya setelah diregangkan dan dicampur dengan bahan lain.

3. Gampang Menyusut

Kekurangan berikutnya adalah bahan viscose adalah gampang menyusut, terutama jika dicuci dengan air panas. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci menggunakan air biasa dan pastikan untuk mengeringkan pakaian dengan baik agar tidak terkena jamur. Jika tidak dikeringkan dengan baik, serat kain pada bahan rayon viscose dapat menjadi lemah dan rentan terhadap pertumbuhan jamur.

4. Mudah Meninggalkan Noda

Karena bahan viscose cenderung menyerap air dengan mudah, kain ini rentan terkena noda. Oleh karena itu, saat menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan ini, harus sangat berhati-hati terutama saat mengonsumsi makanan tertentu yang bisa meninggalkan noda permanen pada baju yang sulit dihilangkan.

Baca Juga: 6 Bahan Kaos yang Bagus dan Cocok untuk Cuaca Panas

Bagaimana Cara Merawat Bahan Viscose?

cara merawat bahan viscose

Meskipun terbilang murah, bahan kain seperti viscose juga perlu dirawat dengan cermat. Tapi, kelebihan lain dari viscose adalah cara merawatnya yang tidak serumit kain sutra asli. Berikut adalah tips merawatnya:

1. Perhatikan Laundry Tag

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah dengan cek label pada bagian dalam pakaian. Bahan seperti viscose biasanya terdapat instruksi dry-clean. Namun, bahan ini tidak disarankan untuk diperas supaya kain tidak cepat mengkerut.

2. Cuci Secara Manual

Perputaran pada mesin cuci akan berpengaruh terhadap kerutan pada kain. Sangat disarankan untuk dicuci dengan cara tradisional dan hindari penggunaan air hangat. Hal ini bisa mengakibatkan warna kain akan pudar dengan cepat. 

3. Bersihkan Noda dengan Cepat

Jika terdapat noda pada kain viscose, sebaiknya hindari menggosoknya secara kasar. Kain viscose bisa membuat kotoran jadi kering. Segera atasi noda tersebut dan hindari mengucek kain terlalu kuat karena dapat merusak benang dan memperburuk kondisi kain.

Kesimpulan

Bahan viscose adalah jenis kain yang cocok untuk berbagai produk pakaian dan bisa dijadikan alternatif untuk sutra. Harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan. Jika butuh bahan viscose untuk produk fashion dan merchandise, segera hubungi Tshirtbar sekarang juga!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222