Bahan Tas Polyester: Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya

Bahan tas polyester ada banyak jenisnya. Tas dengan bahan polyester punya keistimewaan sendiri, dan sudah jadi favorit untuk banyak orang. Kain polyester termasuk ke dalam jenis bahan yang cocok dipilih sebagai beragam produk fashion. Begitu pun dengan tas harian.

Seperti apa sih ciri dan detail lainnya tentang bahan polyester? Silahkan simak artikel kami berikut.

Apa Itu Bahan Tas Polyester?

Kain polyester adalah salah satu bahan sintetis yang terbuat dari polimer yakni campuran minyak bumi, asam karboksilat, dan alkohol yang melalui proses kimiawi. Alasan kenapa bahan polyester sering dipilih dalam pembuatan tas karena punya sifat yang tahan lama, ringan, dan mudah di desain dengan berbagai warna dan motif.

Sama halnya dengan kain katun, polyester juga memiliki varian sesuai tingkat ketebalan dan kekuatan. Sehingga cocok bila diolah menjadi sebuah tas dengan pilihan ukuran dan bentuk. Lain dari itu, bahan polyester juga memiliki daya tahan yang baik terhadap kerusakan akibat sinar matahari, air, dan bahan kimia tertentu.

Bagaimana Karakteristik Bahan Tas Polyester?

karakteristik bahan tas polyester

Polyester punya ciri khas tersendiri yang berbeda dengan bahan lainnya. Berikut adalah karakteristik bahan polyester untuk tas:

1. Bahan Utama

Serat polimer adalah bahan utama untuk kain polyester. Ini sebabnya tas dari bahan polyester punya daya tahan dan power yang baik.

2. Kainnya Tipis

Kain yang tipis menjadikan polyester terasa ringan dan tidak terlalu berat. Tak heran bila tas yang terbuat dari polyester mudah untuk dibawa dan dipakai setiap hari.

3. Tahan Terhadap Air

Punya sifat water resistant, sehingga tas polyester cocok untuk dipakai travelling ke semua tujuan wisata.

4. Punya Bahan Lentur

Bahan polyester memiliki tingkat kelenturan yang baik. Sehingga fleksibel dan mudah dilipat, atau bahkan digulung sekali pun.

5. Anti Bakteri dan Kuman

Tas yang terbuat dari bahan polyester punya daya tahan yang baik terhadap bakteri. Sebab, bahan ini tidak akan cepat rusak bila terkena cairan kimia dan mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Polyester dan Karakteristiknya

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Tas Polyester?

jenis jenis bahan tas polyester

Terdapat dua bahan utama yang cocok dipakai sebagai tas. Antara lain kain despo dan heavy taslan.

1. Kain Despo

Kain Despo adalah salah satu jenis polyester dan masuk ke dalam kategori kain micro. Ciri utama dari kain despo adalah punya permukaan halus dan tidak terlalu mengkilap. Kelebihan bahan despo adalah breathable, sehingga tidak terasa panas walau sedang berada di bawah sinar matahari langsung.

Sifat lain dari kain despo adalah bahannya yang lebih tipis dari heavy taslan. Jadi, cocok jika dipakai untuk kegiatan yang tidak berat. Contoh produknya adalah foldable bag.

@tshirtbarid

Tas lipat ekonomis dan premium dengan bahan yang tidak mudah sobek dapat menampung beban berat. Kalau tas mu sedang tidak ingin digunakan, tinggal dilipat dan akan menghemat tempat! 🛍️

♬ Reflections on 52nd – AGM3

2. Heavy Taslan

Berikutnya ada heavy taslan yang merupakan jenis bahan kain polyester untuk membuat tas. Ciri utama dari bahan ini punya tekstur yang kasar, namun tetap fleksibel. 

Tas yang terbuat dari bahan Heavy Taslan juga memiliki daya tahan yang baik terhadap goresan. Selain itui juga relatif mudah dibersihkan dan dirawat. Tapi, tas dengan bahan Heavy Taslan sedikit lebih berat dibandingkan dengan tas polyester lainnya. Cocok untuk tas ransel atau fitness bag.

Baca Juga: Bahan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Apa Saja Kelebihan Bahan Tas Polyester?

Kelebihan dari bahan kain tas polyester juga perlu kamu pertimbangkan. Berikut adalah detailnya:

1. Daya Tahan

Tas berbahan polyester cukup awet dan tahan lama. Tidak masalah juga bila akan disimpan dalam waktu lama, sebab punya sifat anti bakteri.

2. Gampang Dirawat

Kelebihan lainnya dari polyester yaitu mudah dirawat dan dicuci. Kamu juga bisa dry clean atau dicuci menggunakan detergen biasa dan cepat kering ketika dijemur. Cara perawatannya pun bisa dibilang sederhana.

3. Bisa di Custom

Bahan seperti polyester bisa di custom dengan varian warna dan corak. Hal ini bisa kamu buat secara personal sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi.

4. Tidak Berat

Permukaan kain yang lebih tipis dari katun sehingga bisa dibawa kemana saja tanpa menanggung banyak beban.

5. Water Resistant (Tahan Air)

Kain ini juga tahan terhadap air, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas yang sering bertemu dengan air atau kondisi lingkungan lembab.

6. Harga Terjangkau

Soal harga, tas dari bahan polyester relatif murah dibandingkan dengan bahan tas lainnya seperti kulit atau kanvas. Maka dari itu, tas yang terbuat dari polyester jadi alternatif yang lebih terjangkau untuk semua kalangan.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Taslan? Ini Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Saja Kekurangan Bahan Tas Polyester?

Walau punya banyak keuntungan, tas bahan polyester juga ada beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

1. Kurang Awet 

Bahan polyester memang terbilang tahan lama. Namun, bahan ini tidak sekuat kulit dan kanvas yang punya kekuatan lebih baik dari polyester.

2. Kurang Ramah Lingkungan

Butuh waktu yang lama untuk polyester bisa terdegradasi. Selain itu juga tidak bia diurai secara alami. Oleh karena itu, perlu pengolahan limbah secara tepat.

3. Mudah Kusut

Sifatnya yang ringan dan tipis menjadikan kain polyester mudah berkerut dan kusut bila dilipat. Terlebih bila dilipat dalam jangka waktu lama.

4. Kurang Breathable

Tas dengan bahan ini punya sirkulasi udara yang kurang baik. Hal ini akan menyebabkan bau apek jika terkena zat tertentu.

5. Mudah Terbakar

Jika digosok menggunakan setrika, perlu dilakukan dengan hati. Sebab bahan polyester terkenal mudah bolong bila terkena suhu panas atau api.

Apa Saja Perbedaan Bahan Tas Polyester dan Nylon?

Mungkin sebagian diantara kamu masih bingung membedakan antara tas yang terbuat dari bahan dasar polyester dengan nylon. Meskipun keduanya adalah jenis kain sintetis, namun karakteristiknya tentu berbeda. Berikut ini perbedaannya.

  • Jika diraba, tas bahan polyester cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar jika dibandingkan dengan tas bahan nylon yang lebih licin.
  • Ketika membandingkan ketebalannya, bahan polyester lebih tebal daripada nylon.
  • Permukaan kain polyester kurang terlihat mengkilap, sementara bahan nylon lebih mengkilap.
  • Bahan polyester memiliki daya tahan terhadap air lebih baik dibandingkan bahan nylon.

Penting untuk ketahui sifat bahan tas polyester sebelum membeli. Terlebih jika kamu punya kebutuhan atau prioritas tertentu. Namun, jangan ragu untuk punya tas polyester dengan banyak ragam. Tentunya bisa kamu dapatkan tas dengan berbahan Polyester dan custom tas sesuai yang kamu inginkan di Tshirtbar.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214